Determinasi Rasionalitas Ekonomi Danfinancial Literacy terhadap Intensitasinternalisasi Nilai Kewirausahaan Dandampaknya pada Kinerja UMKM Di Purbalingga

Shella Rizqi Amelia, Aji Priambodo

Abstract


Rasionalitas ekonomi memiliki posisi yang amat penting dalam perilaku ekonomi termasuk menentukan strategi dalam menghadapi masa krisis. Financial literacy atau literasi keuangan juga merupakan hal yang tidak dapat terpisahkan dalam kehidupan seseorang karena literasi keuangan merupakan alat yang berguna untuk membuat keputusan keuangan yang terinformasi. Intensitas internalisasi nilai kewirausahaan mencerminkan gigih atau tidaknya pelaku UMKM dalam menerapkan nilai-nilai kewirausahaan dalam keseharian dan dalam menjalankan bisnis UMKM. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur dan mengidentifikasi tingkat rasionalitas ekonomi dan financial literacy terhadap intensitas internalisasi nilai kewirausahaan yang diterapkan di kehidupan sehari-hari serta bagaimana dampaknya pada kinerja UMKM di Kabupaten Purbalingga. Hasil penelitian ini adalah rasionalitas ekonomi berpengaruh terhadap Intensitas. Internalisasi Nilai Kewirausahaan. Financial literacy berpengaruh terhadap Intensitas. Internalisasi Nilai Kewirausahaan. Intensitas Internalisasi Nilai Kewirausahaan berpengaruh terhadap kinerja. Rasionalitas ekonomi berpengaruh terhadap kinerja UMKM dan financial literacy berpengaruh terhadap kinerja UMKM

Kata Kunci: Rasionalitas ekonomi, Intensitas internalisasi, Kinerja UMKM dan Kewirausahaan.

Full Text:

Download PDF

References


Anshari, M. Hafi. 1996. Kamus Psikologi. Surabaya: Usaha Nasional

Aribawa, Dwitya. 2016. Pengaruh Literasi Keuangan Terhadap Kinerja dan Keberlangsungan UMKMdi Jawa Tengah. Jurnal Siasat Bisnis. Vol 20 No 1, 1-13

Bryne, A. 2007. Employee saving and Investment decisions in defined contribution pension plans:survey evidence from the U.K. Financial Services Review 16 . (http://uk.financial/17618/), diakses 1September 2020

Carica. 2009. Journal of Economic, Management, Accounting and Technology (JEMATech).Vol. 1, No. 1

Ediraras, D. (2010). Akuntansi dan Kinerja UMKM. Jurnal Ekonomi Bisnis, Vol 15 (2), 152-158.

Etzioni, Amitai. 1992. Dimensi Moral Menuju Ilmu Ekonomi Baru (terjemahan surjamah). Bandung:PT. Remaja Rosdakarya

Indarti Nurul dan Rostiani Rokhima. 2008. Intensi kewirausahaan Mahasiswa: Studi Perbandinganantara Indonesia, Jepang dan Norwegia. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Indonesia Vol. 23, No 4, 369-384

Lusardi, A. 2012. Numeracy, financial literacy, and financial decision-making (No. w17821). NationalBureau of Economic Research

OECD INFE. 2018. Toolkit For Measuring Financial Literacy and Financial Inclusion. [Report Paper]

OECD INFE. 2020. International Survey of Adult Financial Literacy. [Report Paper]

Purwanto Heri dan Trihudiyatmanto. 2018. Pengaruh Intensi Berwirausaha, Orientasi KewirausahaanTerhadap Kinerja Usaha dengan Motivasi Sebagai Variabel Intervening pada Sentra Usaha UMKM

Ranto, B. (2007). Korelasi antara Motivasi, Knowledge of Entreprenurship dan Independensi dan TheEntrepreneur’s Performance pada Kawasan Industri Kecil, Manajemen Usahawan Indonesia, LMFEUI.Jakarta

Simanjorang, Sarman. 2020. Nasib UMKM ditengah Pandemi Covid-19. (http://investor.id/opinion/),diakses 19 Oktober 2020

Yushita, A. N. 2017. Pentingnya Literasi Keuangan Bagi Pengelolaan Keuangan Pribadi. Nominal, 16




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v4i2.1158

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics