Pengaruh Pengetahuan Produk Lokal, Kualitas dan Harga Produk Lokal, dan Rasa Nasionalisme Terhadap Keputusan Membeli Produk Lokal (Studi Pada Mahasiswa Universitas Bangka Belitung)

Wendy Nugroho, Marshella Marshella , Ezaky Fathur Rahman, Putri Deli , Agung Rizki Putra

Sari


Di era globalisasi saat ini, masuknya produk asing ke Indonesia menciptakan tantangan serius bagi stabilitas ekonomi domestik, terutama bagi negara berkembang yang bergantung pada impor. Konsumsi rumah tangga, menyumbang lebih dari 50% terhadap pertumbuhan PDB, menjadi penggerak ekonomi Indonesia, namun ketergantungan pada produk impor menyebabkan defisit perdagangan dan melemahnya dukungan bagi industri lokal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pengetahuan produk lokal, kualitas dan harga produk, serta rasa nasionalisme terhadap keputusan pembelian produk lokal pada mahasiswa Universitas Bangka Belitung. Dengan pendekatan asosiatif kuantitatif, data dikumpulkan melalui kuesioner dari 101 mahasiswa dan dianalisis menggunakan regresi linier berganda. Hasil menunjukkan bahwa pengetahuan produk lokal, kualitas dan harga, serta nasionalisme berpengaruh signifikan dan positif terhadap keputusan pembelian, dengan nasionalisme sebagai faktor terkuat (41,3%). Temuan ini diharapkan dapat menjadi masukan bagi pemerintah, pelaku UMKM, dan institusi pendidikan dalam mendorong penggunaan produk lokal di kalangan generasi muda.

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


(WTO)., W. T. (2021). Global Trade Outlook and Statistics. Retrieved from https://www.wto.org/

Desrianto Momou, F. T. (2024). PENGARUH CITRA MEREK, KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan, 4389-4405.

Ghozali, I. &. (2021). Consumer Ethnocentrism and Local Product Purchasing Intentions: Evidence from Indonesia. Asian Journal of Economics and Business, 45-60.

Jane Grace Poluan, C. N. (2024). PENGARUH GAYA HIDUP DAN PEMASARAN MEDIA SOSIAL. JMBI UNSRAT jurnal manajemen bisnis dan inovasi universitas sam ratulangi , 1762-1778.

Khairani, M. &. (2018). Pengaruh Etnosentrisme Konsumen dan Sikap terhadap Kampanye Produk Lokal terhadap Kesediaan Membeli Produk Lokal. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 77–85.

Kotler, P. &. (2001). Prinsip-prinsip Pemasaran (Edisi Bahasa Indonesia). Jakarta : Erlangga .

Kotler, P. &. (2016). Manajemen Pemasaran (Edisi ke-15, edisi Bahasa Indonesia). Jakarta : Erlangga .

Lee, K. &. (2022). Youth Consumption Behavior in the Digital Era: A Cross-Cultural Study. international Journal of Consumer Studies, 789-805.

Peter, P. d. (2014). Perilaku Konsumen & Strategi Pemasaran, Edisi 9. Jakarta : Salemba empat.

RI, K. K. (2022). Peran Konsumsi Domestik dalam Pemulihan Ekonomi. Retrieved from https://www.kemenkeu.go.id/

Risma Nur Pratiwi, I. Y. (2023). Pengaruh Harga Produk, Kualitas Produk dan Lokasi Pada Keputusan Pembelian Wedrink di Surakarta. Master Manajemen , 90-102.

Sari, D. S. (2022). PENGARUH PENGETAHUAN PRODUK DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA MAWAR BAKERY & CAKE SHOP DI KECAMATAN MEDAN HELVETIA. Retrieved from repositori.uma.ac.id.

Septianto, F. &. (2021). The Role of Emotions in Shaping Purchase Intentions for Local vs. Global Brands. Journal of Retailing and Consumer Services, 63.

Suwarman, J. (2015). Perilaku Konsumen: Strategi Pemasaran dan Perilaku Konsumen (Edisi Revisi). Bandung : Alfabeta .

Utami, C. W. (2021). Local Product Competitiveness in Indonesia: Challenges and Opportunities. Journal of Business and Economics, 210-255.

Wahyu Rio Romadhon Nugroho, P. (2023). Pengaruh Kualitas Produk dan Promosi Produk Lokal. University Research Colloqium, 70-81.

Waluyo, P. d. (2003). Analisis perilaku brand Switching konsumen dalam pembelian produk handphone di semarang . JURNAL BISNIS DAN EKONOMI .

Widodo, T. (2020). Perilaku Konsumen dalam Pembelian Produk Lokal: Kajian terhadap Faktor Informasi dan Kampanye. Jurnal Pemasaran Indonesia, 22-42 .

Wullur, M. P. (2020). Pengaruh Gaya Hidup, Kesadaran Merek, dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Merek Converse (Studi Kasus Mahasiswa STIESIA). Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen.

Zulia Khairani, M. A. (2018). SIKAP TERHADAP KAMPANYE 100% CINTA INDONESIA, ETNOSENTRISME KONSUMEN, DAN KESEDIAAN MEMBELI PRODUK LOKAL INDONESIA. Daya Saing Jurnal Ilmu Manajemen , 1-7.

Indonesia, B. (2022). Survei Preferensi Konsumen terhadap Produk Lokal dan Internasional di Kalangan Milenial dan Gen-Z. Jakarta: Bank Indonesia.

Statistik, B. R. (2023). Perkembangan Impor Indonesia April 2023. Jakarta : BPS.

Schiffman, L. G. (2010). Consumer Behavior (10th ed.). New Jersey: Prentice Hall.




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v10i1.9171

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics