Analisis Strategi Bersaing Sangkuriang Farm dalam Menghadapi Pandemi Covid-19
Abstract
Berdasarkan hasil penelitian berdasarkan matriks IE, strategi yang disarankan bagi Sangkuriang Farm adalah strategi tumbuh serta membangun dengan menerapkan strategi integrasi kedepan, integrasi kebelakang, integrasi horizontal, penetrasi pasar, pengembangan produk serta pengembangan pasar. Berdasarkan hasil QSPM, pada fase respond perusahaan terhadap pandemi, strategi rekomendasi bagi Sangkuriang Farm adalah menjadi vendor pemasok sayuran untuk bantuan sosial pemerintah selama pandemi Covid-19. Pada fase recovery Sangkuriang Farm akibat pandemi Covid-19, strategi rekomendasi bagi Sangkuriang Farm adalah melakukan ekspansi pasar ke supermarket/ritel lain. Pada fase renew pasca-pandemi, strategi rekomendasi bagi Sangkuriang Farm adalah melakukan ekspansi pasar ke segmen hotel, restoran dan kafe (HoReKa).
References
Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian. Rineka Cipta.
Chris Howard. (2021). Reset Your Business Strategy in COVID-19 Recovery. Gartner. https://www.gartner.com/smarterwithgartner/reset-your-business-strategy-in-covid-19-recovery
David, F. R. (2009). Manajemen Strategis. Salemba Empat.
David, F. R. (2010). Manajemen Strategi: Konsep-Konsep. Indeks.
David, Fred R., & David, F. R. (2014). Manajemen Strategik Suatu Pendekatan Keunggulan Bersaing Edisi 15. Salemba Empat.
David, Fred R. (2012). Managemen Strategis Konsep. Salemba Empat.
David, Fred R. (2015). Strategic Management: A Competitive Advantage Approach, Concept and Cases (15th ed.). Pearson–Prentice Hall.
David, Fred R, & David, F. R. (2016). Manajemen Strategik (Suatu Pendekatan Keunggulan Bersaing). Salemba Empat.
Institute, O., Alifa, Y., & Kombas.id. (2020). Statistik Pertanian Organik Indonesia. Aliansi Organis Indonesia.
Novianto, E. (2019). Manajemen Strategis. DEEPUBLISH.
Porter, M. (2007). Strategi Bersaing (Competitive Strategy) Edisi Revisi. Karisma Publishing Group.
Pusat Studi Pangan dan Gizi Universitas Gajah Mada. (2020). Tantangan dan Tren Pola Konsumsi Masyarakat di Indonesia Berubah? Pusat Studi Pangan Dan Gizi Universitas Gajah Mada. https://cfns.ugm.ac.id/2020/10/06/tantangan-dan-tren-makanan-di-indonesia-berubah/
Rangkuti, F. (2015). Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis. Gramedia Pustaka Utama.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Umar, H. (2005). Strategik Manajemen In Action. Gramedia Pustaka Utama.
DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v5i2.1838
Refbacks
- There are currently no refbacks.