Analisis Kinerja Berdasarkan Kepmendagri Nomor 47 Tahun 1999: Studi Kasus PDAM Tirta Bukae Kabupaten Luwu Utara Periode Tahun 2022

Wiwin Wiwin, Madris Madris, Sabir Sabir

Abstract


Kinerja adalah hasil dari pelaksanaan kegiatan yang memiliki tujuan untuk mengukur tingkat keberhasilan perusahaan yang diperoleh dengan mengacu pada ketentuan yang telah disepakati bersama. Tujuan daripada peneliti melakukan penelitian ini adalah guna memperoleh informasi terkait kapasitas kinerja PDAM Tirta Bukae Luwu Utara dengan berpedoman pada 3 aspek yakni, aspek operasional, keuangan, serta administrasi dengan mengacu pada Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 47 Tahun 1999. Data yang digunakan pada penelitian kali ini yakni dari tahun 2020 dan 2022 yang terdiri atas data aspek operasional, keuangan, dan administrasi. Analisis data yang dipergunakan pada penelitian yang dilakukan peneliti yakni metode kuantitatif dengan menggunakan pendekatan penelitian analisis deskriptif evaluative. Hasil penelitian ini menunjukkan PDAM Tirta Bukae pada periode 2022 ada pada kriteria rendah dikarenakan kurang optimalnya pelayanan terhadap pelanggang sehingga laba yang dihasilkan juga rendah sedangkan pada tahun 2022 berada pada predikat kinerja cukup disebabkan masih belum maksimalnya kinerja beberapa aspek seperti aspek administrasi sehingga PDAM Tirta Bukae masih belum mampu memperoleh predikat kinerja baik.

Kata Kunci: Kinerja, Aspek Operasional, Aspek Keuangan, Aspek Administrasi

Full Text:

Download PDF

References


Endah Tri Winarni, Djoko Kristianto, & Fadjar Harimurti. (2016). Analisis Kinerja Keuangan Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Makmur Kabupaten Sukoharjo Berdasarkan Keputusan Menteri Dalam Negeri No. 47 Tahun 1999. Jurnal Akuntansi dan Sistem Teknologi Informasi, 12(1), 81–87.

Enny Radjab, & Andi Jam’an. (2017). Metodologi Penelitian Bisnis. LPP Unismuh Makassar.

Kepmendagri Nomor 47 Tahun 1999.

Mintarti, S. (2012). Analisis Kinerja Keuangan Perusahaan Daerah Air Minum Kota Samarinda. Dalam Forum Ekonomi (Nomor 2).

Mulyadi. (2001). Akuntansi Manajemen Edisi 3. Salemba Empat.

Riduwan. (2018). Metode dan Teknik Menyusun Tesis (cetakan ke 11). Alfabeta.

Rosalin, H., & Adhimursandi, D. (2021). Inovbiz Integration Of Importance-Performance Analysis (Ipa) And Kano In Improving Service Quality In Pdam District Penajam Paser Utara. Dalam Inovbiz: Jurnal Inovasi Bisnis (Vol. 9). www.ejournal.polbeng.ac.id/index.php/IBP

Sawir Agnes. (2001). Analisis Kinerja Keuangan dan Perencanaan Keuangan. PT. Gramedia Pustaka Utama.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v6i2.5217

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics