Pengaruh Lokasi, Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Warung Sembako Harby

Kamelia Agnesta, Risma Yunita Alfiani, Rina Erlita, Komalasari Komalasari, Moh Ilham Hanafi

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan dan faktor lokasi terhadap kepuasan pelanggan di Warung Sembako Harby. Metode yang digunakan dalam studi ini adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik survei, di mana data diperoleh melalui penyebaran kuesioner kepada lima puluh orang responden. Berdasarkan hasil analisis statistik, diperoleh nilai t hitung sebesar 2,017 yang melebihi nilai t tabel 2,012, serta nilai signifikansi 0,049 yang berada di bawah ambang batas 0,05. Hal ini mengindikasikan bahwa lokasi memiliki pengaruh yang signifikan dan positif terhadap kepuasan konsumen. Sementara itu, kualitas layanan juga menunjukkan pengaruh yang signifikan, dengan nilai t hitung 7,112 yang melampaui nilai t tabel serta tingkat signifikansi 0,000. Lebih lanjut, uji simultan menunjukkan bahwa kedua variabel, yaitu lokasi dan kualitas layanan, secara bersama-sama memberikan kontribusi signifikan terhadap tingkat kepuasan pelanggan, dengan nilai F hitung sebesar 210,726 yang jauh lebih tinggi dibandingkan F tabel 3,19 dan nilai signifikansi sebesar 0,000. Berdasarkan temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa peningkatan dalam hal lokasi maupun kualitas pelayanan dapat secara efektif meningkatkan kepuasan pelanggan secara keseluruhan.

Kata Kunci: Lokasi, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Candrianto, (2021). Kepuasan Pelanggan. Malang: Literasi Nusantara.

Estamarinda, E., Akila, A., & Sinarti, T. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Hompizz Pizza Palembang. Jurnal Manajemen Dan Investasi (MANIVESTASI), 3(1), 69–82. https://doi.org/10.31851/jmanivestasi.v3i1.6407

Faizal, R. I. (2017). Pengaruh kualitas layanan, lokasi dan variasi menu terhadap keputusan pembelian pada warung makan airin kebumen, Jawa Barat. 6(2).

Fenny Novfriday1, N. E. (2022). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI RESTORAN BEBEK KALEYO CABANG TEBET JAKARTA. Prosiding Seminar Nasional Hukum, Bisnis, Sains Dan Teknologi, 2(1).

Gadhang Pangenggar1, W. H. . & S. N. (2016). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN,LOKASI, DAN FASILITAS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 18(2), 1341–1448. https://doi.org/10.21608/bfag.2014.21450

Irawan, H. (2009). 10 Prinsip Kepuasan Pelanggan. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Kualitas Produk, P., Harga dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan, P., Yudi Oktavian Euis Soliha, B., Ilmiah Ekonomi, J., & Yudi Oktavian, B. (2022). FOKUS EKONOMI PENGARUH KUALITAS PRODUK, PRESEPSI HARGA DAN LOKASI TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN (Studi Pada Cafe Dewan Kopi Pati). Fokus Ekonomi : Jurnal Ilmiah Ekonomi, 4(2), 167–183. http://ejournal.stiepena.ac.id/index.php/fe

Purwanto, F. (2021). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Lipstik Revlon Yogyakarta. Thesis, 1–23.

Putri, L. U. A. (2021). Pengaruh Harga, Lokasi, dan Kualitas Produk terhadap Kepuasan Pelanggan Warung Kelontong Janti Kencana Girimarto. Hubisintek 2021, 2(1), 875–880.

Restiani, I., & Ardiansyah, I. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Citra Merek Lembaga Terhadap Kepuasan Pelanggan (Mahasiswa) di Perguruan Tinggi Bandung. KarismaPro, 14(1), 43–54. https://doi.org/10.53675/karismapro.v14i1.1072

SAFITRI, L., & Purwono, P. (2023). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, FASILITAS, DAN LOKASI TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN (Studi pada Warung Makan Seblak Bandung Kembang Desa). Doctoral Dissertation, UIN RADEN MAS SAID.

Sudrajat, I. G. (2023). PENGARUH LOKASI DAN PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DI INDOMARET BOULEVARD KOTA BEKASI Sudrajat. JURNAL ILMU MANAJEMEN DAN PEMASARAN, 1(1), 49–58.

Sujarweni, Wiratna. 2018. Metodologi Penelitian. Yogyakarta :PUSTAKABARUPRESS

Tampubolon, E. (2020). (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasanpelanggan Pada Pt. Matahari Departemen Store Tbk. Cabang Binjai. Jurnal Manajemen Dan Akuntansi Medan, 2(3), 55–72.

Tampubolon, R. N. (2019). PENGARUH PERSEPSI HARGA, PROMOSI DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK PADA TRANSMART (STUDI KASUS TRANSMART CARREFOUR MEDAN FAIR).

Tjiptono, F. (2014). Pemasaran Jasa-Prinsip, Penerapan dan Penelitian. Yogyakarta: Andi Offset.

Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran (Edisi Keempat). In Yogyakarta: CV Andi Offset.

Tjiptono, F. (2016). Service Quality & Satisfication. Yogyakarta: Andi.

Tjiptono, F. (2017). Strategi Pemasaran, Edisi 4, Yogyakarta: Andi

Tjiptono, F. (2019). Service, Quality & Customer Satisfaction. Yogyakarta: Andi Offset.

Upi, U., & Padang, Y. (2024). VARIABEL INTERVENING PADA ACIAK MART CABANG RAWANG. 8(9), 19–42.




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v10i1.9271

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics