Peran Konten Marketing Terhadap Pembelian Online Produk Sepatu Melalui Online Customer Review

Sarnawiah Sarnawiah, Ummul Chair, Hamka Hamka, Adnan Hasan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi peran konten marketing dalam mempengaruhi keputusan pembelian online produk sepatu, dengan menggunakan online customer review sebagai variabel intervening. Studi ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dan mengumpulkan data melalui survei online kepada konsumen yang telah melakukan pembelian produk sepatu secara online. Sampel dalam penelitian ini adalah orang yang pernah melakukan pembelian sepatu secara online dan berdomisili di Provinsi Sulawesi Selatan. Metode pengumpulan data melalui penyebaran kusioner menggunakan google form yang akan disebar melalui media sosial. Skala pengukuran menggunakan skala Likert pada skala lima point yaitu sebagai berikut: 1 = Sangat Tidak Setuju, 2 = Tidak Setuju, 3 = Setuju, 4 = Sangat Setuju. Jumlah sampel sebanyak 200 responden dengan penentuan beberapa kriteria yang diperoleh melalui jumlah minimum sampel yang sebaiknya dipakai adalah 10 kali dari jumlah seluruh panah variable laten pada model jalur atau 10 kali dari jumlah indikator (Hair et al., 2017). Teknik analisis data dengan melalui analisis jalur (path analysis) menggunakan software Smart-PLS. Konten video yang menarik dan mampu menggambarkan manfaat serta keunggulan-keunggulan produk akan mampu membuat konsumen melakukan keputusan pembelian. Hasil penelitian menunjukkan konten video marketing berpengaruh positif dan signifikan bagi konsumen dalam melakukan keputusan pembelian produk sepatu di platform pembelanjaan online. display produk sepatu yang ditampilkan cukup menarik dan mampu menarik minat konsumen dalam melakukan pembelian. Media sosial dengan berbagai fiturnya mampu mempengaruhi motivasi konsumen dalam hal minat beli. Online Customer Review yang positif terbukti mampu mempengaruhi konsumen dalam keputusan pembelian. konten video yang berkualitas, informatif dan menarik mampu meningkatkan review positif dari konsumen yang berdampak pada peningkatan keputusan pembelian produk sepatu. display produk dalam bentuk visual yang ditampilkan belum mampu meningkatkan review positif dari konsumen yang kurang berdampak pada terjadinya keputusan pembelian produk sepatu. pemasaran produk sepatu melalui media sosial, kurang mampu meningkatkan review positif dari konsumen dan tidak berdampak pada keputusan pembelian produk sepatu.

Kata Kunci: Konten Marketing; Pembelian Online Produk Sepatu; Customer Review.

Full Text:

Download PDF

References


Abbas, M. (2023). Relationship between Service Quality and Customer Satisfaction. Advances in Business & Industrial Marketing Research, 1(2). https://doi.org/10.60079/abim.v1i2.87

Azhari, A., & Utari, N. (2023). Banking Customer Loyalty: Unveiling the Role of Customer Relationship Marketing and Customer Value. Advances in Business & Industrial Marketing Research, 1(2). https://doi.org/10.60079/abim.v1i2.94

Bakri, M. (2023). The Influence of Brand Image and Price on Toyota Avanza Car Purchasing Decision. Advances in Business & Industrial Marketing Research, 1(2). https://doi.org/10.60079/abim.v1i2.79

CNN Indonesia. (2021). Data Kemendag, Nilai Pasar Fesyen Indonesia Tembus Rp228 T. Cnnindonesia.Com. https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20211111160521-92-719847/data-kemendag-nilai-pasar-fesyen-indonesia-tembus-rp228-t

Dzulqarnain, I. (2019). Pengaruh Fitur Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pada Marketplace Shopee. Universitas Jember.

Elwalda, A., Lü, K., & Ali, M. (2016). Perceived derived attributes of online customer reviews. Computers in Human Behavior. https://doi.org/10.1016/j.chb.2015.11.051

Hair, J. F., Hult, G. T. M., Ringle, C. M., & Sarstedt, M. (2017). A primer on partial least squares structural equation modeling (PLS-SEM) (2e ed.). Sage.

Hasan, A. (2023). The Influence of Brand and Country of Origin on Mobile Phone Purchasing Decisions. Advances in Business & Industrial Marketing Research, 1(2). https://doi.org/10.60079/abim.v1i2.78

Hidayat, S., Suryantoro, H., & Wiratama, J. (2017). Pengaruh Media Sosial Facebook Terhadap Perkembangan E–Commercedi Indonesia. Simetris : Jurnal Teknik Mesin, Elektro Dan Ilmu Komputer, 8(2). https://doi.org/10.24176/simet.v8i2.1165

Humaira, A. (2020). Spire Insight: Industri Sepatu Indonesia Potensi Besar Produk Dalam Negeri. Technobusiness.Id. https://technobusiness.id/insight/spire-insights/2020/02/20/industri-sepatu-indonesia-potensi-besar-produk-dalam-negeri/

Jashari, F., & Rrustemi, V. (2016). The Impact of Social Media on Consumer Behavior in Kosovo. SSRN Electronic Journal, 7(1). https://doi.org/10.2139/ssrn.2850995

Kemper, J. (2017). The Power of Online Customer Reviews in Fashion E-Commerce - an Empirical Analysis across Categories and Brands. Proceedings of the 25th European Conference on Information Systems (ECIS), Guimarães, Portugal, June 5-10, 2017.

Kosasih, V. A. (2017). Perencanaan Strategi Pemasaran Online untuk End-User Pant of Shoes Berdasarkan SWOT. PERFORMA: Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis.

Larasati, R. P. (2015). Pengaruh Online Visual Merchandising (Product Display Method Element) Terhadap Perceived Product Quality, Perceived Risk Dan Purchase Intention Pada Click … [repository.unair.ac.id]. https://repository.unair.ac.id/39631/

Latief, F., & Murti, R. S. (2023). Factors Influencing Consumer Decisions to Purchase Hijab Products Online on Instagram Social Media. Advances in Business & Industrial Marketing Research, 1(2). https://doi.org/10.60079/abim.v1i2.90

Maidasari, E., Narundana, V. T., & Lolyana, R. (2021). Pengaruh Promosi Video Marketing Dan Kesadaran Merek Dalam Mempengarui Keputusan Pembelian Konsumen Yamaha. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 11(2), 128 – 137.

Prayogi, B. S., Sumowo, S., & Nursaidah, N. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Lokasi, Promosi Dan Pemasaran Digital Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Sepatu Specs (Studi Kasus Di Toko Andra Sports Ambulu). Bisnis-Net Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 4(2). https://doi.org/10.46576/bn.v4i2.1696

Putra, E. (2020). Pengaruh Promosi Melalui Sosial Media Dan Review Produk Pada Marketplace Shopee Terhadap Keputusan Pembelian ( Studi pada Mahasiswa STIE Pasaman ). Jurnal Apresiasi Ekonomi, 8(3), 467–474. https://doi.org/10.31846/jae.v8i3.298

REPUBLIKA. (2020). Penjualan Online Sepatu Nike Melonjak 82 Persen. REPUBLIKA.CO.ID. https://ekonomi.republika.co.id/berita/qh3jr1370/penjualan-online-sepatu-nike-melonjak-82-persen

Salsabila, M., & Ratnasari, A. (2022). Promosi Produk Footwear di Instagram. Bandung Conference Series: Communication Management. https://doi.org/10.29313/bcscm.v2i1.1776

Shadrina, A. N., Fathoni, M. A., & Handayani, T. (2021). Pengaruh Trendfashion, Gaya Hidup, Dan Brand Image Terhadap Preferensi Fashion Hijab. Journal of Islamic Economics (JoIE), 1(2). https://doi.org/10.21154/joie.v1i2.3224

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Wahyudi, T. (2019). Pengaruh Online Customer Review Dan Online Customer Rating Terhadap Kepercayaan Konsumen Remaja Kota Mataram Pada Pembelian Produk Fashion Shopee Online Shop. Jurnal Riset Manajemen, 19(1). https://doi.org/10.29303/jrm.v19i1.33




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v6i2.5216

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics