Analisis Retail Promotional Mix Dan Pengaruhnya Terhadap Impuls Buying Serta Peranan Gender Sebagai Moderator Pada Marketplace Di Indonesia
Abstract
E-Commerce menggunakan strategi pemasaran yang tercakup dalam Retail Promotional Mix yang terdiri dari unsur Advertising dan Sales Promotion untuk membantu meningkatkan impulse buying. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis perbandingan faktor-faktor yang mempengaruhi Impulse Buying pada Marketplace di Indonesia berdasarkan Gender, hal ini penting dilakukan dan dianalisis untuk melihat kepekaan jenis kelamin terhadap usaha-usaha promosi yang dilakukan oleh para E-Commerce agar tujuan dari kegiatan promosi dapat dicapai dengan baik. Bauran promosi adalah elemen-elemen utama komunikasi yang dikendalikan oleh pemasar, termasuk periklanan, promosi penjualan, hubungan masyarakat, penjualan tatap muka, dan pemasaran langsung. Impulse buying dapat diartikan sebagai pembelian tiba-tiba dan langsung yang tidak direncanakan, yang terjadi setelah mengalami dorongan spontan untuk membeli. Sedangkan impulse buying online dapat diartikan sebagai pembelian tiba-tiba dan lansung tanpa niat membeli sebelumnya, yang terjadi setelah mengalami dorongan untuk membeli dan kecenderungan untuk spotan, dikendalikan emosi dan tanpa banyak pertimbangan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif karena menggunakan teknik pengumpulan data yang dapat dihitung menggunakan Teknik statistic. Penelitian ini juga disajikan secara deskriptif untuk memahami karakteristik konsumen terhadap faktor yang mempengaruhi impulse buying. Data pada penelitian ini dikumpulkan menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada 100 responden yang diperoleh dari perhitungan populasi dan sample.
Kata Kunci: Gender, Retail promotion mix, Impulse buying, Marketplace
Full Text:
Download PDFReferences
Abdillah, W., & Hartono, J. (2015). Partial Least Square (PLS)-Alternatif Struktural Equation Modeling (SEM) dalam Penelitian Bisnis. Yogyakarta: Andi.
Creswell, John W. (2011). Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed (1st). Celeban Timur, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Ghozali, I., & Latan, H. (2015). Partial Least Squares, Konsep, Teknik Dan Aplikasi Menggunakan Program Smartpls 3.0 Untuk Penelitian Empiris. Semarang: Badan Penerbit UNDIP.
Hair, J. F., Ringle, C. M., & Sarstedt, M. (2013). Partial Least Squares Structural Equation Modeling: Rigorous Applications, Better Results and Higher Acceptance. Long Range Planning, 46(1–2), 1–12. https://doi.org/10.1016/j.lrp.2013.01.001
Hawkins, Del I and David L. Mothersbaugh (2013). Consumer Behavior: Building Marketing Stategy. Twelfth Edition. New York: McGraw-Hill Irwin.
Kotler, dan Keller. 2012. Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Jakarta: Erlangga.
Kotler, dan Keller. 2013. Manajemen Pemasaran. Jilid Kedua, Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip & Kevin Lane Keller, (2016). Marketing Management, (16thEdition), New Jersey: Prentice Hall Published.
Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane. 2012. Marketing Management. Edisi 14. Horizon Edition. Pearson.
Saunders, M., Lewis, P., & Thornhill, A. (2016). Research Methods for Business Students (7th ed.). Pearson Education Limited.
Sekaran, U., & Bougie, R. (2016). Research Methods for Business: A Skill Building Approach (7th ed.). United Kingdom: John Wiley & Sons Ltd. https://doi.org/10.13140/RG.2.1.1419.3126
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitaif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suryani, & Hendryadi. (2015). Metode Riset Kuantitatif Teori dan Aplikasi pada Penelitian Bidang Manajemen dan Ekonomi Islam. Jakarta: Prenadamedia Group.
Verhagen, Tibert and Willemijn van Dolen. (2009). The Influence of Online Store Characteristics on Consumer Impulsive Decision-Making: A Model and Empirical Application. In press.
Zikmund, W. G., Babin, B. J., Carr, J. C., & Griffin, M. (2013). Business Research Methods. Business Research Methods (9th ed.). Canada: Nelson Education. https://doi.org/10.1.1.131.2694
.
DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v4i3.3171
Refbacks
- There are currently no refbacks.