Pengaruh Integritas Mahasiswa Dan Kepercayaan Diri Terhadap Perilaku Kecurangan Akademik Dimasa Pandemi Covid-19 Dengan Motivasi Belajar Sebagai Variabel Intervening

Jefry Gaspersz, Christina Sososutiksno

Abstract


Abstract
This study aims to empirically examine the effect of student integrity and self-confidence on academic fraud behavior during the covid-19 pandemic with learning motivation as an intervention variable. This research is a quantitative research using primary data, this data was obtained from respondents through a questionnaire which was distributed to 89 student majoring in accounting. The population in this study were accounting students from the 2018-2019 class. Data analysis used SPSS 24 for windows. The results of the study show that student integrity and self-confidance affects academic fraud behavior during the covid-19 pandemic, learning motivation was unable to mediate the relationshop between student integrity and self-confidence on academic fraud behavior.

Keywords: Student Integrity, Self Confidance, academic fraud behavior, learning motivation..

Full Text:

Download PDF

References


Anggara Sahadewa, Dasanta. (2017). Pengaruh Kepercayaan Diri, Dan Teman Sebaya Terhadap Kecurangan Akademik (Studi Kasus Pada Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Universitas Santa Dharma Yogyakarta). Skripsi: UDY

Arens, Alvin A., Elder, Randal J., dan Beasley, Mark S. (2008). Auditing dan Jasa Asuransi Pendekatan Terintegrasi. Jilid 2. Edisi Keduabelas. Erlangga

Aron, E. F., Diana, N., & Junaidi. (2021). Analisis Pengaruh Penyalahgunaan Teknologi Informasi Terhadap Perilaku Academic Fraud Mahasiswa Akuntansi Pada Masa Pandemi Covid-19 Dengan Motivasi Belajar Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Terhadap Mahasiswa Program Studi Akuntansi Pada Pergurua. 10(2), 1–14.

Atika Salma. (2021). Pengaruh Motivasi belajar, Pressure, Penyalahgunaan Teknologi Informasi, dan Integritas Mahasiswa Terhadap Perilak Kecurangan Akademik Mahasiswa Akuntansi Universitas Yapis Papua. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1–42.

Ayu, I Gusti, Ratih Permata, I Gde Agung, and Wira Pertama. 2020. “Perilaku Kecurangan Akademik Mahasiswa Akuntansi : Dimensi Fraud Diamond.” 5(2): 221–34.

Chandra Febyani Putri Mulyadi, Nur Diana, M. C. M. (2021). Pengaruh Motivasi Belajar, Penyalahgunaan Teknologi, Informasi dan Intergritas Mahasiswa Terhadap Perilaku Kecurangan Akademik Mahasiswa Akuntansi Sebagai Calon Akuntan. E-Jra, 10(07), 13–24.

Gede Juni Wardana, Ni Luh Gede Erni Sulindawati dan Edy Sujana. (2017). Pengaruh Motivasi Belajar, Integritas Mahasiswa Dan Penyalahgunaan Teknologi Informasi Terhadap Perilaku Kecurangan Akademik (Studi Kasus Pada Mahasiswa Jurusan Akuntansi Program S1 Universitas Pendidikan Ganesha). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi, Vol. 8, No. 2.

Ghozali, Imam. 2005. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Universitas Diponegoro.

Hadijah, Sitti., & Jamaluddin. (2020). Pengaruh Penyalahgunaan Teknologi Informasi Dan Integritas Mahasiswa Terhadap Perilaku Kecurangan Akademik Mahasiswa Akuntansi Sebagai Calon Akuntan. Journal of Economic, Public, and Accounting (JEPA), 2(2), 158–168. https://doi.org/10.31605/jepa.v2i2.701

Kurniawan, Anon. 2011. Perilaku Kecurangan Akademik pada Mahasiswa Psikologi UNES. Skripsi Universitas Negeri Semarang.

Latan, H. dan Ghozali, I. (2015). Partial Least Squares Konsep, Teknik dan Aplikasi Menggunakan Program SmartPLS 3.0, Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang

Lobo, Maria Doreste (2020) Hubungan kepercayaan diri dan motivasi belajar dengan kecurangan akademik pada mahasiswa Pendidikan Akuntansi Universitas Sanata Dharma. Skripsi thesis, Sanata Dharma University.

Ningsi Etty Harya (2018). Pengaruh Teknologi Informasi, Integritas, Dan Kepercayaan Diri Terhadap Perilaku Kecurangan Akademik (Studi Pada Mahasiswa Akuntansi Stie Eka Prasetya). Tesis, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Sahrani, R. (2020, December 17). Angka Plagiarisme Naik, Apa Pentingnya Jadi Mahasiswa Berintegritas, Kompas.com.

https://www.kompas.com/edu/read/2020/12/07/093751071/angka-plagiarismenaik-apa-pentingnya-jadi-mahasiswa-berintegritas?page=all

Sri Marjanti, 2015. Upaya Meningkatkan Rasa Percaya Diri Melalui Konseling Kelompok Bagi Siswa XII IPS 6 SMA 2 Bae Kudus Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Konseling Gusjigang, Vol. 1, No. 2.




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v6i1.4201

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics