Strategi Komunikasi Pemasaran Brand Kopi Sabin Banjarnegara dalam Mempertahankan Loyalitas di Masa Pandemi
Abstract
Penelitian ini menggunakan teknik analisis dengan konsep Miles dan Huberman. Miles dan Huberman telah menunjukkan bahwa teknik analisis data kualitatif dilakukan secara interaktif dan terus menerus pada semua tahapan penelitian sampai penelitian selesai. Subjek penelitian merupakan informan yang dipercaya menjadi narasumber atau sumber informasi yang akan memberikan informasi secara akurat untuk melengkapi data penelitian. Pada penelitian ini yang akan menjadi subjek penelitian yaitu Owner Marketing dan Restaurant Manager Kopi Sabin. hasil penelitian yang dilakukan di Kopi Sabin Banjarnegara mengenai strategi komunikasi pemasaran dalam mempertahankan loyalitas di masa pandemi, maka dapat disimpulkan bahwa Kopi Sabin Banjarnegara dalam mempromosikan produknya sudah menggunakan dua strategi efektif yaitu strategi pesan dan strategi media yang dijalankan berdasarkan model bauran komunikasi (advertising, sales promotion, event and experience, direct marketing, interactive marketing, word of mouth marketing and personal selling) yang telah mencapai loyalitas konsumen. Konsumen merekomendasikan produk kepada yang lain melalui kegiatan words of mouth yang merupakan elemen komunikasi yang paling efektif dalam mempertahankan loyalitas dan yang terakhir konsumen menunjukkan kekebalan dari produk pesaing dapat dipengaruhi oleh personal selling dan event & experience menurut loyal customer client dan advocates.
Kata Kunci: Komunikasi Pemasaran, Brand image, Loyalitas, Pandemi
Full Text:
Download PDFReferences
Burhan Bungin.2012. Analisa Data Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rajawali Pers.
Griffin, Jill (2012) Customer Loyalty: How To Learn It, How To Keep It. Jakarta:
Penerbit Erlangga.
Kotler, P. & Armstrong, G. (2012), Prinsip- Prinsip Pemasaran Edisi 12 penerbit
Erlangga.
Kotler, P. & Keller, K.L. (2012), Manajemen Pemasaran Jilid I Edisi ke 12.
Jakarta: Erlangga.
Machfoedz, Mahmud. (2010). Komunikasi Pemasaran Modern. Yogyakarta. Cakra
Ilmu.
Sugiyono (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung :
Alfabeta, CV.
Jurnal
Hänninen, N., & Karjaluoto, H. (2017). The effect of marketing communication on business relationship loyalty. Marketing Intelligence and Planning, 35(4), 458–472. https://doi.org/10.1108/MIP-01-2016-0006
Julianti, I., & Delliana, S. (2020). Rebel Together Sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran Digital Madformakeup Di Tengah Pandemi COVID-19. Communicatus: Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(2), 207–228. https://doi.org/10.15575/cjik.v4i2.9686
Kim, S. H., & Lee, S. A. (2019). The role of marketing communication mix on Korean customers’ coffee shop brand evaluations. Journal of Hospitality and Tourism Insights, 3(3), 291–309. https://doi.org/10.1108/JHTI-07-2019-0097
Ngoma, M., & Ntale, P. D. (2019). Word of mouth communication: A mediator of relationship marketing and customer loyalty. Cogent Business and Management, 6(1). https://doi.org/10.1080/23311975.2019.1580123
Octaviani, J., & Setyanto, Y. (2019). Kegiatan Komunikasi Pemasaran dalam Membangun Loyalitas Konsumen Di Cv. Cipta Wahana Kreasi. Prologia, 3(1), 154. https://doi.org/10.24912/pr.v3i1.6233
Putri, A. L., & Putri, A. L. (2021). Strategi Komunikasi Pemasaran CV. AbankIrenk Yogyakarta Dalam Meningkatkan Penjualan Dimasa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Komunikasi Makna, 9(2), 63. https://doi.org/10.30659/jikm.v9i2.15753
Setyowati1, N. D., & Tutiasri, R. P. (2021). Strategi Komunikasi Pemasaran Bagi Pelaku Usaha Makanan yang. JISIP: Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 10(1), 73–84. https://publikasi.unitri.ac.id/index.php/fisip/article/view/2268
Soedarsono, D. K. (2020). Managing digital marketing communication of coffee shop using instagram. International Journal of Interactive Mobile Technologies, 14(5), 108–118. https://doi.org/10.3991/IJIM.V14I05.13351
Sudari, S. A., Tarofder, A. K., Khatibi, A., & Tham, J. (2019). Measuring the critical effect of marketing mix on customer loyalty through customer satisfaction in food and beverage products. Management Science Letters, 9(9), 1385–1396. https://doi.org/10.5267/j.msl.2019.5.012
Wibowo, P. S. (2021). Strategi Komunikasi Pemasaran Sharp Indonesia di Era Pandemi Covid-19 dan Kenormalan Baru. Jurnal Komunikasi Profesional, 5(1), 38–56. https://doi.org/10.25139/jkp.v5i1.3003
Sumber Online
https://www.google.com/
https://www.instagram.com/kopisabin/
Admin. 2021. 1 Oktober Hari Kopi Sedunia dan Konsumsi Kopi di Indonesia Terus Meningkat. Retrieved from Liputan6: https://www.liputan6.com/citizen6/read/4672738/1-oktober-hari-kopi-sedunia-dan-konsumsi-kopi-di-indonesia-terus-meningkat (Diakses pada 28 Mei 2022 pukul 21.00 WIB)
Astuti, R. P. (2022). Antusiasme Work From Cafe di Tengah Geliat Perkembangan Coffee Shop. From Kompasiana: https://www.kompasiana.com/ratnapujiaa/62a724baf5f329500431a0f3/antusiasme-work-from-cafe-di-tengah-geliat-perkembangan-coffee-shop (Diakses pada 27 Juni 2022 pukul 19.00 WIB)
Halobdg.Com, R. 2022. “Kopi Sabin” Tempat Ngopi Yang Asyik Di Pinggir Sawah Paling Hits. Retrieved from halobdg.com: https://www.halobdg.com/kuliner/kopi-sabin-tempat-ngopi-yang-asyik-di-pinggir-sawah-takaiters/ (Diakses pada 28 Mei 2022 pukul 21.30 WIB)
Nurcahyani, I. 2021. Strategi para pengusaha "coffee shop" bertahan di tengah PPKM. Retrieved from antaranews.com: https://www.antaranews.com/berita/2424121/strategi-para-pengusaha-coffee-shop-bertahan-di-tengah-ppkm (Diakses pada 29 Mei pukul 13.00 WIB)
P, A. N. 2021. 5 Tempat Ngopi di Banjarnegara Jawa Tengah Paling Recommended. Retrieved from iNewsJatengID: https://jateng.inews.id/berita/5-tempat-ngopi-di-banjarnegara-jawa-tengah-paling-recommended (Diakses pada 30 Mei 2022 pukul 16.00 WIB)
Riani, A. 2021. Cerita Akhir Pekan: Efek Pandemi COVID-19 pada Operasional Bisnis Kuliner di Masa Depan. Retrieved from liputan6.com: https://www.liputan6.com/lifestyle/read/4620906/cerita-akhir-pekan-efek-pandemi-covid-19-pada-operasional-bisnis-kuliner-di-masa-depan (Diakses pada 28 Mei 2022 pukul 13.00 WIB)
Statistik, B. P. 2021. Analisis Hasil Survei Dampak Covid-19 Terhadap Pelaku Usaha Jilid 2. Retrieved from https://www.bps.go.id/: https://www.bps.go.id/publication/2020/12/21/7ec02d39d6732972dcebe54f/analisis-hasil-survei-dampak-covid-19-terhadap-pelaku-usaha-jilid-2.html (Diakses pada 28 Mei 2022 pukul 19.00 WIB)
DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v4i3.2505
Refbacks
- There are currently no refbacks.