Pemanfaatan Strategi Pemasaran Digital CRM di Instagram pada UMKM Nolep.coffeetruck.

Khoirani Sihotang, Haryadi Haryadi

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penerapan Customer Relationship Management (CRM) melalui strategi pemasaran digital di media sosial Instagram, serta menilai efektivitasnya dalam membangun hubungan pelanggan dan meningkatkan loyalitas pada UMKM Nolep.Coffeetruck. Metode yang digunakan adalah pendekatan campuran (mixed methods) yang menggabungkan data kualitatif berupa observasi konten media sosial, wawancara, dan dokumentasi, serta data kuantitatif melalui penyebaran kuesioner kepada 60 responden yang merupakan pengikut akun Instagram @nolep.coffee. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Nolep.Coffeetruck secara aktif menggunakan berbagai jenis konten digital seperti promosi produk, edukasi, testimoni, polling, dan kolaborasi dengan content creator untuk memperkuat kedekatan dengan pelanggan. Interaksi yang dibangun melalui fitur-fitur Instagram seperti Feeds, Stories, dan Reels terbukti meningkatkan keterlibatan dan rasa memiliki dari pelanggan terhadap brand. Nilai reliabilitas instrumen melalui uji Cronbach’s Alpha menunjukkan hasil yang reliabel, yaitu 0,815 untuk variabel CRM dan 0,826 untuk strategi pemasaran digital. Penerapan CRM yang terintegrasi dengan strategi digital marketing berkontribusi secara signifikan dalam menciptakan pengalaman pelanggan yang personal, meningkatkan kepuasan, serta mendorong loyalitas pelanggan. Penelitian ini menegaskan pentingnya pemanfaatan media sosial secara strategis sebagai sarana komunikasi dua arah dalam membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan, khususnya dalam konteks pengembangan bisnis UMKM di era digital.

Kata Kunci: Customer Relationship Management, Pemasaran Digital, Instagram, Loyalitas Pelanggan, UMKM.

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Abdillah, L. A. (2022). Peranan Media Sosial Modern. Bening media Publishing. www.bening-mediapublishing.com

Abdurohim, Koni, A., Munawir, Wijayanto, G., Listiyana, Aziz, A. A., Widiniarsih, D. M., Lasminingrat, A., Nurhidayah, S. A., Widyastuti, T., Kurniawati, Alfin, R., Samsinar, & Yulianti, M. L. (2022). Customer Relationship Management Strategi Pengembangan Pelanggan. In Mining of Massive Datasets. Eureka Media Aksara.

Az-Zahra, N. S. (2021). Implementasi digital marketing sebagai strategi dalam meningkatkan pemasaran umkm. NCOINS: National Conference Of Islamic Natural Science (2021) Fakultas Tarbiyah IAIN Kudus.

Buttle, F., & Maklan, S. (2019). Customer Relationship Management: Concepts and Technologies. Routledge.

Deviyantoro, Kurnia, D., & Wibowo, hermansyah andi. (2022). Metode Penelitian Untuk Bisnis dan Aplikasi Penelitian (1st ed., Vol. 16, Issue 1). Cv. Aa. Rizky.

Erwin, Cindrakasih, R. R., Sari, A., Hita, Boari, Y., Judijanto, L., & Tadampali, A. C. T. (2024). Pemasaran Digital (Teori dan Implementasi) (Issue January). PT. Green Pustaka Indonesia. https://www.researchgate.net/publication/37 7638698

Handaruwati, I. (2017). Pengaruh Media Sosial Terhadap Penjualan Produk Camilan Lokal Secara Online. 03(01).

Herdiyani, S., Barkah, C. S., Auliana, L., & Sukoco, I. (2022). Peranan Media Sosial Dalam Mengembangkan Suatu Bisnis: Literature Review. Jurnal Administrasi Bisnis, 18(2).

Hesniati, & Agustin, C. (2024). Strategi Digital Marketing Pada umkm Bolaubi Batam Center. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 5. https://doi.org/10.55338/jpkmn.v5i1.2391

INDEF. (2024). Peran platform digital terhadap pengembangan UMKM di Indonesia (Laporan Final). Institute for Development of Economics and Finance.

Kader, D., Haryati, D., & Fitria, D. (2024). Strategi digital marketing untuk pemberdayaan UMKM di Indonesia. Journal of Community Development, 5(2), 112–122.

Lady, M., Andriani, R., & Ratnasari, N. (2023). Analisis implementasi CRM dan digital marketing pada UMKM 2U Collection Kota Batam. Jurnal Mirai Management, 8(2), 53–63.

Leonitataka, E., Daga, L. L., & Aslam, M. (2023). Strategi Komunikasi Pemasaran Pada Onlie Shop di Instagram (Studi Deskriptif akun @blesshopkupang). 3(1).

Mastarida, F. (2022). Dampak Penggunaan Sosial Media Terhadap Kinerja Bisnis. Ekonomi, Keuangan, Investasi Dan Syariah (EKUITAS), 3(3), 468–473.

Maszudi, M., Zainuddin, R., & Pratama, M. (2023). Strategi digital marketing untuk pemberdayaan UMKM di Indonesia. Prima Ekonomika, 14(1), 1–8.

Putra, D. A., Geraldi, Aldiawan, E., Virginia, C. M., & Marthin, B. (2023). Customer Relationship Management dan Rekomendasi untuk UMKM: Literature Review. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 17(4). https://doi.org/10.35931/aq.v17i4.2300

Qurhtuby, M., Fahira, D. N., & Agustina, E. (2021). Digital Marketing Implementation: Implentasi Pemasaran Digital Untuk Meningkatkan Penjualan Industri Di Kelurahan Tangkerang. Jurnal Pendidikan Tabusai, 05(02).

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta .

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta .

Siswanti, E., Iradawaty, S. N., & Imamah, N. (2024). Customer Reationship Maanagement dan Implementasinya Pada Perusahaan Kecil. In Eurika Media Aksara. Eurika Media Aksara.

Tampubolon, M. (2023). Metode Penelitian (Vol. 3, Issue 17). Pt Global Eksekutif Teknologi. http://repository.unpas.ac.id/30547/5/BAB III.pdf

Wahyudi, M. A. T., Hermawan, A., & Ilham, M. (2024). Penerapan Customer Relationship Management (CRM) bagi UMKM. Jurnal Inovasi Bisnis Manajemen Dan Akuntansi, 2(2), 175–185. www.journal.inovatif.co.id

Wardoyo, D. U., Sinaga, S. T., & Mawarni, A. (2023). Kerangka Konseptual dalam Akuntansi. Jurnal Ilmiah Multi Disiplin Indonesia, 2(4).

Wijaya, C., Dyfan, Noviani, M., Raymond, & Yendiarti. (2024). Penerapan Customer Relationship Management (CRM) pada UMKM Mie Pangsit Ayam Bangka Mr.Ong Batam. El-Mal, 5(1).

Wijayanto, ahmad syahri, Nursanti, S., & Budhiharti, tri widya. (2024). Strategi Komunikasi Pemasaran Melalui Media Sosial Instagram. 04(03).




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v10i1.9331

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics