Upaya Membangun Kepuasan Pelanggan Melalui Menciptakan Kualitas Layanan, Persepsi Harga Dan Citra Merek

Risna Kurniasari, Alimuddin Rizal

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh dari kualitas layanan, persepsi harga dan citra merek terhadap kepuasan pelanggan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang pernah menggunakan layanan jasa Liggajaya Weeding Organizer Semarang. Metode pengambilan sampel yang akan digunakan yaitu purposive sampling dan ditetapkan sebesar 99 responden. Variabel yang digunakan dalam penelitian yaitu Kualitas Layanan, Persepsi Harga dan Citra Merek. Hasil penelitian disimpulkan bahwa kualitas layanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan, hal ini menunjukan bahwa semakin bagus kualitas layanan yang diberikan Linggajaya Weeding Organizer maka kepuasan pelanggan akan semakin meningkat. Persepsi harga tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan, karena murah atau mahalnya harga suatu produk/jasa bersifat relative dan tidak berpengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pelanggan yang telah menggunakannya. Citra merek berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan, hal ini menunjukan bahwa semakin baik citra merek yang diciptakan Linggajaya Weeding Organizer maka semakin tinggi kepuasan pelanggan yang akan tercipta.
Kata Kunci: Kualitas Layanan, Persepsi Harga, Citra Merek, Kepuasan Pelanggan

Full Text:

Download PDF

References


Arif and Fahmi, 2020. (2020). MANEGGGIO: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen. 3(2). https://doi.org/10.30596/maneggio.v3i2.5290

Dennisa, E. A., Santoso, S. B., & Manajemen, J. (2016). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan, dan Citra Merek terhadap Loyalitas Pelanggan melalui Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Intervening (Studi pada Klinik Kecantikan Cosmedic Semarang). DIPONEGORO JOURNAL OF MANAGEMENT, 5(3), 1–13. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/dbr

Herliza, R., & Saputri, M. E. (2016a). THE INFLUENCE OF BRAND IMAGE TO CUSTOMER SATISFACTION A CASE STUDY OF ZARA AT PVJ MALL BANDUNG. Agustus, 3(2), 1949.

Nurhidayati, M., & Kurnia Cahyani, N. (n.d.). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan dan Loyalitas Pengguna E-Channel pada Nasabah BSI KCP Ponorogo. In Journal of Islamic Banking and Finance (Vol. 1, Issue 2).

Pengaruh, A., Pelayanan, K., Harga, D., Kepuasan, T., Restoran, K., Hut, P., Jember, C., Kurniawati, T., Irawan, B., Prasodjo, A., & Manajemen, J. (n.d.). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, dan Brand Image Terhadap ….

Putra, R. (2021). DETERMINASI KEPUASAN PELANGGAN DAN LOYALITAS PELANGGAN TERHADAP KUALITAS PRODUK, CITRA MEREK DAN PERSEPSI HARGA (LITERATURE REVIEW MANAJEMEN PEMASARAN). 2(4). https://doi.org/10.31933/jemsi.v2i4

Sauzhana, K., Sahroma, P., Anasrulloh, M., Kunci, K., Pelayanan, K., & Pengguna Jasa, K. (n.d.-a). HUMANTECH JURNAL ILMIAH MULTIDISIPLIN INDONESIA PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN PROMOSI TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA JASA PADA NADZIRA WEDDING ORGANIZER TULUNGAGUNG.

Setyowati, E., & Wiyadi, D. (n.d.). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, HARGA, DAN CITRA MEREK TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DENGAN KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL PEMEDIASI.

Stie, I. K., & Malang, A. (n.d.). PERSEPSI HARGA, PERSEPSI MEREK, PERSEPSI NILAI, DAN KEINGINAN PEMBELIAN ULANG JASA CLINIC KESEHATAN (STUDI KASUS ERHA CLINIC SURABAYA). https://doi.org/10.9744/pemasaran.7.4.25-32

Studi, P., Skripsi, M., & Ekonomi, S. (n.d.). FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS MULTI DATA PALEMBANG.

Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan r&d (1, Ed.). Alfabeta.

Indrasari, meithiana. PEMASARAN DAN KEPUASAN PELANGGAN. Surabaya: Unitomo Press, 2019.




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v6i2.5053

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics