Analisis Profil Konsumen Co-working Space Puco Rooftop Bali Menggunakan Peta Empati

I Gusti Ngurah bagus Warditya Ningrat, Taufan Umbara

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengidentifikasi profil konsumen Co-Working Space PUCO Rooftop. Penelitian ini memfokuskan kepada konsumennya dimana ingin mengetahui apa yang benar-benar dibutuhkan, diinginkan, dan dipikirkan oleh konsumen. Profil konsumen merupakan suatu cara agar lebih mempermudah perusahaan untuk menentukan siapakah segmen konsumen yang akan dilayani, menentukan bagaimana cara agar nilai yang dibuat sesuai dengan kebutuhan calon konsumen tersebut dan perusahaan bisa menyampaikan nilai secara efektif yang dimiliki untuk memenuhi kebutuhan konsumen tersebut. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode penelitan deskriptif kualitatif yang melibatkan tiga informan atau narasumber yang merupakan member dari PUCO Rooftop. Teknik samplingnya yaitu purposive sampling, sedangkan untuk teknik pengumpulan data yaitu dengan metode wawancara yang menggunakan triangulasi sumber. Pada penelitian ini data narasumber diolah menggunakan tools Peta Empati yang terdiri dari terdiri dari See, Hear, Think & Feel, Say & Do, Pain, dan Gain. Peta empati dapat digunakan sebagai alat dalam menganalisis profil konsumen karena peta empati dapat menganalisis profil konsumen berdasarkankan pendekatan internal konsumen yang menjadi target dari pembagian indera-indera yang biasa digunakan oleh konsumen untuk memenuhi keinginannya mendapatkan produk sesuai harapan. Hasil dari penelitian ini yaitu bahwa dapat disimpulkan profil konsumen PUCO Rooftop yaitu ketertarikan akan harga yang murah dengan fasilitas yang memadai, temap yang memiliki design menarik dan juga memiliki suasana yang bisa memberikan ketenangan agar para member dapat melakukan pekerjaannya dengan lebih fokus.
Kata kunci : Profil konsumen, Peta Empati, dan Co-Working Space

Full Text:

Download PDF

References


Abroad, A. B. (2022). The 101 Best Cities for Digital Nomads in 2022 to Work Remotely. Retrieved from www.abrotherabroad.com: https://abrotherabroad.com/

Ferreira, B., Silva, W., Oliveira, E., & Conte, T. (2015). Designing Personas with Empathy Map. USES Research Group, Instituto de Computação - IComp.

Franata, R. D. (2020). Analisis Profil Konsumen Manen.Id Dengan Menggunakan Pendekatan Metode Peta Empati.

Gandini, A. (2015). The rise of coworking spaces: A literature review. Ephemera Journal volume 15(1), 193-205.

Gichuru, M. J., & Limiri, E. K. (2017). Market Segmentation As A Strategy For Customer Satisfaction And Retention. International Journal of Economics, Commerce and Management Vol. V, Issue 12, 544-553.

Haking, J. (2017). Digital Nomad Lifestyle. Master of Science Thesis INDEK 2017:163 KTH Industrial Engineering and Management, 1-17.

Kementrian Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif / Badan Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif RI. (2021). Retrieved from kemenparekraf: https://www.kemenparekraf.go.id

Kotler, P., & Keller, L. K. (2016). Marketing Management. Pearson Education Limited.

Mahdy, R., & Wijaksana, T. I. (2016). Pemahaman Profil Konsumen Pengguna Jasa Asisten Rumah Tangga Tangga Di Kota Bandung Menggunakan Bantuan Peta Empati. e-Proceeding of Management : Vol.3, No.2, 1790-1798.

MiftahunNadzir, M. (2016). Analisis Usaha Event Organizer MICE (Meeting, Incentive, Conference, Exhibition) Melalui Kanvas Model Bisnis Dan Peta Empati: Studi Kasus Event Organizer Di Yogyakarta Dan Surakarta. 170-193.

Murti, N. W., & Sisilia, K. (2019). Analisis Profil Konsumen untuk Pembuatan Aplikasi Indekos dengan Pendekatan Desain Proposisi Nilai.

Muslim. (2015). Varian Varian Paradigma, Pendekatan, Metode, dan Jenis Penelitian Dalam Ilmu Komunikasi. Wahana, Vol. 1, No. 10, 77-85.

Neuhüttler, J., Woyke, I. C., & Ganz, W. (2018). Applying Value Proposition Design for Developing Smart Service Business Models in Manufacturing Firms. Conference Paper in Advances in Intelligent Systems and Computing, 105-114.

nomadlist. (2022). Retrieved from www.nomadlist.com: https://nomadlist.com/people/canggu

Osterwalder, A., & Pigneur, Y. (2010). Business Model Generation: A Handbook for Visionaries, Game Changers, and Challengers (Vol 1). John Wiley & Sons.

Peters, O. (2016). Market involvement in value proposition development by University spin-offs. IBA Bachelor Thesis Conference, 1-9.

Pomantow, V. G., Mananeke, L., & Jorie, R. J. (2019). Analisis Segmentasi, Targeting, Dan Positioning Terhadap Keputusan Pembelian Produk Maxx Coffee Di Hotel Aryaduta Manado. Jurnal EMBA, 3129-3138.

Prabasari, W. A. (2020). Identifikasi Profil Konsumen Kita (Wisata Keliling Indonesia) Dengan Metode Peta Empati.

Prabawati , N. D. (2020). Desa Canggu, Bali Sebuah Basecamp Bagi Digital Nomad? Identifikasi Produk Wisata Berdasarkan 4A (Attraction, Amenity, Accesibility, Ancilliary) . Jurnal Kepariwisataan Indonesia 14 (2), 91-108.

Purnawati, N. W., & Setyohadi, D. B. (2017). The Analysis of Implementation Business Model Canvas At The E-Marketplace Dipeta Company. Scientific Journal of Informatics Vol. 4, No. 2, 125-133.

Purwantono, I., & Suwandi. (2019). Rencana Bisnis Kuliner Bebek Blengong Di Jakarta. Journal of Entrepreneurship, Management, and Industry (JEMI) Vol. 2, No. 2, 109-114.

Putra, Y. N. (2021). Analisis Profil Konsumen Latihid Dengan Menggunakan Pendekatan Metode Peta Empati.

Ramadhani, R. A., Muwafaq, B. S., Jannah, M. M., & Taryana, A. (2022). Rancangan Model Bisnis Produk Berbahan Dasar Bioplastik Menggunakan Business Model Canvas dan Peta Empati. Journal of Technopreneurship on Economics and Business Review , 97-109.

Riyanti, T. D. (2021). Analisis Pemahaman Profil Konsumen Pengguna Jasa Wedding Decoration Menggunakan Peta Empati ( Studi Pada Konsumen Luxevior Decoration).

Saputri, M. E. (2016). Pengaruh Perilaku Konsumen Terhadap Pembelian Online Produk Fashion Pada Zalora Indonesia. Jurnal Sosioteknologi, 291-297.

Siregar, f., & Sudrajat, D. (2017). Enabling Spaces: Mapping Creative Hubs In Indonesia. Centre for Innovation Policy and Governance Indonesia Sustainability Centre.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Utama, B. I. (2018). Analisis Model Bisnisusahacoffee Shop Melalui Kanvas Model Bisnis Dan Peta Empati: Studi Kasus Padacoffee Shop Di Malang. Jurnal Ilmu Manajemen Volume 4, Nomor 2, 83-93.

Wheelen , T. L., & Hunger, J. D. (2012). Strategic Management And Business Policy. Pearson Education, Inc.

Wulandari, R. D. (2020). Analisis Profil Konsumen Untuk Aplikasi Tipfood Menggunakan Peta Empati.




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v4i3.2538

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics