Pengaruh Bauran Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Motor Honda Pada PT Eka Cipto Prima Sentosa Sooko Mojokerto

Maulana Zakaria, Budi Prabowo

Abstract


Marketing Mix atau Bauran Pemasaran adalah inti dari suatu sistem pemasaran suatu perusahaan yang dapat dilakukan untuk mempengaruhi permintaan akan produk yang dihasilkan. Variabel dari marketing mix adalah produk, harga, promosi dan distribusi. Dari uraian diatas maka penulis melakukan penelitian di dealer Honda pada PT Eka Cipto Prima Sentosa Sooko Mojokerto yang berlokasi di jalan Ra. Basuni No.146, Kec. Sooko, Kab. Mojokerto. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan bauran pemasaran (marketing mix) yang terdiri dari 4P yaitu produk (X1), promosi (X2), harga (X3), dan distribusi (X4) pada peningkatan penjualan motor Honda pada PT Eka Cipto Prima Sentosa Sooko Mojokerto. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan asosiatif, teknik pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi,kuisoner dan studi pustaka. Hasil penelitian yang di dapat menunjukkan bahwa variabel bauran pemasaran yang terdiri dari produk, harga, promosi dan distribusi, berpengaruh signifikan terhadap peningkatan penjulan motor Honda pada PT. Eka Cipto Prima Sentosa.
Kata Kunci: bauran pemasaran, produk, promosi, harga, tempat, penjualan, Honda
Abstract
Marketing Mix is the core of a company's marketing system that can be done to influence the demand for the products it produces. The variables of the marketing mix are product, price, promotion and distribution. From the descriPTion above, the authors conducted research at the Honda dealer at PT Eka Cipto Prima Sentosa Sooko Mojokerto, which is located on Jalan Ra. Basuni No. 146, Kec. Sooko, Kab. Mojokerto. The purpose of this study was to determine the effect of implementing the marketing mix consisting of the 4Ps, namely product (X1), promotion (X2), price (X3), and distribution (X4) on increasing sales of Honda motorbikes at PT Eka Cipto Prima Sentosa Sooko Mojokerto. This research uses quantitative research with an associative approach, data collection techniques by means of interviews, observation, questionnaires and literature study. The results of the research showed that the marketing mix variables consisting of product,promotion, price and distribution had a significant effect on increasing sales of Honda motorcycles at PT. Eka Cipto Prima Sentosa

Keywords: marketing mix, product, promotion, price, place, sale, Honda

Full Text:

Download PDF

References


Assauri, S. (2018). Manajemen Bisnis Pemasaran. PT. Rajagra Grafindo Persada.

Armstrong, G., Adam, S., Denize, S., & Kotler, P. (2020). Principles of marketing. Pearson Australia.

Anshori, M. (2019). Metodologi Penelitian Kuantitatif: Edisi 1. Surabaya: Airlangga University Press.

Ahmad Firman (2022). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Membeli Rumah. Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah Vol 5 No 2, Juni 2022.

Adrianah. (2017). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Volume Penjualan Pada P.T. Ardan Masogi Tbk Di Kota Pare-Pare. Jurnal Economix, 5(1), 11– 22.

Aneke Y. Punuindoong, Deysy Deyby Tinungki ,Johny R. E. Tampi (2018). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Tingkat Penjualan Motor Yamaha Mio M3 Pada PT. Hasjrat Abadi Cabang Tumpaan. Jurnal Administrasi Bisnis ISSN : 2338 - 9605 Vol. 6 No. 3.

Aisyah, C. L., Nirawati, L., 2021, Strategi Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Dalam Meningkatkan Volume Penjualan pada Industri Kerupuk UD. ADAM JAYA, Jurnal Revolusi Indonesia, 1(6), 472- 481,https://doi.org/10.1235/jri.v1i6.146

Anjani, H. D., 2018, Pengaruh Penerapan Bauran Pemasaran 7P Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Konsumen Pasar Tradisional (Doctoral dissertation, Universitas Gadjah Mada), Jogjakarta.

Batubara, A., Hidayat, R., 2019, Pengaruh Penetapan Harga dan Promosi terhadap Tingkat Penjualan Tiket pada PSA Mihin Lanka Airlines, Jurnal Ilman: Jurnal Ilmu Manajemen, 4(1).

Bintari, W. P., Cahya, A. D., Wulandari, N., 2021, Analysis of Marketing Strategy In An Effort to Attract Consumer Buying Interest On MSME Peyek Sari Menir Gunung Kidul, JIM UPB (Jurnal Ilmiah Manajemen Universitas Putera Batam), 9(2), 166-174. DOI: https://doi.org/10.33884/jimupb.v9i2.3720

Benyamin, A. P. 2019. Strategi Bauran Pemasaran (Marketing Mix Strategy) di Pasarkita Pamulang, Jurnal Pemasaran Kompetitif 2(3), 1–9

Borden, N. H.,1984, The ConcePT of the Marketing Mix, Journal of Advertising Research,Classics,2(SePTember)(Originallypublishedin1964):http://www.guillaumenicaise.com/wp-content/uploads/2013/10/Borden- 1984_The concePT-of-marketing-mix.pdf .

Bungin, B. (2017). Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial Lainnya (IN). Kencana.

Cendani, T. P. (2017). Pengaruh Marketing Mix 7p Terhadap Keputusan Pembelian Layanan Jasa Laundry Sepatu (Studi Pada Glow Shoes Care). Universitas Dian Nuswantoro Sematang.Creswell.(2019). Research Design Pendekatan Metode Kualitatif,Kuantitatif,dan Campuran.

Dwinanda, G., & Nur, Y. (2020). Bauran Pemasaran 7p Dalam Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen Pada Industri Retail Giant Ekspres Makassar. Jurnal Mirai Managemnt, 6(1), 120–136. https://journal.stieamkop.ac.id/index.php/mirai

Guisi, Z. Z. (2018). The Effect Of Marketing Mixed Strategy On Marketing Performance And Competitive Excellence In Shopping Mall In Badung And Denpasar Regency. JAGADHITA:Jurnal Ekonomi & Bisnis,5(1), 33-40.https://doi.org/10.22225/jj.5.1.438.33-40

Hedynata, M. L., dan Radianto, W. E. 2016. Strategi promosi dalam meningkatkan Penjualan luscious chocolate potato snack. Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis. 1(1). 87-96.

Ibad, S., R. Arifin, dan A. A. Priyono, 2018. Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa (Product, Price, Place, Promotion, Process, People, and Physical Evidence) Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus pada Jasa Transportasi CV King Tour And Travel). Jurnal Ilmiah Riset Manajemen, 7(02). 167-179

Idris, Junainah, 2021, Marketing Mix 4cs: Impact on Small And Medium Entrepreneurs (SMES) Marketing Performance, Proceeding of the 8th International Conference on Management and Muamalah 2021 (ICoMM 2021 pp. 221-226 ), e-ISSN: 2756-8938.

Lia Nirawati, Brilian Handika Darus (2021). Strategi Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Dalam Meningkatkan Penjualan Umkm Kaca Ukir “Eka Jaya Glass Art” Gilang Sidoarjo. Jurnal Ilmu Komputerdan Bisnis (JIKB) Vol. XII, No.1, hal.179-186.ISSN(P): 2087-3921;ISSN(E): 2598-9715.

Mustapha, B., 2017, Effects of Marketing Mix Strategy on Performance of Small Scale Businesses in Maiduguri Metropolitan, Borno State Nigeria, Journal of Marketing and Consumer Research, 31(2), 1-6. ISSN 2422-8451.

Nasution, M. I., Prayogi, M. A., Nasution, S. M. A., 2017, Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Volume Penjualan, Jurnal Riset Sains Manajemen, 1(1),1-12, DOI:10.5281/zenodo.1012560. Diakses dari http://ejurnal.id/index.php/jsm/article/view/5

Shofiana Syam (2022). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Volume Penjualan Motor Merek Yamaha Pada PT. Suraco Jaya Abadi Motor, Kota Makassar. Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah Vol 5 No 2, Juni 2022.

Winarno, S. T., Wahyuningtyas, D., Winarno, D. R., 2021, Mixed Marketing Strategy On Coffee Consumer Satisfaction At Cafe De Tropodo Sidoarjo, Agricultural Science, 5(1), 75-82, Sidoarjo.




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v6i2.4868

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics