Perancangan Strategi Positioning Restoran Dapur Wiwi Berdasarkan Perceptual Mapping dengan Metode Multidimensional Scaling dan Swot Analisis

Andika Yudhistira Ramadhan, Sari Wulandari, Ima Normalia Kusmayanti

Abstract


Dapur Wiwi merupakan salah satu restoran masakahn khas sunda di Kota Bandung berdiri sejak tahun 2018, yang berlokasi di Jl. Mekar Utama No. 93f. Terdapat 4 aspek yang mempengaruhi masalah utama pada Dapur Wiwi yaitu, brand, produk, promotion, dan service atau layanan. Maka diambil solusi perbaikan brand pada Dapur Wiwi dengan melakukan perencanaan strategi positioning. Metode yang digunakan untuk merancang strategi positioning untuk Dapur Wiwi adalah multidimensional scaling (MDS) dan SWOT Analisis. Brand pada tugas akhir ini adalah Warung Nasi Ibu Imas, Warung Nasi Ampera, Dapoer Pandan Wangi, dan Sambal Hejo. Atribut yang digunakan pada perencanaan strategi yaitu cita rasa, harga wajar, variasi produk, porsi sesuai, pelayanan cepat, pelayanan tepat, pelayanan ramah, dekorasi menarik, suasana nyaman, ruang makan bersih, lokasi strategis, transportasi mudah, dan parkiran luas. Jumlah responden pada tugas akhir ini sebanyak 160 responden. Pengambilan sampling menggunakan metode non probability sampling dengan Teknik snowballsampling. Pengolahan data untuk multidimensional scaling (MDS) menggunakan software IBM SPSS. Tugas akhir ini terverifikasi karena diperoleh nilai R-Square sebesar 0,97433 dan diperoleh nilai Stress sebesar 0.61421. Terdapat tiga wilayah A, B, dan C yang dihasilkan dari perceptual mapping. Dapur Wiwi bersaing pad wilayah B dengan Warung Nasi Ampera berdasarkan dari hasil perhitungan jarak Euclidean

Kata Kunci: Positioning, Multidimensional Scaling, Perceptual Mapping, SWOT.

Full Text:

Download PDF

References


Adlakha, K. &. ((2019)). Brand Positioning Using Multidimensional Scaling Technique: An Application to Herbal Healthcare Brands in Indian Market. Vision, 24(3), . 345–355. .

Armstrong. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran: Terjemahan Edisi Ke 12. Jakarta: Erlangga.

Astrom, & Murray. (2019). Modeling Concepts. Building Product Models, 111– 128. https://doi.org/10.1201/9781315138671-6

Belch, G. E. ((2020)). Advertising: An Integrated Marketing Communication Perspective 4e. In Advertising and Promotion. An Integrated Marketing Communication Perspective.

Bestari, L. (2017). Faculty of Economics Riau University ,. JOMFekom, 4(1), 843– 857. https://media.neliti.com/media/publications/125589-ID-analisisdampak-pemekaran-daerah-ditinja.pdf

David, F. R. (2011). Strategic Management Concept and Case Thirteen Edition. New Jersey : prentice Hall. Inc.

Firmansyah, M. A. (2018). Perilaku Konsumen (SIkap dan Pemasaran) (Issue December). Deepublish. https://doi.org/10.31227/osf.io/pfjhz

G. Anand, R. K. (2008). benchmarking the benchmarking models. Benchmarking Models.

Kahle, L. R. ( (2019)). Marketing Research: An Applied Orientation. In Journal of Marketing Research (Vol. 31, Issue 1). .

Kenneth E. Clow, D. B. (2018). Integrated Advertising,Promotion, and Marketing Communication. Harlow: Pearson Education Limited.

Kotler, P. &. ((2017)). Principles Of Marketing . United Kingdom: Pearson Education.

Malhotra, N. K., Nunan, D., & Birks, D. F. (2017). Marketing Research an Applied Approach. Pearson.

Philip Kotler, K. L. (2016). Marketing Management.

Rangkuti, F. ( (2017)). Teknik Membedah Kasus Bisnis : Analisis SWOT. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

S, A. ( 2014). Manajemen Pemasaran. Jakarta.: Raja Grafindo Persada.

Sharif, O. O., Firman, A. F. N., & Dewi, C. K. (2015). ANALISIS POSITIONING RESTORAN CEPAT SAJI POSITIONING ANALYSIS OF FAST FOOD RESTAURANT Osa. 215–224

Sugiyono. (2013). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Widjaya, P. ( 2017). Analisis Segmenting, Targeting, Positioning dan Marketing Mix Pada PT. Murni Jaya AGORA Vol. 5. 1-8.




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v4i3.2547

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics