Analisis Fungsi Pemasaran Untuk Menilai Efektivitas dan Efisiensi Pada Masa Wabah Pandemi Covid 19 (Studi pada Sari Bintan Hotel Tanjung Uban)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui analisis fungsi pemasaran untuk menilai efektivitas dan efisiensi pada masa wabah pandemi covid 19 pada Sari Bintan Hotel Tanjung Uban. Penelitian ini menggunakan teknik analisis rasio pendapatan dan analisis efisiensi biaya pemasaran. Penelitian ini merupakan penelitian dengan metode kualitatif. Objek penelitian ini adalah Sari Bintan Hotel yang berada di Tanjung Uban. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan tidak efektif dan tidak efisien pada pendapatan dan biaya pemasaran dari fungsi pemasaran Hotel setelah dilaksanakan penelitian. Hal ini disebabkan karena Hotel hanya melakukan kegiatan pemasaran pada tahun 2020 hanya 4 kali dan hasil yang di dapat dari penelitian ini bahwa pendapatan pada Hotel tidak efektif dan biaya pemasaran yang dikeluarkan juga tidak efisien.
Kata Kunci : Fungsi Pemasaran, Efektivitas, Efisiensi
Full Text:
Download PDFReferences
Apriliandini, V., & M, A. M. (2016). Analisa Efisiensi Biaya Promosi Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Pada Pt. Pdam Tirta Pakuan Bogor. 4(2).
Bachtiar, I. H., & Nurfadila. (2019). Akuntansi Dasar Buku Pintar Untuk Pemula (C. A. Hajrah Hamzah, S.E., M.Si., Ak. (Ed.); Cetakan Pe). Grup Penerbitan Cv Budi Utama.
Bhowmik, A. R., Hossain, M. K., & ... (2020). Analyzing The Impact Of Advertising And Sales Promotion Costs On Sales Revenues And Profits Of Dse Listed Ceramic Companies In Bangladesh. Global Journal Of …, 20(2).
Darya., I. G. P. (2019).
Akuntansi Manajemen (Pertama). Uwais Inspirasi Indonesia.
Dharma, I. G. N. S., Yasa, I. B. A., & Suardani, A. A. P. (2020). Management Audit As A Basis To Assess The Efficiency And Effectiveness Of Marketing Function At The Inaya Putri Bali Hotel. Journal Of Applied Sciences In Accounting, Finance And Tax, 3(2), 125–130.
Emy Iryanie, & Handayani, M. (2019). Akuntansi Biaya (Adi Pratomo (Ed.); Cetakan Pe). Poliban Press.
Fidya Arie Pratama. (2016).
Akuntansi Biaya. Yayasan Insan Shodiqin Gunung Jati
Fipiariny S. (2019).
Peranan Audit Operasional Dalam Meningkatkan Efektivitas Dan Efisiensi Fungsi Pemasaran Pada Pt Pusri (Persero) Palembang. Jurnal Akuntanika, 5, 46.
Kartono, & Sudarman. (2019).
Buku Ajar Dasar-Dasar Akuntansi (Cetakan Pe). Grup Penerbitan Cv Budi Utama.
DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v4i3.2372
Refbacks
- There are currently no refbacks.