Analisis SWOT dalam Strategi Pemasaran Bisnis Online melalui WA Story

Lipursari Lipursari, Halimah Trisayuni, Nur Almuna

Abstract


Abstrak
Aplikasi whatsapp merupakan aplikasi percakapan yang sangat populer di Indonesia dan memiliki jumlah pengguna sangat besar. Fitur-fitur dalam aplikasi tersebut selalu berkembang dari waktu ke waktu mengikuti kebutuhan pengguna. Salah satu fitur yang mendukung kebutuhan pemasaran adalah fitur whatsapp story yang memungkinkan penjual menampilkan produknya dalam status untuk durasi waktu tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran bisnis online yang menggunakan fasilitas whatsapp story melalui analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, and Threat). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif purposive sampling. Pengambilan data menggunakan metode triangulasi yaitu dengan wawancara, artikel maupun dokumen penelitian sebelumnya. Kesimpulan penelitian menunjukkan hasil analisis penggunaan whatsapp story sebagai platform pemasaran digital yang memiliki kekuatan, kelemahan, peluang dan hambatan.

Kata Kunci: whatsapp story; SWOT; bisnis online
Abstract
The whatsapp application is a very popular conversation application in Indonesia and has a very large number of users. The features in the application are always evolving from time to time according to user needs. One feature that supports marketing needs is the whatsapp story feature which allows sellers to display their products in status for a certain time duration. This study aims to analyze online business marketing strategies that use whatsapp story facilities through SWOT analysis (Strength, Weakness, Opportunity, and Threat). The method used in this study is a qualitative purposive sampling method. Retrieval of data using the triangulation method, namely by interviews, articles and previous research documents. The conclusion of the study shows the results of an analysis of the use of whatsapp stories as a digital marketing platform which has strengths, weaknesses, opportunities and obstacles.

Keywords: whatsapp story; SWOT; online business.

Full Text:

Download PDF

References


Andamisari, D. (2021). Penggunaan Status Whatsapp Sebagai Digital Marketing Warga Kecamatan Medan Satria Bekasi Di Era New Normal. Jurnal Lugas, Vol. 5.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Fadhilah, M. (2020a). Peran Product Consumers Trust dan Purchase Intention pada Online Buying Decision. Prosiding Seminar Stiami, Vol. 7.

Fadhilah, M. (2020b). The Influence of Social Media on Sales Performance. Sustainable Competitive Advantage (SCA).

Haekal, M. M. (2022). Tips Memanfaatkan Analisis SWOT untuk Bisnis Online Anda [Edisi 2023]. Niagahoster Blog. niagahoster.co.id

Lewis, B. K. (2010). Social Media and Strategic Communication: Attitudes and Perceptions among College Students. Public Relations Journal, 4, 1–23.

Neal, R. W. (2014). WhatsApp Investors Make Billions From Facebook Acquisition: Sequoia Capital Sees 50x Return on $1.3 Billion Investment. IBTimes.com

Olsen, P. (2014). Exclusive: The Rags-To-Riches Tale Of How Jan Koum Built WhatsApp Into Facebook’s New $19 Billion Baby. Forbes.

Pratama, K. R. (2022). Apa Itu WhatsApp Status dan Bagaimana Cara Menggunakannya? Kompas.com

Rangkuti, F. (2006). Analisis SWOT : Teknik Membedah Kasus Bisnis. PT Gramedia Pustaka Utama.

Suripto, T. (2018). Kajian Literatur Efektifitas Pemasaran Produk dengan Menggunakan Sistim Online Marketing di Era Disruption. Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia, Vol. VIII.




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v4i3.3078

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics