Analisis TOWS Sebagai Strategi Untuk Mencapai Sustainable Competitive Adventage Pada Ropang Dkk

Ghinna Kalyana, Muhammad Arif

Abstract


Abstrak
Menjamurnya usaha kuliner membawa dampak yang cepat dan sulit diprediksi. Fenomena ini menunjukkan pemilik usaha sudah seharusnya untuk selalu menggunakan strategi yang tepat dan juga perubahan harus diantisipasi agar tetap eksis di hadapan para pesaingnya sehingga tercipta keunggulan bersaing yang berkelanjutan (sustainable competitive adventage). Tujuan dari penelitian ini ialah menentukan strategi yang tepat untuk mencapai sustainable competitive adventage pada Ropang DKK melalui analisis TOWS. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif-deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan, bahwa Ropang DKK berada di posisi strategi yang cukup kuat pada kelasnya. Karena Ropang DKK cukup baik memanfaatkan peluang dan menanggulangi ancaman. Masalah eksternal utama Ropang DKK ialah pesaing yang terus bertambah dan perubahan gaya hidup yang beralih ke makanan modern. Masalah internal utama Ropang DKK ialah terbatasnya lahan parkir, karena pada saat penuh pengunjung dapat mengganggu kelancaran jalanan.

Kata Kunci: analisis TOWS; sustainable competitive adventage; manajemen strategi.

Abstract
The mushrooming of culinary business has an impact that is fast and difficult to predict. This phenomenon shows that business owners should always use the right strategy and changes must be anticipated in order to continue to exist in front of their competitors so as to create a sustainable competitive advantage. The purpose of this study is to determine the right strategy to achieve sustainable competitive advantage in Ropang DKK through TOWS analysis. This study uses a qualitative-descriptive method. The results of this study indicate that Ropang DKK is in a fairly strong strategic position in its class. Because Ropang DKK is good enough to take advantage of opportunities and overcome threats. The main external problems of Ropang DKK are the increasing number of competitors and changing lifestyle towards modern foods. The main internal problem of Ropang DKK is the limited parking space, because when it is full, visitors can disrupt the smooth running of the roads.

Keywords: TOWS analysis; sustainable competitive adventure; strategy management.

Full Text:

Download PDF

References


Delano, B., Tumbuan, W. J. F. A., & Mandagie, Y. (2022). Analisis TOWS terhadap penentuan strategi pemasaran di Cafe Time420s Kecamatan Langowan Utara. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 10(1), 101–112. https://doi.org/10.35794/emba.v10i1.37568

Devi, W. S. G. R., Pringgandinie, D. R., Yulina, H., & Hadiansah, D. (2022). SWOT analysis as a competitive strategy at Primkop Kartika Ardagusema Cimahi City, West Java, Indonesia. International Journal Of Science, Technology & Management, 3(1), 134–143. https://doi.org/10.46729/ijstm.v3i1.451

Firmansyah, A. (2017). Pengaruh green intellectual capital dan manajemen lingkungan organisasi terhadap green organizational identity dan dampaknya terhadap green competitive advantage. Substansi: Sumber Artikel Akuntansi Auditing Dan Keuangan Vokasi, 1(1), 183–219. https://doi.org/10.35837/subs.v1i1.215

Harahap, S. (2016). Pengantar manajemen pendekatan integratif konsep syariah. Medan: Febi UIN-SU Press.

Iskandar, A. (2019). Analisis strategi keunggulan bersaing (competitive advantage) pada Balai Diklat Keuangan Makassar. Transparansi: Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi, 2(2), 164–178. http://ojs.stiami.ac.id/index.php/transparansi/article/view/641

Jatmiko, B., Udin, U., Raharti, R., Laras, T., & Ardhi, K. F. (2021). Strategies for MSMEs to achieve sustainable competitive advantage: The SWOT analysis method. The Journal of Asian Finance, Economics and Business, 8(3), 505–515. https://doi.org/10.13106/jafeb.2021.vol8.no3.0505

Parasuraman, A. (2012). Service quality and productivity: a synergistic perspective. Managing Service Quality: An International Journal.

Taufiqurokhman, M. S. (2016). Jakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Prof. Dr. Moestopo Beragama.




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v6i1.3643

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics