Branding Institusi Pendidikan Melalui Media Sosial Instagram

Cry Cinta Putri Anjel, Betris Lovely Lengkong, Deske W. Mandagi, Sandra J.R. Kainde

Abstract


Globalisasi dan digitalisasi telah mendorong institusi pendidikan untuk lebih inovatif dalam menggunakan media sosial untuk pemasaran. Namun, model teoritis yang menjelaskan efektivitas social media marketing (SMM) khususnya Instagram di lembaga pendidikan masih sedikit. Studi ini mencoba untuk mengisi kesenjangan teoritis dengan berfokus pada 4 variabel: SMM, kesadaran merek, citra merek dan sikap merek. Data kuantitatif dikumpulkan melalui survei terhadap 149 responden yang merupakan Gen Z dengan rentang usia 15-25 tahun. Data kemudian dianalisis menggunakan Structual Equation Modeling (SEM) dengan bantuan program SmartPLS Statistics. Hasil analisis data mengungkapkan tiga temuan penting. Pertama, SMM berpengaruh signifikan dan positif terhadap sikap merek, kesdaran merek dan citra merek. Kedua, citra merek memiliki pengaruh signifikan dan positif terhadap sikap merek. Ketiga, kesadaran merek berpengaruh signifikan terhadap citra merek. Hasil ini memberikan informasi berharga bagi pengelola lembaga pendidikan dalam memanfaatkan media sosial sebagai alat untuk membangun brand institusi yang kuat.

Full Text:

Download PDF

References


Ainiyah, N., Ibrahimy, U., & Situbondo, S. (2018). Remaja Millenial Dan Media Sosial : Media Sosial Sebagai Media Informasi Pendidikan Bagi Remaja Millenial. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 2(April), 221–236.

Alfajri, M. F., Adhiazni, V., Aini, Q., Studi, P., Informasi, S., Islam, U., Syarif, N., & Jakarta, H. (2019). Pemanfaatan Social Media Analytics Pada Instagram Dalam Peningkatan Efektivitas Pemasaran. Jurnal Ilmu Komunikas, 8(2), 1–11.

Amalina, A. (2016). Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Brand Loyalty dengan Brand Trust Sebagai Variable Intervening (Study pada Follower Twitter Mizone @Mizoneid). Jurnal Ilmu Manajemen, 4(3), 1–12.

Anam, K. (2013). Strategi Pemasaran dan Implementasinya dalam Lembaga Pendidikan. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2). https://doi.org/10.21274/taalum.2013.1.2.159-170

Ardianti, F., Sains, D., Masyarakat, P., & Manusia, F. E. (2020). Efektivitas Instagram Sebagai Media Promosi Desa Wisata Malasari , Kecamatan Nanggung , Kabupaten Bogor The Effectiveness of Instagram as a Promotion Media of Malasari Tourism Village , Nanggung , Bogor District. 4(6), 796–809.

Assimakopoulos, C., Antoniadis, I., Kayas, O.G. and Dvizac, D. (2017). “Effective social media marketing strategy: Facebook as an opportunity for universities.” International Journal of Retail & Distribution Management, 45(5), 532–549. https://doi.org/https://doi.org/10.1108/IJRDM-11-2016-0211

Atmoko. (2012). Instagram handbook tips fotografi ponsel. Media Kita.

Ayutiani, D. N., Primadani, B., & Putri, S. (2018). Penggunaan Akun Instagram sebagai Media Informasi Wisata Kuliner. 3(1), 39–59.

Aziz, A., Mursityo, Y. T., & Rachmadi, A. (2018). Analisis penggunaan media sosial instagram dan pengaruhnya terhadap bisnsi performance statisfaction (Studi pada pengusaha kuliner dikota malang). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 2(11), 5708–5717.

Centeno, D., & Mandagi, D. (2022). Destination brand gestalt and its effects on brand attachment and brand loyalty. Philippine Management Review, 29(1), 1-24.

Fahriza, M., & Pujiyanto, P. (2021). Efektivitas Penggunaan Media Sosial dalam Pemasaran Rumah Sakit: Systematic Review. Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat : Media Komunikasi Komunitas Kesehatan Masyarakat, 13(2), 100–108. https://doi.org/10.52022/jikm.v13i2.149

Febriani, N. (2021). Efektivitas strategi komunikasi pemasaran celebrity endorsement di Instagram terhadap generasi Z. Jurnal Manajemen Komunikasi, 5(2), 238–258.

Firamadhina, F. I. R., & Krisnani, H. (2021). Perilaku Generasi Z Terhadap Penggunaan Media Sosial Tiktok: TikTok Sebagai Media Edukasi dan Aktivisme. Share : Social Work Journal, 10(2), 199. https://doi.org/10.24198/share.v10i2.31443

Firmansyah, D., & Dede. (2022). Teknik Pengambilan Sampel Umum dalam Metodologi Penelitian: Literature Review. Jurnal Ilmiah Pendidikan Holistik (JIPH), 1(2), 85– 114. https://doi.org/10.55927/jiph.v1i2.937

Hadi, S. Z., Kusdibyo, L., & Kunci, K. (2021). Persepsi Konsumen Millennial Terhadap Pemasaran Fashion Digital. Industrial Research Workshop and National Seminar Bandung, 4–5.

Hair Jr, J. F., Matthews, L. M., Matthews, R. L., & Sarstedt, M. (2017). PLS-SEM or CB-SEM: updated guidelines on which method to use. International Journal of Multivariate Data Analysis, 1(2), 107-123.

Jayusman, I., & Shavab, O. A. K. (2020). Aktivitas Belajar Mahasiswa Dengan Menggunakan Media Pembelajaran Learning Management System (Lms) Berbasis Edmodo Dalam Pembelajaran Sejarah. Jurnal Artefak, 7(1), 13. https://doi.org/10.25157/ja.v7i1.3180

Khairunnisa. (2014). Dampak aplikasi instagram terhadap perilaku konsumtif remaja dalam berbelanja online di kalangan siswa - siswi sma negeri 2 tenggarong. E- Journal Ilmu Komunikasi, 2(4), 220–230.

Khrishananto, R., & Adriansyah, M. A. (2021). Pengaruh Intensitas Penggunaan Media Sosial Instagram dan Konformitas Terhadap Perilaku Konsumtif di Kalangan Generasi Z. 9(2), 323–336. https://doi.org/10.30872/psikoborneo

Ms.P.V.Amutha, & Dr.K.Shunmugasundaram, D. G. B. K. (2018). A Study On Consumers Perception Towards Social Media Marketing. International Journal of Research and Analytical Reviews (IJRAR), 5(3), 359–365.

Mandagi, D. W., & Aseng, A. C. (2021). Millennials and Gen Z's Perception of Social Media Marketing Effectiveness on the Festival's Branding: The Mediating Effect of Brand Gestalt. Asia-Pacific Social Science Review, 21(3).

Noprianto, E. (2018). Pemanfaatan Media Sosial Dan Penerapan Social Media Analytics (Sma) Untuk Per_pustakaan Di Indonesia. Jurnal Pustaka Budaya, 5(2), 1–10. https://doi.org/https://doi.org/10.31849/pb.v5i2.1583

Pramiyati, T., Jayanta, J., & Yulnelly, Y. (2017). Peran Data Primer Pada Pembentukan Skema Konseptual Yang Faktual (Studi Kasus: Skema Konseptual Basisdata Simbumil). Simetris : Jurnal Teknik Mesin, Elektro Dan Ilmu Komputer, 8(2), 679. https://doi.org/10.24176/simet.v8i2.1574

Priporas, C.V., Stylos, N., & Fotiadis, A. K. (2017). Generation Z consumers’ expectations of interactions in smart retailing: A future agenda. Computers in Human Behavior, 77, 347–381. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j. chb.2017.01.058

Rachmawati, F., & Purwaningrum, J. P. (2019). Model Discovery Learning Berbasis Etnomatematika pada Bangun Ruang untuk Menumbuhkan Kemampuan Literasi dan Karakter Nasionalisme pada Generasi Z 4.0. Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 10(2), 254–260. https://doi.org/https://doi.org/10.26877/Aks.V10i2.4837

Sazali, H., & Sukriah, A. (2021). Pemanfaatan Media Sosial ( Instagram ) Oleh Humas Smau Ct Foundation Sebagai Media Informasi Dan Publikasi. Jurnal Ilmu Komunikasi, 10(2), 147–160.

Singh, D. A., & Dangmei, J. (2016). Understanding The Generation Z : The Future Workforce. South Asian Journal of Multidisciplinary Studies (SAJMS), 1–5.

Siswanto, T. (2015). Optimalisasi Sosial Media Sebagai Media Pemasaran Usaha Kecil Menengah. Jurnal Liquidity, 2(1), 80–86.

Toding, J., S., & Mandagi, D.W., (2022). Dimensi brand gestalt sebagai predictor kepuasan pelanggan dan niat membeli ulang pelanggan UMKM. JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi). 9(3), 1156–1166

Untari, D., & Fajariana, D. E. (2018). Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial Instagram (Studi Deskriptif Pada Akun @Subur_Batik). Widya Cipta, 2(2), 271–278. http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/widyacipta

Yusi Kamhar, M., & Lestari, E. (2019). Pemanfaat Sosial Media Youtube Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia DI Perguruan Tinggi (Utilizing Youtube Social Media as Indonesian Language Learning Media in Higher Education). Inteligensi : Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(2), 1–7




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v5i2.2893

Refbacks



Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics