Strategi Bauran Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Di Kedai Ms18 Lamongan

Nurul Qomaruddin, Budi Prabowo

Abstract


Kedai MS18 Lamongan merupakan bisnis yang bergerak dalam bidang food and baverages khususnya produk mie ayam sebagai objek penelitian ini. tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui strategi bauran pemasaran dalam meningkatkan volume penjualan pada kedai MS18 Lamongan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi yang berkaitan dengan strategi bauran pemasaran meliputi produk, harga, promosi, tempat, proses, tampilan fisik dan partisipasi oleh peneliti dalam mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang serta ancaman pada Kedai MS18 Lamongan. Berdasarkan penelitian ini didapatkan hasil IFAS yang menunjukkan kekuatan dengan skor 2,4 dan kelemahan dengan skor sebesar 0,80. Sedangkan hasil EFAS menunjukkan peluang dengan skor 2,95 dan ancaman dengan skor 0,60. Berdasarkan diagram analisis SWOT, kedai MS18 Lamongan menunjukkan pada kuadran I. pada kuadran ini menunjukan Mie ayam MS18 berada pada posisi yang menandakan perusahaannya dengan strategi pemasarannya yang mendukung strategi agresif pada berbagai peluang dan kekuatan yang dimilikinya. Perusahaan memiliki peluang dan kekuatan sehingga dapat memanfaatkan peluang yang ada secara maksimal. Strategi yang harus diterapkan dalam kondisi ini mendukung kebijakan pertumbuhan yang agresif ( Growth oriented strategy).

Kata Kunci: : Strategi Pemasaran, analisis SWOT, Volume Penjualan.

Abstract
MS18 Lamongan is a business engaged in the field of food and beverages, especially chicken noodle products as the object of this research. the purpose of this study is to determine the marketing mix strategy in increasing sales volume at the MS18 Lamongan store. The method used in thisstudy is a qualitative descriptive method and data collection techniques through in-depth interviews, observation, and documentation related to the marketing mix strategy including product, price, promotion, place, process, physical appearance and participation by researchers in identifying strengths, weaknesses , opportunities and threats at the MS18 Lamongan Shop. Ased on this study, the IFAS results showed strength with a score of 2.4 and weakness with a score of 0.80. While the EFAS results show an opportunity with a score of 2.95 and a threat with a score of 0.60. Based on the SWOT analysis diagram, the MS18 Lamongan shop is shown in quadrant I. In this quadrant, Mie Ayam MS18 is in a position that indicates its company with a marketing strategy that supports an aggressive strategy on the various opportunities and strengths it has. The company has opportunities and strengths so that it can take full advantage of existing opportunities. The strategy that must be applied in this condition supports an aggressive growth policy (growth oriented strategy).

Keywords: marketing strategy, SWOT analysis, saling volume.

Full Text:

Download PDF

References


Agustin, L. T. dan Sarsono. 2018. Pengaruh Lotus Of Control Eksternal Terhadap Impulsive Buying Pada Mahasiswa Dengan Jenis Kelamin Sebagai Variabel Moderator. Jurnal Penelitian dan Pengabdian. Volume 6(1): 1- 11.

Andrianto dan Anang Firmansyah. 2019. Manajemen Bank Syariah (Implementasi Teori dan Praktik. Jakarta : CV. Qiara Media

Anggreani, T. F. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Swot: Strategi Pengembangan Sdm, Strategi Bisnis, Dan Strategi Msdm (Suatu Kajian Studi Literatur Manajemen Sumberdaya Manusia). Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 2(5), 619-629.

Budio, S. 2019. Strategi Manajemen Sekolah. Jurnal Menata Volume 2, No. 2 Dahnan,R.M. 2018. Strategi pemasaran Beras Jagung Produksi UD Happy Jaya

Kranjingan Kabupaten Jember. Skripsi. Program Studi Manajemen Agroindustri Jurusan Manajemen Agribisnis. Politeknik Negeri Jember.

David, Fred.R. 2017. Manajemen Strategis: Konsep. Jakarta : Salemba Empat. Dosinaen, Y. P. R. P., & Sastika, W. (2019). Usulan Strategi Pemasaran Pada Pt Gunung Amal Solution International Dengan Menggunakan Analisis Strength, Weakness, Opportunity, Treath Dan Matriks Ifas Efas Tahun 2019. eProceedings of Applied Science, 5(2).

Fitria Rismawati, F., Wahyuni, S., & Widodo, J. (2019). Strategi Pemasaran Stp (Segmenting, Targeting, Positioning) Larissa Aesthetic Center Cabang Jember. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 13(2), 68.

Fitriyani, I., Sudiyarti, N., & Fietroh, M. N. (2020). Strategi manajemen bisnis pasca pandemi covid-19. Indonesian Journal of Social Sciences and Humanities, 1(2), 87-95.

Hikmawan, D. (2022). Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Pada Toko Ags Kuningan). Change Think Journal, 1(1), 50-59.

Kalam, K. K. (2020). Market Segmentation, Targeting and Positioning Strategy Adaptation for the Global Business of Vodafone Telecommunication Company. International Journal of Research and Innovation in Social Science (IJRISS), 4.

Kotler, P. Armstrong, G. (2018). Principle of Marketing 17th Edition, Pearson Education

Lestari, R. D. (2020). Analisis Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Volume Penjualan Mie Ayam Bakso Podomoro (Studi Kasus Desa Lubuk Seberuk Kecamatan Lempuing Jaya Oki SumSel). Adminika, 6(1), 135-143

Lestariorini.A.W. 2018 .Strategi Pemasaran Keripik Pisang Produksi UD Dwi Tunggal Lumajang. Skripsi. Program Studi Manajemen Agroindustri Jurusan Manajemen Agribisnis.Politeknik Negeri Jember.

Moleong, Lexy J. (2017). Metode Penelitian Kualitatif, cetakan ke-36, Bandung : PT. Remaja Rosdakarya Offset

Oktavia, A. Y. N., & Nirawati, L. (2021). Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Volume Penjualan pada Kedai Seblak Minguns. Jurnal Revolusi Indonesia, 1(8), 729-741.

Priansa, Donni Juni. 2017. Komunikasi Pemasaran Terpadu. Bandung : CV. PUSTAKA SETIA

Priansa, Donni Juni. 2017. Komunikasi Pemasaran Terpadu. Bandung: CV PUSTAKA SETIA

Purba, T. P. & Limakrisna, N. (2017). Manajemen Pemasaran Teori dan Aplikasi Dalam Bisnis di Indonesia. Jakarta: Mitra Wacana Media

Rangkuti, Freddy (2017). Teknik Membedah Kasus Bisnis : Analisis SWOT. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Rangkuti, Freddy. 2018. Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis Cara Perhitungan Bobot, Rating, dan OCAI. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Sanjaya, A. P. (2020). Analisis SWOT Dalam Penentuan Strategi Pemasaran Untuk Peningkatan Penjualan Mesin Diesel. Universitas Sanata Dharma Yogyakarta, 5(1), 55.

Satriadi. (2021). Manajemen pemasaran (Moh. Suardi). Jogja:Samudra Biru Sidiq, U., & Choiri, M. M. (2019). Metode penelitian kualitatif di bidang pendidikan. Ponorogo: CV Nata Karya.

Sinaga, E. D., & Derlini. (2017). Strategi Pengembangan Usaha Melalui Analisis Strength Weakness Opportunity Threat (SWOT) dan Identifikasi Kebutuhan Konsumen pada Usaha Produksi Sepatu. Jurnal Ilmiah: Jurutera, 4(2), 12–16

Sitorus, Onay Fitriana & Novelia Utami. (2017). Strategi Promosi Pemasaran.

Sugiyono, (2017). Metode Penelitian Bisnis (Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: CV Sunyoto, Danang. 2018. Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran (Konsep, Strategi, dan kasus) Edisi Ketiga. Jakarta : CAPS (Center Of Academic Publishing Service).

Tjiptono Fandy, Anastasia Diana (2020) Pemasaran : Penerbit Andi Yogyakarta Umar sidiq, sidiq (2019) Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan.

C Umara, A. D., & Prabowo, B. (2021). Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Pada Cafe Belly Buddy. Jurnal Disrupsi Bisnis, 4(5), 401-409. ETAKAN I . NATA KARYA, PONOROGO. ISBN 978-602-5774-41-6

Warnadi dan Aris Triyono. 2019. Manajemen Pemasaran Yogyakarta: Deepublish.

Widjaya, P.G. 2017. Analisis Segmenting, Targeting, Positioning dan Marketing Mix Pada PT. Murni Jaya. AGORA Vol. 5, No. 1, Hal. 1-8.




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v6i1.4896

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics