Pengaruh Biaya Langsung dan Biaya Tidak Langsung Terhadap Biaya Produksi Pada PT. ABC Indonesia

Purwanti Purwanti, Sri Murtini, Syahla Mutia Faraizzah, Haydar Zidan, Fadly Sheviano

Sari


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menilai pengaruh biaya langsung dan tidak langsung terhadap biaya produksi di PT ABC Indonesia. Di tengah persaingan industri yang semakin ketat, efisiensi biaya produksi menjadi faktor penting dalam meningkatkan daya saing perusahaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis regresi linier berganda, di mana data diperoleh melalui observasi dan penyebaran kuesioner kepada responden di perusahaan tersebut. Hasil analisis menunjukkan bahwa biaya langsung dan biaya tidak langsung berpengaruh positif dan signifikan terhadap biaya produksi, dengan koefisien regresi masing-masing sebesar 0,355 dan 0,404 serta tingkat signifikansi 0,000. Uji F juga menunjukkan bahwa kedua variabel independen berpengaruh signifikan terhadap variabel dependen. Berdasarkan temuan ini, disarankan agar perusahaan meningkatkan efektivitas dalam mengelola kedua komponen biaya tersebut guna mengoptimalkan biaya produksi dan meningkatkan kinerja perusahaan secara keseluruhan.

Kata Kunci: Biaya Langsung, Biaya Tidak Langsung, dan Biaya Produksi.

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Amelya, D., Sutrisna, A., & Rahwana, K. A. (2021). ANALISIS BIAYA PRODUKSI BERDASARKAN BIAYA BAHAN BAKU DAN BIAYA TENAGA KERJA LANGSUNG (Studi Kasus Produksi Kotak Lipat CV. Jamal Handycraft Rajapolah Tasikmalaya). JURNAL EKONOI PERJUANGAN (JUMPER).

Derang, M. (2020). Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek pada Produk Kosmetik Wardah Terhadap Kepuasan Pelanggan di Kota Batam. Jurnal Health Sains, 1(4), 389–398. https://doi.org/10.46799/jsa.v1i4.78

Desembardi, F., Fajar, M. N., Widodo, S., Asriadi, & Saputri, L. T. Y. (2024). Perbandingan Metode Percepatan Pekerjaan Terhadap Biaya Langsung dan Biaya Tidak Langsung. Jurnal Konstruksia, 16(1). https://jurnal.umj.ac.id/index.php/konstruksia/article/view/24747/11606

Febrianti, K. S., & Rasmawati, Z. A. (2024). ANALISIS BIAYA PRODUKSI DAN PENGELOLAAN PERSEDIAAN PADA PERUSAHAAN PT NOORE SPORT INDONESIA DI KOTA BANDUNG. JURNAL EKUALISASI.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Harefa, P. A., Zebua, S., & Bawamenewi, A. (2022). Analisis Biaya Produksi Dengan Menggunakan Metode Full Costing Dalam Perhitungan Harga Pokok Produksi. JURNAL AKUNTANSI, MANAJEMEN DAN EKONOMI (JAMANE), 218-223.

Harnanto. (2017). Akuntansi Biaya. Yogyakarta: ANDI.

Mualif. (2024). Biaya Langsung dan Tidak Langsung. Universitas Islam An Nur Lampung. https://an-nur.ac.id/biaya-langsung-dan-tidak-langsung/?utm_source=chatgpt.com

Mulyadi. (2012). Akuntansi Biaya (Edisi 5). Yogyakarta: Cetakan Kesebelas.

Mulyadi. (2015). Akuntansi Biaya. Yogyakarta: Unit Penerbit Dan Percetakan Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN.

Oktariansyah, Emilda, & Saputra, D. (2022). PENGARUH BIAYA BAHAN BAKU, BIAYA OVERHEAD PABRIK DAN BIAYA TENAGA KERJA LANGSUNG TERHADAP PENJUALAN PADA SUBSEKTOR ROKOK YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA. JURNAL MEDIASI AKUNTANSI.

Prayoga, B., Batubara, Z. K., Masli, & Rifka, I. (2021). Produk Kosmetik Wardah.

Rajabzadeh, H., Rabiee, M., & Sarkis, J. (2024). Sourcing from risky reverse channels: Insights on pricing and resilience strategies in sustainable supply chains. International Journal of Production Economics.

Riyanto, M. G., & Yuliana, L. (2024). Pengaruh Biaya Produksidan Harga JualTerhadap Pendapatan Petani Jagung Desa Sugihwaras. MASMAN: Master Manajemen.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Bisnis, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wawolangi, J. A., & Permatasari, A. (2021). PENTINGNYA PERHITUNGAN BIAYA PRODUKSI UNTUK PENENTUAN HARGA JUAL PRODUK ANEKA KRIPIK. Jurnal UKDC.




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v10i1.9270

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics