Pengaruh Kepercayaan Konsumen Pada Loyalitas Pengguna Fintech (Layanan Transaksi Online)

Muhajir Arman, Yana Ameliana, Aryati Arfah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji bagaimana pengaruh kepercayaan konsumen terhadap loyalitas pengguna Fintech di Kabupaten Soppeng Sulawesi Selatan. Pesatnya teknologi dan informasi tidak hanya dapat diraih di kota-kota besar namun juga hak dari seluruh penjuru Indonesia. Tidak terkecuali pada Kabupaten Soppeng mengalami perkembangan fintech. Namun, dengan semakin banyaknya layanan fintech yang tersedia, persaingan antar perusahaan fintech juga semakin ketat. Oleh karena, perusahaan fintech perlu memperhatikan faktor-faktor yang mempengaruhi loyalitas pengguna agar dapat mempertahankan pangsa pasarnya.Mempertahankan konsumen untuk tetap menggunakan sebuah platform layanan transaksi pembayaran online memerlukan keyakinan dari konsumen bahwa penggunaan Fintech memberikan kemudahan dalam kehidupan. Sehingga dibutuhkan kekuatan dalam menumbuhkan kepercayaan Konsumen. Hasilnya menunjukkan bahwa adanya kepercayaan konsumen terhadap loyalitas pengguna layanan transaksi online. Kepercayaan dari konsumen ini menjadi modal utama dalam mempertahankan pengguna agar tetap menggunakan platform Fintech. Adanya kepercayaan terhadap kemudahan transaksi, kemudahan dalam melakukan aktivitas sehari-hari menambah rasa diuntungkan dari pengguna sehingga meningkatkan loyalitas pengguna.
Kata Kunci: Fintech; Kepercayaan Pengguna; Loyalitas Pengguna

Full Text:

Download PDF

References


Abdillah, L. (2019). An Overview of Indonesian Fintech Application. . The First International Conference on Communication, Information Technology and Youth Study.

Abdillah, L. A., Rofiq, A. A., & Indriani, D. E. (2018). Informasi Pemanfaatan Teknologi Ramah Lingkungan untuk Pendidikan yang Lebih Tinggi . arXiv preprint arXiv:1811.10856.

Abdullatif, Z., Purnaningsih, N., & Simanjuntak, M. (2020). Analysis of Willingness to Lend in Peer-To-Peer Lending Applications. Russians Journal of Agricultural and Socio-Economic Sciences.

Amalia, A. (2018). Persepsi Kostumer dalam Menggunakan E-Money. Journal of Applied Managerial Accounting, 219-231.

Dzakiyah, U. W., Santi, S., & Indra, P. (2016). Efek dari Modal Belanja, Investasi, Jumlah Wisatawan dan Pertumbuhan Ekonomi Terhadap Pendapatan Asli Provinsi Papua. Jurnal Ekonomi dan Keuangan Publik, 105-128.

Fadli, F. (2016). Pengaruh Pertumbuhan Ekonomi terhadap Pendapatan Daerah. Jurnal Ilmu Ekonomi dan Pembangunan, 16.

Farida, I., Tarmzi, A., & November, Y. (2016). Analisis pengaruh pemasaran 7p terhadap kepuasan pelanggan pengguna gojek online. Journal of Management and Business Research, 31-40.

Grant, B., & Dollery, B. (2012). Autonomy versus oversight in local government reform. Australian Journal of Economic Development.

Heryani, I., Simanjuntak, M., & Maulana, A. (2020). Perilaku penggunaan internet banking sebagai alat transaksi finansial behavioral usage of internet banking as financial transaction tool. Jurnal Aplikasi Manajemen dan Bisnis, 86-95.

Jhingan, M. L. (2012). Pembangunan dan Perencanaan Ekonomi. Jakarta: Rajawali Press.

Kairupan, D. (2013). Aspek Hukum Penanaman Modal Asing dalam. Jakarta: Kencana.

Kinasih, B., & Albari, A. (2012). Pengaruh Persepsi Keamanan dan Privasi Terhadap Kepuasan dan Kepercayaan Konsumen Online. Jurnal Siasat Bisnis.

Kuncoro, M. (2014). Otonomi Daerah: Menuju Era Pembangunan Daerah Edisi Ketiga. Erlangga.

Kurniawan, A. (2017). Potensi Pertumbuhan Ekonomi di Papua Pasca Desentralisasi. Jurnal Ekonomi dan Pengembangan, 25-35.

Kurniawan, A., & Militina T, S. R. (2017). Pengaruh Investasi Swasta dan Pemerintah dalam Pengelolaan Sumber Daya Alam untuk Pertumbuhan Inovasi Ekonomi Digital. https://core.ac.uk/download/pdf/229018316.pdf, 68-77.

Mardiasmo. (2008). Pendapatan Daerah. Yogyakarta: Andi Ofset.

Mention, M. (2019). The Future of Fintech. Journals of Research Management.

Narayan, S. (2019). Apakah Fintech Penting Untuk Pertumbuhan Ekonomi Indonesia? Buletin Ekonomi Moneter dan Perbankan, 437-456.

Narayan, S., & Sahminan, S. (2018). Apakah Fintech Mempengaruhi Nilai Tukar dan Inflasi Indonesia? Buletin Ekonomi Moneter dan Perbankan , 177-190.

Nuraini, I., & Hariyani, H. (2019). Kualitas Ekonomi Daerah ditinjau dari Pemekaran Daerah di Indonesia. https://doi.org/10.23917/JEP.V20I1.7104, 80-86.

Rath, B., & Hermawan, D. (2019). Apakah Teknologi, Informasi dan Komunikasi Mendorong Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia? Buletin Ekonomi Moneter dan Perbankan, 103-122.

Rizal, M. (2018). Fintech Sebagai Salah Satu Solusi Pembayaran untuk UMKM. Journal of Thought and Research in Business Administration and Entrepreneurship.

Rizki, R., Agustin, G., & Mukhlis, I. (2016). Pengaruh Penanaman Modal Asing, Penanaman Modal Dalam Negeri Dan Belanja Modal Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Indonesia. Jurnal Ekonomi Studi Pembangunan, 9-16.

Rusdianasari, F. (2018). The Role of Financial Inclusion through Fintech Integration in Indonesian Financial System Stability. Journal Of Applied Quantitative Economics.

Stewarts, H., & Jürjens, J. (2018). Data security and consumer trust in FinTech innovation in Germany. Information and Computer Security, 109-128.

Sugiarti, E. N. (2019). Role of FIntech in Increasing Financial Literacy in Micro, Small and Medium Enterprises in Malang. E-JRA.

Utami, S. (2017). Efek dari Krisis Ekonomi terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia. https://doi.org/10.21511/imfi.14(1-1).2017.11, 248-253.

Wabiser, Y. D. (2020). Papua dari Pemekaran ke Pemekaran. Bandung: Widina Bakti Persada.

Wahab, M., Ahmed, V., & Mahmood, H. (2014). Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) dan Pertumbuhan Ekonomi Daerah. https://www.freit.org/WorkingPapers/Papers/Development/FREIT782.pdf, 29-56.




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v6i2.4944

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics