Pemanfaatan Strategi Pemasaran Digital CRM di Instagram pada UMKM Nolep.coffeetruck.
Sari
Kata Kunci: Customer Relationship Management, Pemasaran Digital, Instagram, Loyalitas Pelanggan, UMKM.
Teks Lengkap:
Download PDFReferensi
Abdillah, L. A. (2022). Peranan Media Sosial Modern. Bening media Publishing. www.bening-mediapublishing.com
Abdurohim, Koni, A., Munawir, Wijayanto, G., Listiyana, Aziz, A. A., Widiniarsih, D. M., Lasminingrat, A., Nurhidayah, S. A., Widyastuti, T., Kurniawati, Alfin, R., Samsinar, & Yulianti, M. L. (2022). Customer Relationship Management Strategi Pengembangan Pelanggan. In Mining of Massive Datasets. Eureka Media Aksara.
Az-Zahra, N. S. (2021). Implementasi digital marketing sebagai strategi dalam meningkatkan pemasaran umkm. NCOINS: National Conference Of Islamic Natural Science (2021) Fakultas Tarbiyah IAIN Kudus.
Buttle, F., & Maklan, S. (2019). Customer Relationship Management: Concepts and Technologies. Routledge.
Deviyantoro, Kurnia, D., & Wibowo, hermansyah andi. (2022). Metode Penelitian Untuk Bisnis dan Aplikasi Penelitian (1st ed., Vol. 16, Issue 1). Cv. Aa. Rizky.
Erwin, Cindrakasih, R. R., Sari, A., Hita, Boari, Y., Judijanto, L., & Tadampali, A. C. T. (2024). Pemasaran Digital (Teori dan Implementasi) (Issue January). PT. Green Pustaka Indonesia. https://www.researchgate.net/publication/37 7638698
Handaruwati, I. (2017). Pengaruh Media Sosial Terhadap Penjualan Produk Camilan Lokal Secara Online. 03(01).
Herdiyani, S., Barkah, C. S., Auliana, L., & Sukoco, I. (2022). Peranan Media Sosial Dalam Mengembangkan Suatu Bisnis: Literature Review. Jurnal Administrasi Bisnis, 18(2).
Hesniati, & Agustin, C. (2024). Strategi Digital Marketing Pada umkm Bolaubi Batam Center. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 5. https://doi.org/10.55338/jpkmn.v5i1.2391
INDEF. (2024). Peran platform digital terhadap pengembangan UMKM di Indonesia (Laporan Final). Institute for Development of Economics and Finance.
Kader, D., Haryati, D., & Fitria, D. (2024). Strategi digital marketing untuk pemberdayaan UMKM di Indonesia. Journal of Community Development, 5(2), 112–122.
Lady, M., Andriani, R., & Ratnasari, N. (2023). Analisis implementasi CRM dan digital marketing pada UMKM 2U Collection Kota Batam. Jurnal Mirai Management, 8(2), 53–63.
Leonitataka, E., Daga, L. L., & Aslam, M. (2023). Strategi Komunikasi Pemasaran Pada Onlie Shop di Instagram (Studi Deskriptif akun @blesshopkupang). 3(1).
Mastarida, F. (2022). Dampak Penggunaan Sosial Media Terhadap Kinerja Bisnis. Ekonomi, Keuangan, Investasi Dan Syariah (EKUITAS), 3(3), 468–473.
Maszudi, M., Zainuddin, R., & Pratama, M. (2023). Strategi digital marketing untuk pemberdayaan UMKM di Indonesia. Prima Ekonomika, 14(1), 1–8.
Putra, D. A., Geraldi, Aldiawan, E., Virginia, C. M., & Marthin, B. (2023). Customer Relationship Management dan Rekomendasi untuk UMKM: Literature Review. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 17(4). https://doi.org/10.35931/aq.v17i4.2300
Qurhtuby, M., Fahira, D. N., & Agustina, E. (2021). Digital Marketing Implementation: Implentasi Pemasaran Digital Untuk Meningkatkan Penjualan Industri Di Kelurahan Tangkerang. Jurnal Pendidikan Tabusai, 05(02).
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta .
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta .
Siswanti, E., Iradawaty, S. N., & Imamah, N. (2024). Customer Reationship Maanagement dan Implementasinya Pada Perusahaan Kecil. In Eurika Media Aksara. Eurika Media Aksara.
Tampubolon, M. (2023). Metode Penelitian (Vol. 3, Issue 17). Pt Global Eksekutif Teknologi. http://repository.unpas.ac.id/30547/5/BAB III.pdf
Wahyudi, M. A. T., Hermawan, A., & Ilham, M. (2024). Penerapan Customer Relationship Management (CRM) bagi UMKM. Jurnal Inovasi Bisnis Manajemen Dan Akuntansi, 2(2), 175–185. www.journal.inovatif.co.id
Wardoyo, D. U., Sinaga, S. T., & Mawarni, A. (2023). Kerangka Konseptual dalam Akuntansi. Jurnal Ilmiah Multi Disiplin Indonesia, 2(4).
Wijaya, C., Dyfan, Noviani, M., Raymond, & Yendiarti. (2024). Penerapan Customer Relationship Management (CRM) pada UMKM Mie Pangsit Ayam Bangka Mr.Ong Batam. El-Mal, 5(1).
Wijayanto, ahmad syahri, Nursanti, S., & Budhiharti, tri widya. (2024). Strategi Komunikasi Pemasaran Melalui Media Sosial Instagram. 04(03).
DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v10i1.9331
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.