Pengaruh Kompetensi Profesional Guru terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa di SMK Negeri I Manado

Sophia Pongoh, Joubert Dame, Gilly Tiwow, Amsye Winokan

Abstract


Abstrak
Tujuan penelitian ini untuk melihat pengaruh Kompetensi Profesional guru terhadap peningkatan hasil belajar siswa di SMK Negeri 1 Manado. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan teknik analisa data adalah regresi korelasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kompetensi profesional guru dengan hasil belajar siswa. Hal tersebut, dapat dilihat dari pengamatan dan hasil analisis koefisien korelasi antara kedua variabel yaitu variabel X sebagai kompetensi profesional guru dan variabel Y sebagai hasil belajar siswa. Dimana analisis yang menggunakan regresi sederhana Ŷ = 44,99 + 0,06 X, dan analisis yang menggunakan korelasi product moment menunjukkan nilai r = 0,5 dan r2 = 0,25 atau 25%. Sedangkan pengujian tingkat signifikan dari koefisien korelasi yang menggunakan uji t dengan taraf nyata 5% (α = 0,5) diperoleh thitung = 3,05 dan ttabel ¬= 2,05 ini berarti thitung < dari ttabel. Hasil ini dapat dipahami bahwa kompetensi profesional guru dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada proses pembelajaran yang akhirnya akan meningkatkan hasil yang dicapai siswa.
Dengan adanya kompetensi profesional guru maka siswa akan lebih memahami materi dan lebih meningkatkan minat belajar siswa yang akan mempengaruhi hasil belajar siswa.

Kata Kunci: Kompetensi Profesional, Hasil Belajar, SMK Negeri 1 Manado

Full Text:

Download PDF

References


Drs. Fachrudin Saudagar dkk, Pengembangan Profesionalitas Guru, Jakarta : Gaung Persada, 2009.

Himpunan Peraturan Perundang undang, Undang-undang Guru dan Dosen, Bandung : Fokus Media, 2009.

Amir Daen, Pengantar Ilmu Pendidikan, Surabaya : Usaha Nasional, 2002.

Aqib Zainal, Profesionalisme Guru dalam Pembelajaran, Surabaya : Insan Cendeki, 2003.

Muhammad Uzer Usman, Menjadi Guru Profesional. Bandung : Remaja Rosda Karya, 2006.

Syafrudin Nurdin, Guru Profesionalisme dan Implementasi Kurikulum, Jakarta Ciputat Pers, 2002.

Nurdin Ibrahim 2003. Hubungan Tempat Teritorial Tatap Muka Dengan Hasil Belajar Siswa SLTP Terbuka, Jurnal Teknodik no 12/VII/Oktober, www.geoogle.com.id(internet).

Denim Sudrwan, Inofasi Pendidikan Dalam Upaya Peningkatan Profesionalisme Tenaga Kependidikan, Bandung : Pustaka Setia, 2002.

Malapu Syahrun, Profesionalisme Guru Dalam Upaya Meningkatkan Potensi Peserta Didik. Gorontalo. SULUT : Mutu, 2000.

Seotjipto dan Kasasi Raflis, Profesi Keguruan. Jakarta : Rineka Cipta, 2000.

Tabrani, Profesionalisme Tenaga Kependidikan, Jakarta : Nine Karya Jaya, 2001.

Surachmad Winarno, Masalah Kemampuan Profesionalisme, Kesejahteraan dan Mutu Pendidikan. Bandung : Tarsito, 2000.

Slameto, Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta : Rineka Cipta, 2003.

Oemar Hamalik, Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara, 2004.

---------------------, Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem, Jakarta : Bumi Aksara, 2002

Nana Sudjana, Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar, Bandung : Sinar Baru Algesindo, 2000.

Psikolog. Universitas Gunadarma, 2004, Psikologi Belajar, http/library. Gunadarma.ac.id. 18 Juli.




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v4i2.1385

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics