Pengaruh Karakteristik Kewirausahaan, Motivasi Usaha Dan Kemandirian Pribadi Terhadap Keberhasilan Usaha Pada Umkm Laundry Di Kabupaten Bekasi

Ahmad Saepudin, Wening Ken Widodasih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh karakteristik kewirausahaan, motivasi usaha, dan kemandirian pribadi terhadap keberhasilan usaha UMKM Laundry di Kabupaten Bekasi. Penelitian yang penulis gunakan ini menggunakan metode kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 30 responden pemilik usaha pada UMKM Laundry di Kabupaten Bekasi. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan menggunakan penghitungan software SPSS 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Secara individual, variabel karakteristik kewirausahaan memiliki pengaruh signifikan terhadap keberhasilan usaha UMKM Laundry di Kabupaten Bekasi. Namun, variabel motivasi usaha dan kemandirian pribadi tidak memiliki pengaruh signifikan yang dapat terlihat dari hasil uji signifikansi individu dengan nilai t hitung dan sig yang lebih besar dari tingkat signifikansi 0,05. Secara simultan, ketiga variabel tersebut memiliki pengaruh signifikan terhadap keberhasilan usaha. Hal ini ditunjukkan oleh hasil uji signifikansi simultan dengan nilai F hitung dan F sig yang lebih kecil dari tingkat signifikansi 0,05. Dalam penelitian ini, juga ditemukan bahwa karakteristik kewirausahaan, motivasi usaha, dan kemandirian pribadi secara bersama-sama dapat menjelaskan sekitar 51,7% variasi keberhasilan usaha UMKM Laundry di Kabupaten Bekasi. Sisanya, sekitar 48,2%, dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak dimasukkan dalam model penelitian.

References


Aini, N., & Widyarfendhi, W. (2019). Pengaruh Efikasi Diri Dan Motivasi Terhadap Keberhasilan Usaha. Jurnal Ilmu Manajemen Indonesia, 2(2), 184–195.

Alvinova, R., Salim, M. A., & Slamet, A. R. (2022). Pengaruh Motivasi Berwirausaha, Kemandirian Dan Efikasi Diri (Self Efficacy) Terhadap Keberhasilan Usaha Pada Penyandang Disabilitas Di Kota Malang. E-JRM: Elektronik Jurnal Riset Manajemen, 11(11).

Andriana, A. N. (2021). PERAN WIRAUSAHA DALAM PENGEMBANGAN UMKM DAN DESA WISATA. Penerbit Lakeisha. https://books.google.co.id/books?id=w74-EAAAQBAJ

Arif Yusuf Hamali, S. S. M. M. (2017). Pemahaman Kewirausahaan. Prenada Media. https://books.google.co.id/books?id=mOC2DwAAQBAJ

Bayu, Y. S. & K. (2013). Kewirausahaan ; Pendekatan Karakteristik Wirausaha Sukses (Ke-2). Kharisma Putra Utama.

Dewi, K., Yaspita, H., & Yulianda, A. (2020). Manajemen Kewirausahaan. Deepublish. https://books.google.co.id/books?id=qGfeDwAAQBAJ

Dr. A. A. Miftah, M. A., & Ambok Pangiuk, S. A. M. S. (2020). Budaya Bisnis Muslim Jambi dalam Perspektif Kearifan Lokal. Ahlimedia Book. https://books.google.co.id/books?id=hyH_DwAAQBAJ

Halida, U. M. (2020). TEORI PENGANTAR BISNIS (A. Fauzi (ed.)). Duta Media Publishing. https://books.google.co.id/books?id=RnslEAAAQBAJ

Komara, E. (2021). Model inkubator bisnis : menciptakan wirausaha millenial dimasa pandemi Covid 19. LD MEDIA.

Kuswiyata, P. (2018). Mengenal Laundry. Deepublish. https://books.google.co.id/books?id=S_1kDwAAQBAJ

Liswati, S. K. (2021). Produk Kreatif dan Kewirausahaan Teknik Komputer Jaringan SMK/MAK Kelas XII. Gramedia Widiasarana indonesia. https://books.google.co.id/books?id=b2oYEAAAQBAJ

Prof. Dr. H. A. Rusdiana, M. M. (2022). MANAJEMEN KEWIRAUSAHAAN KONTEMPORER: Pendekatan Teori dan Praktek. MDP. https://books.google.co.id/books?id=PCtfEAAAQBAJ

Rini, A. D., & Laturette, K. (2016). Relevansi Sikap Berakuntansi Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah Muda dan Penggunaan Informasi Akuntansi Terhadap Keberhasilan Usaha.

Steinberg, L. (2011). Adolescence (9th editio). McGraw Hill. http://103.255.240.157/stibethlib8/index.php?p=show_detail&id=1222

Sumaryanto. (2019). Kewirausahaan (Sulistiono (ed.)). Mutiara Aksara.

Sugiyono. (2016). Metodologi Penelitian: Kuantitatif,Kualitatif dan R&D (Edisi 2). ALFABETA,cv.




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v6i2.4923

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics