Pengaruh Kualitas Produk Dan Social Media Marketing Terhadap Kepuasan Harga Dan Keputusan Pembelian Di Ramen Ya Bekasi

Ester Yuanysia, Rivera Pantro Sukma

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan social media marketing terhadap kepuasan harga dan keputusan pembelian pada pelanggan restoran Ramen Ya Bekasi. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada pentingnya menjaga kualitas produk dan pemanfaatan media sosial dalam persaingan industri kuliner yang semakin kompetitif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Partial Least Square-Structural Equation Modeling (PLS-SEM) dan melibatkan 150 responden yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap kepuasan harga, namun tidak signifikan terhadap keputusan pembelian. Sebaliknya, social media marketing memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan harga dan keputusan pembelian. Selain itu, kepuasan harga terbukti menjadi variabel yang berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Temuan ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran melalui media sosial dan kepuasan terhadap harga menjadi faktor penting dalam mendorong konsumen untuk membeli. Oleh karena itu, perusahaan perlu terus meningkatkan kualitas produk sekaligus mengoptimalkan konten promosi digital yang menarik dan informatif untuk memperkuat keputusan pembelian konsumen.
Kata kunci; Kualitas Produk, Social Media Marketing, Kepuasan Harga, Keputusan Pembelian

Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Barus, n. … Purnama, s. (2021). Pengaruh promosi menggunanakan media sosial tiktok terhadap keputusan pembelian produk kosmetik ms. Glow pada mahasiswa di kota medan. Prosiding konferensi nasional social & engineering polmed (konsep), 2, 616–626.

Boniface, b. … Stringer, r. (2012). Linking price satisfaction and business performance in malaysia’s dairy industry. Asia pacific journal of marketing and logistics, 24(2), 288–304. Https://doi.org/10.1108/13555851211218066

Bps. (2023). Statistik penyedia makan minum 2022. In badan pusat statistik indonesia (vol. 6). Https://www.bps.go.id/id/publication/2023/12/22/1f688af1ba26ff02e07679ac/statistik-penyedia-makan-minum-2022.html?utm_source=chatgpt.com

Coelho, r. L. F. … Almeida, m. I. S. De. (2016). Does social media matter for post typology? Impact of post content on facebook and instagram metrics. The eletronic library, 34(1), 1–5.

Daga, r. (2019). Citra,kualitas produk dan kepuasan pelanggan (issue may 2017).

Fathurrahman, m. M. … Argo, j. G. (2021). Pengaruh influencer marketing dan viral marketing terhadap keputusan pembelian bittersweet by najla. Prosiding senapenmas, 346(2), 1209. Https://doi.org/10.24912/psenapenmas.v0i0.15157

Fendi, & wibowo, f. X. P. (2022). Pengaruh kualitas produk , harga , dan lokasi terhadap keputusan pembelian konsumen ( studi kasus pada restoran korea bum kitchen ) effect of product quality , price , and location on consumer purchase decisions ( case study on bum kitchen korean restaura. Nikamabi : jurnal ekonomi & bisnis, 1(2), 1–9. Https://doi.org/10.31253/ni.v1i2.1568

Firmansyah, a. (2018). Perilaku konsumen (perilaku konsumen). Cv budi utama, 5 no.(september), 5–299.

Gunelius, s. (2011). 30-minute social media marketing : step-by-step techniques to spread the word about your business fast and free.

Gustiawati, d., & paludi, s. (2023). Analisis kualitas produk, persepsi harga dan lokasi terhadap keputusan membeli bakso mukidi. 6, 46–53. Https://doi.org/10.37600/ekbi.v6i1.774

Hair, j. F. … Sarstedt, m. (2017). A primer on partial least squares structural equation modeling (pls-sem) (second). Sage publications, inc. Https://doi.org/10.1080/1743727x.2015.1005806

Hurriyah … Kharisma, b. (2024). The effect of business cycle on the relationship between market structure and industrial performance in the indonesian food and beverage industry. Cogent economics & finance, 12(1). Https://doi.org/10.1080/23322039.2024.239995424.2399954

Jang, s. … Ratchford, b. T. (2017). Consumer search of multiple information sources and its impact on consumer price satisfaction. Journal of interactive marketing, 40(february), 24–40. Https://doi.org/10.1016/j.intmar.2017.06.004

Kimes, s. E., & wirtz, j. (2002). Perceived fairness of demand-based pricing for restaurants. Cornell university school of hotel administration the, 43, 31–37. Http://scholarship.sha.cornell.edu/articles

Kotler, p., & amstrong, g. (2008). Prinsip-prinsip pemasaran (12th ed.). Erlangga.

Kotler, p. … Hansen, t. (2009). Marketing management: first european edition. In england : pearson education limited (1st ed.).

Majekodunmi, a. S., & irene, o. F. (2019). Product innovation, service quality and customers’ satisfaction. International journal of research in arts and social sciences, 11(january 2019), 34–46. Ttps://www.researchgate.net/publication/380098120%0aproduct

Matzler, k. … Renzl, b. (2006). Dimensions of price satisfaction: a study in the retail banking industry. International journal of bank marketing, 24(4), 216–231. Https://doi.org/10.1108/02652320610671324

Ningrum, d. T. C., & isa, m. (2023). Seiko : journal of management & business pengaruh persepsi harga , social media marketing , dan citra merk terhadap keputusan pembelian melalui kepuasan pelanggan sebagai variabel mediasi. Seiko : journal of management & business, 6(2), 193–212. Https://doi.org/10.37531/sejaman.v6i2.4371

Nurbaniyah, v., & tuti, m. (2022). Pengaruh kualitas produk, promosi pada kepuasan harga melalui keputusan pembelian di restoran richeese factory jatiwaringin. Idei: jurnal ekonomi & bisnis, 3(1), 40–50. Https://doi.org/10.38076/ideijeb.v3i1.114

Oyza, i., & edwin, a. M. (2015). Effectiveness of social media networks as a strategic tool for organizational marketing management. Journal of internet banking and commerce, 1(january 2015). Https://doi.org/10.4172/1204-5357.s2-006

Sugiyono. (2013). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan r&d. In alvabeta. Cv.

Tuti, m., & dwiyanti, m. (2021). Pengaruh social media marketing terhadap keputusan menginap melalui citra merek. 5(2), 149–162.

Vaclavik, v. A., & christian, e. W. (2008). Essentials of food science. In choice reviews online (vol. 45, issue 11). Springer. Https://doi.org/10.5860/choice.45-6154

Weinberg, t. (2009). The new community rules: marketing on the social web. Development and learning in organizations: an international journal, 25(3), 422–436. Https://doi.org/10.1108/dlo.2011.08125cae.002

Zeithaml, v. A. (1988). Consumer perceptions of price, quality, and value: a means-end model and synthesis of evidence. Journal of marketing, 52(3), 2–22. Https://doi.org/10.2307/1251446

Zielke, s. (2008). Exploring asymmetric effects in the formation of retail price satisfaction. Journal of retailing and consumer services, 15(5), 335–347. Https://doi.org/10.1016/j.jretconser.2007.08.005




DOI: https://doi.org/10.37531/mirai.v10i2.9637

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

JURNAL MIRAI MANAGEMENT is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Web
Analytics