Analisis Strategi Bersaing Sangkuriang Farm dalam Menghadapi Pandemi Covid-19

Alkhansa Andhika Putra

Abstract


Pergeseran gaya hidup masyarakat menjadi gaya hidup sehat akibat pandemi Covid-19 menyebabkan permintaan sayuran naik. Namun, Sangkuriang Farm sebagai pelaku bisnis dalam industri pertanian mengalami penurunan volume penjualan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi lingkungan eksternal, kondisi lingkungan internal, serta mengetahui alternatif strategi bersaing yang tepat bagi Sangkuriang Farm untuk dapat menanggapi, memulihkan dan memperbaharui strategi perusahaan dalam masa pandemi Covid-19. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif melalui pendekatan studi kasus. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah matriks IFE, matriks EFE, matriks SWOT dan QSPM berdasarkan analisis lingkungan internal dan eksternal Sangkuriang Farm.
Berdasarkan hasil penelitian berdasarkan matriks IE, strategi yang disarankan bagi Sangkuriang Farm adalah strategi tumbuh serta membangun dengan menerapkan strategi integrasi kedepan, integrasi kebelakang, integrasi horizontal, penetrasi pasar, pengembangan produk serta pengembangan pasar. Berdasarkan hasil QSPM, pada fase respond perusahaan terhadap pandemi, strategi rekomendasi bagi Sangkuriang Farm adalah menjadi vendor pemasok sayuran untuk bantuan sosial pemerintah selama pandemi Covid-19. Pada fase recovery Sangkuriang Farm akibat pandemi Covid-19, strategi rekomendasi bagi Sangkuriang Farm adalah melakukan ekspansi pasar ke supermarket/ritel lain. Pada fase renew pasca-pandemi, strategi rekomendasi bagi Sangkuriang Farm adalah melakukan ekspansi pasar ke segmen hotel, restoran dan kafe (HoReKa).

References


Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian. Rineka Cipta.

Chris Howard. (2021). Reset Your Business Strategy in COVID-19 Recovery. Gartner. https://www.gartner.com/smarterwithgartner/reset-your-business-strategy-in-covid-19-recovery

David, F. R. (2009). Manajemen Strategis. Salemba Empat.

David, F. R. (2010). Manajemen Strategi: Konsep-Konsep. Indeks.

David, Fred R., & David, F. R. (2014). Manajemen Strategik Suatu Pendekatan Keunggulan Bersaing Edisi 15. Salemba Empat.

David, Fred R. (2012). Managemen Strategis Konsep. Salemba Empat.

David, Fred R. (2015). Strategic Management: A Competitive Advantage Approach, Concept and Cases (15th ed.). Pearson–Prentice Hall.

David, Fred R, & David, F. R. (2016). Manajemen Strategik (Suatu Pendekatan Keunggulan Bersaing). Salemba Empat.

Institute, O., Alifa, Y., & Kombas.id. (2020). Statistik Pertanian Organik Indonesia. Aliansi Organis Indonesia.

Novianto, E. (2019). Manajemen Strategis. DEEPUBLISH.

Porter, M. (2007). Strategi Bersaing (Competitive Strategy) Edisi Revisi. Karisma Publishing Group.

Pusat Studi Pangan dan Gizi Universitas Gajah Mada. (2020). Tantangan dan Tren Pola Konsumsi Masyarakat di Indonesia Berubah? Pusat Studi Pangan Dan Gizi Universitas Gajah Mada. https://cfns.ugm.ac.id/2020/10/06/tantangan-dan-tren-makanan-di-indonesia-berubah/

Rangkuti, F. (2015). Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis. Gramedia Pustaka Utama.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Umar, H. (2005). Strategik Manajemen In Action. Gramedia Pustaka Utama.




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v5i2.1838

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics