Strategi Bauran Pemasaran Pada Martabak Rajawali Dalam Meningkatkan Volume Penjualan

Muhammad Safrizal Hafizd, Siti Ning Farida

Abstract


Penelitian ini memiliki tujuan utama yaitu untuk mengetahui dan menganalisis strategi bauran pemasaran untuk meningkatkan volume penjualan pada UMKM Martabak Rajawali. Metode penelitian yang digunakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan pada UMKM Martabak Rajawali Kecamatan Krian, Sidoarjo. Subjek pada penelitian yaitu pemilik, karyawan, dan konsumen. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian yaitu analisis SWOT dengan menggunakan tabel efas dan ifas. Hasil analisis penelitian dengan menggunakan IFAS dan EFAS pada Martabak Rajawali mempunyai faktor kekuatan mendapat skor total 2,13, sedangkan faktor kelemahan mendapat skor total 0,72. Ancaman menerima skor total 0,94, sedangkan Peluang menerima skor total 1,83. Sehingga dari konsekuensi garis SWOT, Martabak Rajawali berada pada kuadran I dengan nilai (X;Y) (1,41;0,89), dengan menggunakan perencanaan yang agresif. Maka dikatakan rencana yang membutuhkan kekuatan untuk menjadi peluang merupakan strategi yang agresif.

Kata Kunci: Strategi, Penjualan, Bauran Pemasaran

Full Text:

Download PDF

References


Andriani, F., Tasa, N. N., Nurhasanah, S., Oktaviani, S., & Putri, A. M. (2021). Penerapan Analisis Swot Terhadap Penentuan Strategi Pemasaran (Studi Kasus Seblak dan Baso Aci Wak Acan Pekanbaru). Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 2904-2910.

Billyarta, G. W., & Sudarusman, E. (2021). Pengaruh kualitas layanan elektronik (e-servqual) terhadap kepuasan konsumen pada market place shopee di sleman diy. Jurnal Optimal, 18(1), 41-62.

Daryanto, L. H., & Hasiholan, L. B. (2019). The Influence Of Marketing Mix On The Decision To Purchase Martabak “Setiabudi” Pak Man Semarang. Journal of Management, 5(5).

Dosinaen, Y. P. R. P., & Sastika, W. (2019). Usulan Strategi Pemasaran Pada Pt Gunung Amal Solution International Dengan Menggunakan Analisis Strength, Weakness, Opportunity, Treath Dan Matriks Ifas Efas Tahun 2019. eProceedings of Applied Science, 5(2).

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21(1), 33-54.

Halim, A. (2020). Pengaruh pertumbuhan usaha mikro, kecil dan menengah terhadap pertumbuhan ekonomi kabupaten mamuju. GROWTH jurnal ilmiah ekonomi pembangunan, 1(2), 157-172.

Haque-Fawzi, M. G., Iskandar, A. S., Erlangga, H., & Sunarsi, D. (2022). STRATEGI PEMASARAN Konsep, Teori dan Implementasi. Pascal Books.

Herawati, H., & Muslikah, M. (2019). Pengaruh Promosi Dan Desain Kemasan Terhadap Keputusan Pembelian Sariayu Putih Langsat. Kinerja, 2(01), 17-35.

Herlina, W. O., Kambolong, M., & Idrus, S. H. (2018). Strategi pengembangan usaha sektor informal dalam meningkatkan pendapatan pedagang kaki lima di Kecamatan Kambu Kota Kendari. Business UHO: Jurnal Administrasi Bisnis, 3(1), 125-134.

Hidayah, I., Ariefiantoro, T., Nugroho, D. W. P. S., & Suryawardana, E. (2021). Analisis Strategi Bauran Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan (Studi Kasus Pada Pudanis Di Kaliwungu). Solusi, 19(1).

Rahmawati, F., Bake, J., & Purwati, H. N. E. (2018). Analisis Strategi Pengembangan Bisnis Rumah Makan Wong Solo di Kendari. Universitas Halu Oleo Kendari Sulawesi Tenggara.

Raznilawati, R. (2017). Analasis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Pada Cafe Enzyme Palopo. Humano: Jurnal Penelitian, 8(1), 14-25.

Safitri, P., & Fajrin, Z. (2019). Strategi bisnis dan keunggulan bersaing terhadap kinerja pemasaran usaha kecil menengah kopiah resam mentari kota pangkalpinang. E-Mabis: Jurnal Ekonomi Manajemen dan Bisnis, 20(1), 61-74.

Sahla, H. (2019). Konsep Pemasaran Dalam Perspektif Ekonomi Islam. Jurnal Pionir, 5(2).

Sasangka, I. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Volume Penjualan Pada Mini Market Minamart'90 Bandung. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 2(1), 129-154.

Sasono, H., & Siata, Z. (2022). Faktor-Faktor yang Mempengaruh Keputusan Pembelian Konsumen Sepeda Motor Yamaha. Jurnal Penelitian Ekonomi Manajemen dan Bisnis, 1(1), 01-17.

Suci, Y. R. (2017). Perkembangan UMKM (Usaha mikro kecil dan menengah) di Indonesia. jurnal ilmiah cano ekonomos, 6(1), 51-58.

Syahkuan, J., Ni’mah, S., Absor, S. M. U., Azis, M. A., Bakri, A. A., & Napitupulu, R. H. M. (2022). Manajemen Strategik Dalam Organisasi. Penerbit NEM.

Utama, A. M., & Sanusi, N. (2022). Strategi Komunikasi Pemasaran Martabak Mertua Dalam Meningkatkan Omset Penjualan. Buana Komunikasi (Jurnal Penelitian dan Studi Ilmu Komunikasi), 2(2), 69-80.

Utami, H. N., & Firdaus, I. F. A. (2018). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Perilaku Online Shopping: Perspektif Pemasaran Agribisnis. Jurnal Ecodemica, 2(1), 136-146.

Wijandari, A., & Sumilah, N. (2021). Sosialisasi Manajemen Strategi Pemasaran Di UMKM Kecamatan Cileungsi. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (Jpmm), 1(1), 61-64.

Wijoyo, H. (2021). Strategi Pemasaran UMKM di masa pandemi. Insan Cendekia Mandiri.




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v6i1.4232

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics