Analisis Pengaruh Financial Knowledge dan Finansial Attitude Terhadap Financial Management Behavior dengan Parental Income sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Generasi-Z Di Kota Bandung)
Abstract
Kegiatan konsumsi yang berlebihan dilakukan oleh generasi Z mencerminkan seberapa mapan mereka dalam mengelola keuangan. Pemahaman literasi keuangan yang sekaligus dapat menilai indikator pengetahuan dan sikap keuangan generasi ini masih tergolong pas-pasan. Keterkaitan antara keadaan parental income dengan kesiapan mereka memberikan uang saku untuk anaknya dapat mempengaruhi gaya hidup yang dimiliki generasi Z. Terlebih populasi mereka yang mendominasi jika dibandingkan generasi lain di Indonesia maupun Kota Bandung. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh financial knowledge (X1) dan financial attitude (X2) terhadap financial management behavior (Y) melalui parental income (Z) pada generasi Z di Kota Bandung. Metode penelitian kuantitatif yang digunakan serta pengukuran yang memanfaatkan skala likert dengan populasi adalah masyarakat generasi Z di Kota Bandung sebanyak 395.762 jiwa dengan usia 15 hingga 24 tahun. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dan kuesioner sebagai sumber data primer dengan target sampel sebanyak 400 responden. Penelitian ini menggunakan metode analisis data Structural Equation Modeling (SEM) diolah dengan SmartPLS. Hasil penelitian menjelaskan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada variabel financial knowledge dan financial attitude terhadap financial management behavior dengan parental income sebagai variabel intervening pada generasi Z di Kota Bandung.
Kata Kunci: Financial Knowledge, Financial Attitude, Parental Income, Financial Management Behavior, Generasi Z.
Abstract
Excessive consumption activities carried out by Generation Z reflects how well they are in managing finances. The understanding of financial literacy which can at the same time assess indicators of financial knowledge and attitudes of this generation is still relatively mediocre. The relationship between the state of parental income and their establishment of providing pocket money for their children can affect the lifestyle of Generation Z. Moreover, their population dominates when compared to other generations in Indonesia and the city of Bandung. This study aims to determine the effect of financial knowledge (X1) and financial attitude (X2) on financial management behavior (Y) through parental income (Z) in generation Z in the city of Bandung. The quantitative research method used as well as measurements using a Likert scale with a population of Generation Z in the city of Bandung as many as 395,762 people with ages 15 to 24 years. The sampling technique used is purposive sampling and questionnaires as the primary data source with a target sample of 400 respondents. This research uses Structural Equation Modeling (SEM) data analysis method processed with SmartPLS. The results of the study explain that there is a significant influence on the financial knowledge and financial attitude variables on financial management behavior with parental income as an intervening variable in Generation Z in Bandung City.
Keywords: Financial Knowledge, Financial Attitude, Financial Management Behavior, Parental Income, Z Generation.
Full Text:
Download PDFReferences
Afriani, P. A., & Kartawinata, B. R. (2021). Pengaruh Financial Planning dan Financial Attitude Terhadap Perilaku Konsumtif Generasi Z Pada Saat Covid-19 di Kota Bandung. EProceedings of Management, ISSN: 2355.
Al Kholilah, N., & Iramani, R. (2013). Studi financial management behavior pada masyarakat Surabaya. Journal of Business and Banking, 3(1), 69–80.
APJII. (2020). Laporan Survei Internet Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) 2019 – 2020. Www.Apjii.or.Id.
Badan Pusat Statistik. (2021). Hasil Sensus Penduduk 2020. Www.Demakkab.Bps.Go.Id.
Besri, A. A. O. (2018). Pengaruh Financial Attitude, Financial Knowledge dan Locus Of Control Terhadap Financial Mamangement Behavior Mahasiswa S-1 Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia Yogyakarta. Jurnal Manajemen, 9(1), 226–241.
Herdjiono, I., & Damanik, L. A. (2016). Pengaruh Financial Attitude,Financial Knowledge, Parental Income Terhadap Financial Management Behavior. Jurnal Manajemen Teori Dan Terapan, 9(3), 226–241. https://doi.org/10.20473/jmtt.v9i3.3077
Humas Bandung. (2018). Bagi Pemerintah Pusat, Bandung Kota Spesial. Www.Humas.Bandung.Go.Id.
Kasmir. (2016). Pengantar Manajemen Keuangan (2nd ed.). Kencana Predana Media Grup.
Lusardi, A. (2008). Financial Literacy: an Essential Tool for Informed Consumer Choice? National Bureau of Economic Research, Working Paper Series 14084.
OJK. (2019). Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK). Www.Sikapiuangmu.Ojk.Go.Id.
Puspita, G., & Isnalita, I. (2019). Financial Literacy: Pengetahuan, Kepercayaan Diri dan Perilaku Keuangan Mahasiswa Akuntansi. Owner, 3(2), 117. https://doi.org/10.33395/owner.v3i2.147
Putri, H. N., & Rahmi, E. (2019). Pengaruh Pendapatan Orang Tua Terhadap Perilaku Keuangan Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Fe Unp. Jurnal Ecogen, 2(3), 315. https://doi.org/10.24036/jmpe.v2i3.7373
Rizkiawati, N. L., & Asandimitra, N. (2018). Pengaruh Demografi, Financial Knowledge, Financial Attitude, Locus of Control Dan Financial Self-Efficacy Terhadap Financial Management Behavior Masyarakat Surabaya. Jurnal Ilmu Manajemen (JIM), 6(3).
DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v5i2.2396
Refbacks
- There are currently no refbacks.