Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap pada Masa Social Distancing di RSUD Batara Guru Kabupaten Luwu.

Hasnidar Hasnidar, Selviana Sarti, Sundari Rahman

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien rawat inap di RSUD Batara Guru Kabupaten Luwu. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik propotional random sampling. Analisis kuantitatif dalam penelitian ini akan digunakan uji validitas dan reliabilitas dengan Cronbach’s Alpha. Uji asumsi klasik meliputi uji heteroskedastisitas dan uji normalitas. Untuk uji hipotesis menggunakan program komputer SPSS. Hasilnya bahwa kualitas pelayanan yang terdiri dari wujud nyata, keandalan, daya tanggap, jaminan, dan empati berpengaruh terhadap kepuasan pasien pada masa social distancing di RSUD Batara Guru Kabupaten Luwu.

Kata kunci : Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pasien.
Abstract
The study aims to determine the effect of service quality on Patient Satisfaction at Batara Guru Hospital. The sampling technique in this study uses the proportional random sampling quantitative analysis in this study will used validity and reliability tests with cronbachs’s alpha. Assumption test classic includes heteroscedasticity and normality test. The hypothesis using the SPSS computer program. The result is that the quality of service such us of tangibles, reliability, responsiveness, assurance and emphaty effect patient satisfaction during the social distancing period at the Batara Guru Hospital.

Keywords : Service Quality and Patient Satisfaction

Full Text:

Download PDF

References


Astari, W., Noviantani, A., Simanjuntak, R. 2021.

Kepuasan Pasien terhadap Mutu Pelayanan Keperawatan di Era Pandemi Covid-19 di Rumah Sakit Mata Cicendo. Journal of Hospital Accreditation, 2021 Vol 03, Edisi 1, hal 34-38.

Azwar, S. 1996. Reliabilitas dan Validitas. Edisi ketiga. Pustaka Pelajar, Yogyakarta. Azwar, Azrul H. 1996. Menjaga Mutu Pelayanan Kesehatan. Jakarta: Pustaka Sinar

Harapan.

Azis Slamet Wiyono dan M. Wahyuddin. (2005). Studi Tentang Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Konsumen di Rumah Sakit Islam Manisrenggo Klaten, Surakarta: Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Fahriani, M., dan Ningsih, D. Aprilia. 2021. Analisis Kepuasan Pasien terhadap Pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Bidan Cerdas-ISSN: 2654-9352 dan p-ISSN: 2715-9965 Volume 3 Nomor 4.

Felisitas Lena. 2018. “Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Fasilitas Rumah Sakit Terhadap Kepuasan Pasien”

Hadi, Sutrisno. (1991). Analisis Butir. Yogyakarta: Andi Offset.

Hartini, Nining. 2014. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien RSUD Syekh Yusuf Gowa. Skripsi. UIN Alauddin Makassar.

Kementerian Kesehatan. (2020). Pedoman Pencegahan dan Pengendaliaon Coronavirus Disease Covid 19.

Jacobalis, S. 1995. Liberalisasi Bisnis Jasa Kesehatan dan Dampaknya Bagi Rumah Sakit Indonesia. Jakarta: IRSJAM XXXVII.

Kotler, Philip. (2002). Manajemen Pemasaran.Edisi Bahasa Indonesia. Jakarta: Pearson Education Asia Pte. Ltd.

Kotler, P. 2000. Manajemen Pemasaran : Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian, diindonesiakan oleh Ancella Aniwati Hermawan, Salemba Empat : Prentice Hall Edisi Indonesia.

Madona Fitri, 2017. Madona, 2017. Pengaruh Kualitas Pelayanan Tergadap Kepuasan Nasabah pada PT. Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang 16 Ilir Palembang. Skripsi

Moh. Iqbal Hasan. (2002). Pokok-pokok Materi Metodologi Penelitian dan Aplikasinya. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Nursalam. (2014). Manajemen Keperawatan Aplikasi dalam Praktik Keperawatan

Profesional (4 ed.). Jakarta: Salemba Medika.

Sesilia, A. Popy. 2020. Kepuasan Pasien Menggunakan Layanan Kesehatan Teknologi (Tele-Health) di Masa Pandemi COVID-19: Efek Mediasi Kualitas Pelayanan Kesehatan. Jurnal Penelitian Pendidikan, Psikologi Dan Kesehatan (J-P3K) 2020, Vol. 1 (No. 3) : 251-260

Srianti, Isa Ansari and Ma’ruf. 2020. Kualitas Pelayanan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Batara Guru Kabupaten Luwu”. Volume 1, Nomor 2, Oktober 2020. https://journal.unismuh.ac.id./index.php/kimap/index

Surartri, A. Made., Suryati, T., Edwin, V. 2018. Kepuasan Pasien terhadap Kualitas Pelayanan Pasien Rawat jalan Rumah Sakit di 7 Provinsi di Indonesia. Buletin Penelitian Kesehatan, Vol. 46, No. 4, Desember 2018: 239 - 246

Susilo, Adityo., Rumende C. Martin., Vitoyo, W. Ceva. 2019. Coronavirus Disease 2019: Tinjauan Literatur Terkini Coronavirus Disease 2019: Review of Current Literatures. |Jurnal Penyakit Dalam Indonesia,Vol. 7, No. 1 Maret 2020.

World Health Organization (WHO). (2020). Materi Komunikasi Risiko COVID-19 untuk Fasilitas Pelayanan Kesehatan. In. Western Pacific Region.

Wilhelmina Kosnan. 2019 “jurnal Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Merauke”

Zeithaml V.A., A. Parasuraman, and L.L. Berry (1990) “Delivery Quality Service Balancing Costumer Perseptions and Expectation”. New York: The Free Press P. 46.




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v5i1.1586

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics