Strategi Meningkatkan Kualitas Pelayanan dalam Menarik Minat Nasabah Menggunakan Produk Tabungan IB Hijrah di Bank Muamalat KCP Stabat

Siska Muliani, Yenni Samri Juliati Nasution, Muhammad Lathief Ilhamy Nasution

Abstract


Kualitas pelayanan merupakan salah satu ukuran keberhasilan dalam menjamin kepuasan kepada konsumen. Perusahaan dengan layanan yang tidak memberi kepuasan nasabah biasanya mendapati masalah yang kompleks, dan pelanggan yang merasa tidak senang umumnya menceritakan pengalaman kurang baiknya kepada orang lain. Maka dari itu, semua bank memiliki kewajiban untuk merencanakan, menyelenggarakan, mengendalikan dan mengimplementasikan mutu pelayanannya untuk memastikan bahwa pelayanan tersebut memuaskan nasabahnya. Metode penelitian pada penelitian ini yaitu Data pada penelitian ini adalah hasil dari atau pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data primer pada penelitian ini didapatkan dari RM-Retail Business, Customer Service, dan Teller sebagai karyawan di Bank Muamalat Indonesia KCP Stabat. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dimana informasi yang diperoleh dideskripsikan dan dijelaskan secara rinci. PT. Bank Muamalat Indonesia Tbk. Kantor Cabang Pembantu Stabat merupakan salah satu bank yang menerbitkan produk berdasarkan prinsip syariah, dan salah satu produk yang banyak diminati adalah produk tabungan iB Hijrah. Tabungan ib Hijrah menggunakan akad wadi'ah. Tabungan iB Hijrah dengan akad Wadi'ah merupakan produk untuk membantu nasabah yang ingin menyimpan dan menabung uangnya dengan aman tanpa banyak potongan administrasi dan tidak menerapkan sistem bunga. Langkah awal strategi meningkatkan kualitas pelayanan yang dilakukan adalah melayani nasabah dengan pelayanan yang sebaik mungkin. Maka dari itu PT. Bank Muamalat Indonesia KCP Stabat menggunakan service excellent yaitu pelayanan yang sesuai dengan harapan dan kepuasan pelanggan. Hasil penelitian yaitu melayani nasabah dengan sebaik mungkin, Bank Muamalat Indonesia juga mengeluarkan pelayanan online yakni menggunakan aplikasi M-Din bertujuan untuk mempermudah nasabah melakukan pendaftaran pembukaan rekening dan bertransaksi secara online tanpa perlu datang ke kantor. Kendala internalnya keterbatasan unit kantor dan minimnya tenaga operasional Customer service dan Teller. Kendala eksternal jauhnya jangkauan pendaftaran dan ketidaktahuan masyarakat terhadap Bank Muamalat Indonesia sebagai bank syariah
Kata Kunci: Pelayanan, Bank Muamalat, iB Hijrah

Full Text:

Download PDF

References


Ahmadsyah, I., Aulia Marzelin, A., & Ismuadi. (2022). STRATEGI PEMASARAN MENARIK MINAT NASABAH MENGGUNAKAN PRODUK TABUNGAN HAJI PADA BANK SYARIAH INDONESIA MEULABOH. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Islam, 4(2), 106–124.

Al, S., & Barru, G. (2018). STRATEGI PELAYANAN DENGAN KONSEP SERVICE EXCELLENT Nurlia. In Meraja Journal (Vol. 1, Issue 2).

Along, A. (2020). Kualitas Layanan Administrasi Akademik di Politeknik Negeri Pontianak. In Antonius Along/ JIAP (Vol. 6, Issue 1).

Anggraini, T. (2022). Buku Ajar Desain Akad Perbankan Syariah. Merdeka Kreasi Group.

Arshy Cahaya, L., & Jannah, N. (2022). Strategi Pelayanan Customer Service dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah pada Bank Muamalat KCP Sukaramai (Vol. 04, Issue 01).

Haqiqi, F., & Fadli, K. (2020). ANALISIS PENGARUH LIKUIDITAS DAN PEMBERIAN KREDIT TERHADAP TINGKAT PROFITABILITAS PADA BANK BPR MEGA MAS LESTARI TAHUN 2016-2018 KABUPATEN KARIMUN. In 73 JURNAL CAFETARIA (Vol. 1, Issue 1).

Irwansyah, A., & Mappadeceng, R. (n.d.). PENGARUH E-SERVICE QUALITY TERHADAP CUSTOMER LOYALTY MELALUI CUSTOMER SATISFACTION PADA TOKO ON LINE BUKA LAPAK. In Jurnal Manajemen dan Sains (Vol. 3, Issue 2).

Larassati, N., & Fauzi, A. (2022). Strategy to Improve Service Quality Through Banking Digitization at BSI Trade Center Kediri City. 202 | Jurnal At-Tamwil: Kajian Ekonomi Syariah, 4(2). https://doi.org/10.33367/10.33367/at.v4i2.1473

Mujiatun, S. B., Samri Juliati Nasution, Y. C., & Ismal, R. E. (2023). PREFERENCES AND PERCEPTIONS OF MSME ENTREPRENEURS TOWARDS ISLAMIC BANKING QRIS PRODUCTS AND SERVICES IN THE CITY OF MEDAN POST COVID 19 ERA. Journal of Profess. Bus. Review. | Miami, 1–12. https://doi.org/10.26668/businessreview/2023.v8i5.1099

Nazli, P., Marliyah, & Yenni, S. J. N. (2022). Pengaruh Nilai-Nilai Islam, Upah, Pengembangan Karir, Dan Motivasi, Terhadap kinerja Karyawan Pada Bank Sumut Kantor Cabang Syariah Medan. JIEI : Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 8(2).

Nurfuadi, W., & Jannah, N. (2023). Penerapan Akad Mudharabah Muthlaqah dan Akad Wadi’ah Yad Dhamanah Dalam Tabungan iB Hijrah pada PT. Bank Muamalat KCU Medan Baru. 4(6), 1403.

Purba, T. (2020). THE EFFECT OF SERVICE AND QUALITY FACILITIES OF CUSTOMER SATISFACTION ON MAZDA WORKSHOP IN BATAM CITY. 8(1).

Rambe, Y. (2020). StrategiMeningkatkanKualitasLayanan. Jurnal EKONOMIKA, 4(2), 33–44.

Riyadin. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Masyarakat Keluarga Berencana di Kecamatan Pekalongan Kabupaten Lampung Timur (Studi Kasus Pada Desa Pekalongan). Jurnal Simplex, 3(2).

Soemitra, A. (2009). Bank & Lembaga Keuangan Stariah (2nd ed.). PRENAMEDIA GROUP.

Wahyuni, Muhammad Doli Harahap, & Muhammad Lathief Ilhamy Nst. (2022). Analisis Tingkat Kepuasan Nasabah terhadap Layanan Perbankan Syariah di BSI Bener Meriah. Journal Of Indonesian Management, 02(1), 16–20.

Yansah, R. A., Hartono, B., & Hariyono, M. B. (n.d.). Analisis kualitas pelayanan (service quality) terhadap kepuasan konsumen pada rumah makan sop ayam Pak Min Klaten di Malang. Jurnal Ilmu-Ilmu Peternakan, 23(1), 30–34. http://jiip.ub.ac.id/

Yanti, N. (2020). Desain Akad Perbankan Syariah (1st ed.). FEBI UIN-SU Press.

Yasin, A. (2017). STRATEGI PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN PADA PT SAFINA ASSALAM TOUR GAMBUT KALIMANTAN SELATAN. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis, 3(2), 208–219.




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v6i2.4806

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics