Analisis Inovasi Berkelanjutan UMKM Mumubutikue Medan Dalam Perspektif Ekonomi Islam

Yuli Noviah Munthe, Marliyah Marliyah, Rahmat Daim Harahap

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis inovasi berkelanjutan UMKM Mumubutikue Medan dalam perspektif ekonomi Islam. Dengan fokus penelitian menganalisis inovasi pada produk, inovasi pada proses, inovasi pada pemasaran dan inovasi dalam perspektif ekonomi Islam. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini ialah pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode observasi dan wawancara. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa Mumubutikue telah melakukan inovasi pada rasa dan bentuk kue khas Melayu Medan dengam menambahkan varian rasa dan toping. Kemudian sudah melakukan inovasi pada proses produksinya yang sudah menggunakan teknologi. Kemudian inovasi pada pemasarannya yang sudah go-digital. Serta inovasi dalam perspektif ekonomi Islam yaitu produk-produk yang ada di Mumubutikue sudah bersertifikasi halal dari BPJPH. Dapat disimpulkan bahwa Mumubutikue dalam perkembangannya telah melakukan inovasi berkelanjutan walaupun terdapat beberapa kendala demi mempertahankan kearifan lokal kue khas daerah Melayu Medan.

Kata Kunci: Inovasi Berkelanjutan, UMKM, Sertifikasi Halal

Abstract
This study aims to analyze the sustainable innovation of UMKM Mumubutikue Medan in the perspective of Islamic economics. With a research focus on analyzing product innovation, process innovation, marketing innovation and innovation in an Islamic economic perspective. The approach used in this study is a descriptive qualitative approach with observation and interview methods. The results in this study indicate that Mumubutikue has made innovations in the taste and shape of Medan Malay cakes by adding flavors and toppings. Then it has made innovations in the production process that already uses technology. Then innovation in marketing that has gone digital. As well as innovation in an Islamic economic perspective, namely the products in Mumubutikue are halal certified from BPJPH. It can be concluded that in its development, Mumubutikue has carried out continuous innovations even though there are several obstacles in order to maintain the local wisdom of Medan Malay cakes.

Keywords: Sustainable Innovation, MSMEs, Halal Certification

Full Text:

Download PDF

References


Ahmad, B. (2020). Analisis Respon Pelaku Usaha Minuman Kopi (Coffee Shop) Terhadap Kewajiban Sertifikasi Halal. Jurnal Ekonomika Dan Bisnis Islam, 3(2), 165–174. https://doi.org/10.26740/jekobi.v3n2.p165-174

Aprilia, S., & Priantina, A. (2022). Analisa Strategi Peningkatan Sertifikasi Halal. IJMA: International Journal Mathla’ul Anwar of Halal Issues, 2(1), 50–71.

Fatimah, R. (2019). INOVASI PADA UMKM PAKAIAN MUSLIM DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN NILAI-NILAI KEISLAMAN SEBAGAI SUSTAINABLE COMPETITIVE ADVANTAGE ASEP MAKSUM, Rika Fatimah, ST, M.Sc, Ph. D.

fuadi, andri soemitra, juhrinal M. N. (2022). No Title. Studi Literatur Implementasi Sertifikasi Halal Produk Umkm.

Gustina, L., Novita, W., & Triadi, Y. (2022). Pengaruh E-Commerce Terhadap Peningkatan Pendapatan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Di Kota Padang. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, 4(1), 152–161. https://doi.org/10.47233/jteksis.v4i1.392

Imsar, Nasution, J., & Ndraha, A. A. (2022). Analisis Pengaruh Pembiayaan Paket Masa Depan (PMD) Terhadap Pertumbuhan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan Peningkatan Pendapatan …. 3, 20–30. http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/14635%0Ahttp://repository.uinsu.ac.id/14635/1/Skripsi Analisis Pengaruh Pembiayaan Paket Masa Depan %28PMD%29 Terhadap Pertumbuhan UMKM dan Peningkatan Pendapatan Nasabah.pdf

kharina Tambunan, N. A. (2022). UMKM Dan Pembangunan. Manajemen Dan Ekonomi Bisnis, Vol 2 No.2, 228–235.

Mar, D., & Qadariyah, L. (2022). Sertifikasi Halal Pada Produk Pangan Olahan Salak. 5(33).

Nasution, J., Zakat, P., & Waspada, D. D. (n.d.). TERHADAP MINAT BERZAKAT DI DOMPET DHUAFA WASPADA. 83–99.

Pranjoto, R. G. H. (2021). Kreativitas Dan Inovasi Dalam Islam Terhadap Keberlangsungan Umkm Di Masa Pandemi Covid-19 Di Indonesia. Competence : Journal of Management Studies, 15(1), 14–31. https://doi.org/10.21107/kompetensi.v15i1.10556

Rohmatillah, I. (2022). Analisis Penerapan Sertifikasi Halal Dalam Meningkatkan Omset, Ketahanan, Danpengembangan Usaha. http://digilib.uinkhas.ac.id/16327/1/Indah Rohmatillah_203206060013.pdf

Satyarini, R., & Fitriani, K. (2018). Analisis inovasi berkelanjutan pada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) industri busana muslim di Kota Bandung. 227.

Savitri Noor, L., Derriawan, & Soebagyo. (2019). Inovasi UMKM Boga Tradisional Dalam Mencapai Keunggulan Bersaing. JRB-Jurnal Riset Bisnis, 2(1), 70–83. https://doi.org/10.35592/jrb.v2i1.258

Siregar, N. K., & Yafiz, M. (2023). Potensi Dan Peran Zakat Terhadap Peningkatan Kesejahteraan Usaha Mikro Kecil Menengah ( Studi Kasus terhadap Balai Bina Mandiri Medan Denai ). 2(1), 54–73.

Susdiani, L. (2020). Analisis Pengaruh Inovasi Terhadap Kinerja Umkm Pada Industri Kreatif Di Kota Padang. Procuratio: Jurnal Ilmiah Manajemen, 8(4), 450–465.

syafitri, Ayuni, Tambunan, K. (2022). Analisis Pembiayaan Kur Mikro dalam Meningkatkan Pendapatan Nasabah di BSI KCP Pulo Brayan. Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi Dan Manajemen (JIKEM), 1(1), 129–138.

Wahyudi, B. (2022). Analisis Implementasi Sertifikasi Halal Pada UMKM di Kabupaten Banyuwangi (Studi Pada UMKM Makanan dan Minuman di Kabupaten Banyuwangi). http://digilib.uinkhas.ac.id/15050/1/TESIS BIBIT WAHYUDI ESY 2022.pdf

Yani, D. A., Silalahi, P. R., & Tambunan, K. (2022). Analisis Kinerja UMKM Berbasis Ekonomi Kreatif (Studi Kasus Bubuk Kopi). Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi Dan Manajemen (JIKEM), 2(1), 78–81.

Yusrizal, Nasution, Juliana, Chair, M. (2023). peran restoran ganda dalam mendukung wisata kuliner halal di kota medan (studi kasus : restoran garuda jl. h. adam malik no. 14 medan. Manajemen Akuntansi (Jumsi), 3 no., 821–831.




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v6i2.5055

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics