Analisis Strategi Pemasaran PT. Indofood Sukses Makmur Tbk di Pasar Internasional

Devina Wistiasari, Lilis Lilis, Novia Clarissa, Herliani Herliani, Jhon Wilson, Dikson Dikson

Abstract


PT. Indofood Sukses Makmur merupakan perusahaan pengolahan yang terkenal di Indonesia dan juga merupakan perusahaan penghasil mi instan terbesar di dunia. Peneliti melakukan analisis terhadap Indofood dengan tujuan untuk mengetahui strategi bauran pemasaran dan Strategi Corporate Social Responsibility yang digunakan oleh PT. Indofood. Dalam strategi bauran pemasaran, Indofood menjalankan konsep pemasaran 4P, dengan tujuan memperluas merek Indofood ke luar negeri namun pemasaran produk juga harus adil, efisien dan efektif. Hal ini dimaksudkan agar setiap orang dapat mengenal dan mencoba produk tersebut dan Indofood tetap memilih strategi harga yang lebih tinggi dari kompetitor pada umumnya, dengan tetap mengutamakan kualitas produk. Dan strategi CSR yang diterapkan Indofood bertujuan untuk mendekatkan perusahaan dengan masyarakat. Indofood berpartisipasi dalam program tanggung jawab lingkungan atau sosial yang merupakan perwujudan dari misinya untuk memberikan kontribusi yang berkelanjutan bagi kesejahteraan masyarakat dan lingkungan.
Kata Kunci: Bisnis Internasional, Bauran Pemasaran, Tanggung Jawab Sosial Perusahaan

Full Text:

Download PDF

References


Ananda. (2021). Pengertian Lisensi dan Jenis-Jenis Lisensi dalam Dunia Bisnis. https://www.gramedia.com/literasi/pengertian-lisensi/

Aurellia, A. (2022, December 26). Mengenal Joint Venture Adalah: Manfaat, Jenis, dan Contohnya. https://www.detik.com/bali/bisnis/d-6482508/mengenal-joint-venture-adalah-manfaat-jenis-dan-contohnya

Ayyubi, R. (2014). Analisis Strategi PT Indofood di pasar Internasional. https://www.academia.edu/16225680/Analisis_Strategi_PT_Indofood_di_pasar_Internasional

Nerissa Arviana, G. (2023, February 8). 5 Strategi Menyusun CSR bagi Public Relations agar Tepat Sasaran. https://glints.com/id/lowongan/strategi-csr/#.ZB6g4HZBwdV

Nur Azizah, L. (2021). Bentuk Kerjasama Internasional & Manfaatnya Bagi Negara. https://www.gramedia.com/literasi/bentuk-kerjasama-internasional/

Nur Pradina, A. (2021). STRATEGI MEMASUKI PASAR INTERNASIONAL (STUDY KASUS PT INDOFOOD SUKSES MAKMUR TBK).

Sheisa Pramesti, A. (2021). Hubungan Corporate Social Responsibility dengan Nilai Perusahaan PT. Indofood. https://www.academia.edu/49182225/Hubungan_Corporate_Social_Responsibility_dengan_Nilai_Perusahaan_PT_Indofood

Smeta. (2022, June 29). Apa Itu Marketing Mix? Mengenal Konsep 4P dan 7P. https://smesta.kemenkopukm.go.id/apa-itu-marketing-mix-mengenal-konsep-4p-dan-7p/




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v6i1.4484

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics