Analisis Penerapan Sistem Informasi Ppdb Online Dengan Menggunakan Model Kesuksesan Delone Dan Mclean

Ronny H. Walean, Natalia Cindy Christine Supit

Abstract


Penelitian ini mengusulkan dan menguji sistem informasi PPDB online dengan menggunakan Model Kesuksesan DeLone dan McLean dalam enam variabel yang saling bergantung satu sama lain yaitu kualitas sistem (system quality), kualitas informasi (information quality), kualitas layanan (service quality), penggunaan (use), kepuasan pelanggan (user satisfaction), dan manfaat bersih (net benefits). Secara khusus, penelitian ini menganalisa pengaruh kualitas sistem (system quality), kualitas informasi (information quality), kualitas layanan (service quality) terhadap penggunaan (use) dan kepuasan pengguna (user satisfaction), pengaruh penggunaan (use) dan kepuasan pengguna (user satisfaction) terhadap manfaat bersih (net benefits) pada sistem informasi PPDB online. Data berbasis survei cross-sectional, yang difasilitasi melalui metode online yang dikelola sendiri dalam bentuk formulir google, dilakukan di antara sampel Kepala Sekolah Dasar atau operator sekolah sebagai panitia PPDB sekolah yang telah memanfaatkan layanan sistem informasi PPDB online yang disediakan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Minahasa Utara. Metode sampling yang digunakan adalah random sampling atau penarikan sampel acak. Teknik sampling yang digunakan adalah nonprobability sampling - purposive sampling, yaitu pemilihan sampel yang sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan oleh peneliti. Data yang terkumpul dianalisis melalui pemanfaatan teknik Structural Equation Modeling (SEM), memanfaatkan platform perangkat lunak SPSS dan SmartPLS. Hasil temuan dari analisa penerapan sistem informasi PPDB online dengan menggunakan model kesuksesan DeLone dan McLean menunjukkan bahwa terdapat empat hipotesis yang diterima dan lima hipotesis yang ditolak. Hipotesis yang diterima diantaranya kualitas informasi (information quality) berpengaruh positif dan signifikan terhadap penggunaan (use); kualitas layanan (service quality) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pengguna (user satisfaction); penggunaan (use) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pengguna (user satisfaction); dan kepuasan pengguna (user satisfaction) berpengaruh positif dan signifikan terhadap manfaat bersih (net benefits). Sedangkan, hipotesis yang ditolak yaitu kualitas sistem (system quality) dan kualitas layanan (service quality) tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap penggunaan (use); kualitas informasi (information quality) dan kualitas sistem (system quality) tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan (user satisfaction), serta penggunaan (use) tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap manfaat bersih (net benefits). Pada Akhirnya, implikasi dari penelitian ini sebagai bukti keberhasilan dari penerapan sistem informasi PPDB online yang dapat memberikan manfaat bagi organisasi dalam pengelolaan data dengan menggunakan teknologi informasi (TI) yang lebih cepat, akurat, efektif, efisien, transparan, terintegrasi, dan akuntabel serta meningkatkan kinerja sumber daya manusia dalam suatu organisasi yang lebih berkualitas.

Kata Kunci: sistem informasi PPDB online, model kesuksesan DeLone dan McLean, kualitas sistem, kualitas informasi, kualitas layanan, penggunaan, kepuasan pengguna, manfaat bersih.

Full Text:

Download PDF

References


Adnyana, I. M. D. M. (2021). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif. Bandung: Penerbit Media Sains Indonesia

Ajibade, P., & Mutula, S. M. (2019). Integrated Records Management: Using Software Design Approach to Support Business Process Management and Compliance in the Networked Environment. New Review of Information Networking 2019, Vol.24, No 2, 178-192. https://doi.org/10.1080/13614576.2019.1618197

Arimbi, T. J. B. (2022). Uji Model DeLone dan McLean pada Sistem Informasi Manufaktur di Nawangwulan Craft. Seminar Nasional Sistem Informasi (SENASIF), 6(1), 3103 - 3112. 2022.

Bodnar, G. H., & Hoopwood, W. S., (2000), Sistem Informasi Akutansi, Buku 1 Edisi Keenam, terjemahan Amir Abadi jusuf dan R. M Tambunan, Jakarta: Salemba Empat.

Budiyanto (2009). Evaluasi Kesuksesan Sistem Informasi Dengan Pendekatan Model DeLone dan McLean (Studi Kasus Implementasi Billing System di RSUD Kabupaten Sragen). Tesis. Surakarta: Universitas Sebelas Maret

Camilleri, M.A., & Falzon, L. (2021). Understanding Motivations to Use Online Streaming Services: Integrating the Technology Acceptance Model (TAM) and The Uses and Gratifications Theory (UGT). Spanish Journal of Marketing - ESIC. https://doi.org/10.1108/SJME-04-2020-0074

Davis, F., (1989). Perceived usefulness, perceived ease of use and user acceptance of information technology. MIS Quarterly, 13 (3), 319–339. https://doi.2307/249008

Delone, W. & McLean E. (1992). Information System Success: The Quest for the Dependent Variable. Journal of Management Information Systems 3(4):60-95. https://doi.org/10.1287/isre.3.1.60

Delone, W. & McLean E. (1992). The DeLone and McLean Model of Information Systems Success: A Ten-Year Update. Journal of Management Information Systems 19(4):0-30. https://doi.org/10.1080/07421222.2003.11045748

Deny, H., & Andry, J. F. (2018). Pengukuran Keberhasilan E-Learning dengan Mengadopsi Model DeLone & McLean. Jurnal Sistem Informasi Bisnis 8(1). https://doi.org/10.21456/vol8iss1pp68-75

Doll, W.J. & Torkzadeh, G. (1988). The Measurement of End-User Computing Satisfaction. MIS Quarterly, 12, 259-272. http://dx.doi.org/10.2307/248851

Ferdinand A. (2002). Structural Equation Modeling dalam Penelitian Manajemen. Edisi Kedua. Semarang: Universitas Diponegoro.

Green, D. & Pearson, J. M. (2011). Integrating Website Usability with the Electronic Commerce Acceptance Model. Behavior and Information Technology 30(2):181-199. https://doi.org/10.1080/01449291003793785

Goodhue, D. & Thompson, R. (1995). Task-Technology Fit and Individual Performance. MIS Quarterly Vol.19 No.2, pp.213-236. https://doi.org/10.2307/2494589

Ghozali, I., & Latan, H. (2015). Partial east squares kons untuk penelitian empiris. Semarang: Badan Penerbit UNDIP

Hair, J., Sarstedt, M., Hopkins, L., & Kuppelwieser, V. (2014). Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM): An Emerging Tool for Business Research. European Business Review 26(2):106-121. https://doi.org/10.1108/EBR-10-2013-0128

Jogiyanto, H. (2007). Model Kesuksesan Sistem Teknologi Informasi. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Kurniati (2012). Pengaruh Faktor-Faktor Kesuksesan Sistem Informasi dan Computer Serf-Efficacy Terhadap Kepuasan Pengguna SIMDA di Sulawesi Tengah. Tesis. Makassar: Universitas Hasanuddin.

Laudon, K. C., & Laudon, J. P. (2014). Management Information System. Managing the Digital Firm Thirteenth Edition. England: Pearson Education LTD.

Livari, J. (2005). An Empirical Test of the DeLone-McLean Model of Information System Success. ACM SIGMIS Database: the DATABASE for Advance in Information Systems, Vo.36(2), pp. 8-27. https://doi.org/10.1145/1066152

Meilani, A., Suroso, A.I., & Yuliati, L. N. (2020). Evaluasi Keberhasilan Sistem Informasi Akademik dengan Pendekatan Model DeLone dan McLean. Jurnal Sistem Informasi Bisnis, Vol.10, No.2, pp. 137-144. https://doi.org/10.21456/vol10iss2pp137-144

Montazemi, A. R., & Saremi, H. Q. (2015). Factors Affecting Adoption of Online Banking: A Meta-Analytic Structural Equation Modeling Study. Information & Management 52(2):210-226. https://doi.org/10.1016/j.im.2014.11.002

Nielsen, J. (2012). Usability 101: Introduction to usability. Alertbox. http://www.nngroup.com/articles/usability-101- introduction-to-usability/.

Ningsih, V. Y., Hakim, A., & Wanto, A. H. (2019). Kesuksesan Sistem Informasi Rencana Kerja dan Anggaran (SIREKA) Menggunakan Model DeLone & McLean (Studi pada Universitas Brawijaya). Jurnal Ilmiah Administrasi Publik (JIAP) Vol. 5, No. 2 (2019). https://doi.org/10.21776/ub.jiap.2019.005.02.1

Oktapiani, R., & Riana, D. (2016). Kajian Model Kesuksesan Sistem Informasi DeLone & McLean pada wifi.id di Kotamadya Sukabumi. Jurnal Khatulistiwa Informatika. https://doi.org/10.31294/swabumi.v4i2.1017

Permendikbud Nomor 1 Tahun 2021 tentang Penerimaan Peserta Didik Baru pada Taman Kanak-kanak, Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Keatas, dan Sekolah Menengah Kejuruan.

Peraturan Bupati Minahasa Utara Nomor 35 Tahun 2021 tentang Pedoman Penerimaan Peserta Didik Baru pada Taman Kanak-Kanak, Sekolah Dasar, dan Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Minahasa Utara.

Petter, S., DeLone W., & McLean, E. (2008). Measuring Information Systems Success: Models, Dimensions, Measures, and Interrelationships. European Journal of Information Systems. 236-263. https://doi.org/10.1057/ejis.2008.15

Purwanto, S.K., & Pawirosumarto, S. (2017). Pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas, Informasi, dan Kualitas Layanan terhadap Penggunaan Sistem e-Learning di Program Pascasarjana Universitas Mercu Buana. Jurnal Manajemen 21(2). https://doi.org/10.24912/jm.v21i2.237

Purwaningsih, S. (2010). Analisis Kesuksesan Penerapan Sistem Informasi pada Sistem Informasi Pelayanan Terpadu (SIPT) Online (Studi Pada PT Jamsostek (PERSERO). Jurnal Ilmu Ekonomi Aset, Vol.12, No.2. https://widyamanggala.ac.id/journal/index.php/jurnalaset/article/view/66

Radityo, D. & Zulaikha. (2007).Pengujian Model DeLone and McLean Dalam Pengembangan Sistem Informasi Manajemen ( Kajian Sebuah Kasus ),”Simposium Nasional Akuntansi. Jakarta.

Rahayu, F. S., Apriliyanto, R., & Putro, Y. S. P. W. (2018). Analisis Kesuksesan Sistem Informasi Kemahasiswaan (SIKMA) dengan Pendekatan Model DeLone dan McLean. Indonesian Journal of Information System 1 (1): 34-46. https://doi.10.24002/ijis.v1i.1704

Saputro, P. H., Setryohadi, D. B., & Santoso, A. J. (2015). Model DeLone and McLean untuk Mengukur Kesuksesan E-Government Kota Pekalongan. Scientific Journal of Informatics. https://doi.org/10.15294/sji.v2i1.4523

Sekaran U, dan Bougie, R. (2016) Research Methods for Business: A Skill Building Approach Seventh Edition p.353-354 . John Wiley & Sons Ltd.

Suradi, A. & Windarti, M. (2020). Penerapan Model DeLone dan McLean pada SI-PMB Online dari Perspektif Pengguna untuk Meningkatkan Kualitas Layanan. Simetris Jurnal Teknik Mesin Elektro dan Ilmu Komputer 11(1):241-248. https://doi.org/10.24176/simet.v11i1.3736

Urbach, N. & Muller, B. (2011). The Updated DeLone and McLean Model of Information Systems Success. Information Systems Theory pp.1-18. https://doi.org/10.1007/978-1-4419-6108-2_1

Undang-Undang Nomor 33 Tahun 2003 tentang Pembentukan Kabupaten Minahasa Utara

Wijayanti, C. A. (2020).Pengaruh Kualitas Layanan dan Kepuasan Pelanggan pada Loyalitas Pelanggan di Restoran Pizza E-Birra. Klabat Journal of Management Vol. 1, No.1.https://doi.org/10.31154/kjm.v1i1.448.43-54

Wu, J-H., & Wang, Y-M.(2006). Measuring KMS success : A respecification of the DeLone and McLean model. Information & Management, 43(6), 728-739. https://doi.org/10.1016/j.im.2006.05.002

Xiao,L & Dasgupta, S. (2002). Measurement of User Satisfaction with WEB-Based Information Systems: An Empirical Study. Americas Conference on Information Systems. http://aisel.aisnet.org/amcis2002/159

Yuliana, K., & Afriani, D. (2020). Analisis Sistem Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Online SD Negeri di Kota Banjarmasin dengan Menggunakan Model Kesuksesan Sistem Informasi Delone dan Mclean, Jurnal Infokam Vol.XVI, No.1. Banjarmasin. https://doi.org/10.53845/infokam.v12i2.104




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v6i2.4248

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics