Pengaruh Penguasaan Soft Skill Dan Keterampilan Dasar Mengajar Terhadap Kesiapan Mengajar Mahasiswa Pendidikan Akuntansi.

Cindy Claudia Telaumbanua, Haryani Pratiwi Sitompul, Ramdhansyah Ramdhansyah , Sondang Aida Silalahi, Ulfa Nurhayani

Sari


Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kesiapan mengajar pada mahasiswa Pendidikan Akuntansi angkatan 2021 di Universitas Negeri Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penguasaan soft skills dan keterampilan dasar mengajar terhadap kesiapan mengajar mahasiswa. Penelitian dilaksanakan di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan dengan populasi seluruh mahasiswa Pendidikan Akuntansi angkatan 2021 sebanyak 62 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling. Instrumen pengumpulan data berupa angket dengan skala Likert. Data dianalisis menggunakan Structural Equation Modeling-Partial Least Squares (SEM-PLS) dengan software SmartPLS. Uji yang dilakukan meliputi uji validitas, reliabilitas, model pengukuran (outer model), dan pengujian hipotesis melalui nilai p-value dengan tingkat signifikansi < 0,05.
Hasil analisis menunjukkan nilai outer loading > 0,7 dan AVE > 0,5, yang mengindikasikan validitas konstruk terpenuhi. Pengujian hipotesis menunjukkan bahwa penguasaan soft skills berpengaruh signifikan terhadap kesiapan mengajar dengan p-value 0,000 (< 0,05), dan keterampilan dasar mengajar juga berpengaruh signifikan dengan p-value 0,011 (< 0,05). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penguasaan soft skills dan keterampilan dasar mengajar berpengaruh positif terhadap kesiapan mengajar mahasiswa Pendidikan Akuntansi angkatan 2021.

Kata Kunci: Soft Skills, Keterampilan Dasar Mengajar, Kesiapan Mengajar.

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Abdillah, M. A., & Rochmawati, R. (2022). Pengaruh Microteaching, Persepsi Profesi Guru terhadap Minat Menjadi Guru Akuntansi dengan Efikasi Diri sebagai Variabel Inteverning. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 3369–3381. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2615

Anggraeni, A., Fikri, F., & Utama, D. H. (2024). Jurnal Comm-Edu Upaya Meningkatkan Kesiapan Menjadi Calon Guru Melalui Self-Efficacy Dan Penguasaan Materi Kuliah Kependidikan. 7(2), 2615–1480.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi). Jakarta: Rineka Cipta

Ayu Prastiani, D., & Listiadi, A. (2021). Pengaruh self efficacy, persepsi profesi guru dan lingkungan keluarga terhadap minat menjadi guru akuntansi pada mahasiswa S1 pendidikan akuntansi UNESA. Jurnal Riset Pendidikan Ekonomi, 6(2), 47–59. https://doi.org/10.21067/jrpe.v6i2.5712

Bandura, A. (1997). Self-Efficacy: The Exercise of Control. New York: W.H. Freeman and Company.

Cahyani, N. L. P. (2021). Kesiapan Mengajar Mahasiswa Calon Guru Pada Fkip Universitas Mahadewa Indonesia Tahun 2020. Widyadari, 22(2), 677–684. https://doi.org/10.5281/zenodo.5576032

Epong Partisia Graselia, Dkk. 2022. Studi Evalutif Tentang Kesiapan Mengajar Mahasiswa Calon Guru Program Stusi Pendidikan Ekonmi Universitas PGRI Mahadewa Indonesia Tahun Akademik 2020/2021. Jurnal pendidikan ekonmi undiksha. Vol 14. No.1

Fitri, A., & Patriana, S. (2022). Pengaruh Soft Skills terhadap Efektivitas Proses Pembelajaran. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 10(2), 45-58.

Kabanga, T., & Lolotandung, R. (2018). Analisis Keterampilan Dasar Mengajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar di Universitas Kristen Indonesia Toraja. Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 7(1), 1–8. http://ukitoraja.ac.id/journals/index.php/jkip/article/view/434

Kristiani, E., & Cahyaningsih, D. (2024). Faktor Kontekstual dalam Pengembangan Kompetensi Mahasiswa Calon Guru. Jurnal Pendidikan Karakter, 14(1), 67-79.

Kurniasari, I. D., & Rahmawati, D. (2016). Pengaruh Minat Menjadi Guru dan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Terhadap Kesiapan Mengajar. Jurnal Kajian Pendidikan Akuntansi Indonesia, 1–14. http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/kpai/article/view/5680

Laily, R., & Susanti, M. (2024). Kendala Mahasiswa Pendidikan dalam Pelaksanaan PLP: Perspektif Soft Skills dan Self-Efficacy. Jurnal Pendidikan Guru, 12(3), 89-102.

Meha, A. M., & Bullu, N. I. (2021). Hubungan Kesiapan Mengajar Dan Proses Praktik Pengalaman Lapangan Dengan Keterampilan Dasar Mengajar Mahasiswa Pendidikan Biologi. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 412–420. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.323

Ni’mah, A., Tadjri, I., & Kurniawan, K. (2014). Hubungan Antara Dukungan Sosial dan Self-Efficacy dalam Menyelesaikan Skripsi. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 3(1), 43–48. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jbk

Purnomo, H. (2019). Pendidikan dan Perubahan Perilaku: Pendekatan Teoritis dan Praktis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Pransiska Selvi. 2020. “Pengaruh Belajar Microteaching Terhadap Kesiapan Mengajar Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Mahasiswa Prodi PAI Fakultas Tarbiyah IAIN Curup Tahun 2019”. Karya Tulis Ilmiah, Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri Curup.

Rahmawati, S., & Rafsanjani, I. (2022). Hubungan Keterampilan Dasar Mengajar dengan Kepercayaan Diri Mahasiswa dalam Praktik Mengajar. Jurnal Penelitian Pendidikan, 15(4), 123-136.

Rohman, N., Istiningsih, I., & Hasibuan, A. T. (2022). Analisis Kesiapan Mengajar Mahasiswa Prodi PGMI melalui Program Pengayaan Keterampilan Mengajar. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 790–798. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3286

Rohman, H. (2020). Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Kinerja Guru. Jurnal MADINASIKA Manajemen Dan Keguruan, 1(2), 92–167https://ejurnalunma.ac.id/index.php/madinasika

Rohman Nur, dkk. 2022. Analisis Kesiapan Mengajar Mahasiswa PGMI Melalui Program Pengayaan Keterampilan Mengajar. Jurnal Pendidikan: DUMASPUL. Vol 6. No.1

Salsabila Grahita, dkk. 2022.” Efikasi Diri Dan Mata Kuliah Pengajaran Mikro Sebagai Variabel Yang Mempengaruhi Kesiapan Mengajar Mahasiswa Pendidikan Ekonomi”. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam. Vol 1. No 2.

Setiawan, I., & Mulyati, S. (2019). EFEKTIVITAS MATA KULIAH PEMBELAJARAN MIKRO (MICROTEACHING) TERHADAP KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR DAN KESIAPAN MENGAJAR (Survey pada Mahasiswa FKIP Semester Genap T.A 2017/2018). Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi, 15(02), 51–60. https://doi.org/10.25134/equi.v15i02.1619

Susilo, B., & Majidah, R. (2024). Self-Efficacy sebagai Faktor Moderator dalam Pengembangan Kesiapan Mengajar Mahasiswa. Jurnal Psikologi Pendidikan, 18(2), 95-108.

Slameto. 2013. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta:Rineka Cipta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v10i1.9101

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics