Pengaruh Digital Marketing, Dan Inovasi Produk Apple pada Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Keputusan Pembelian di PT Erajaya Swasembada Tbk

Muhamad Abdul Muis, Supartono Supartono, Kurbandi Satpatmantya BR

Abstract


Pandemi Covid-19 membawa perubahan terhadap keputusan pembelian salah satunya aktivitas dilakukan dirumah contohnya seperti pekerja, konten creator, mahasiswa hingga anak – anak sekolah sangat membutuhkan device yang memadai untuk kebutuhan sehari – hari mereka, dengan keunggulan produk apple yang sudah diketahui semua orang sehingga perusahaan apple memanfaatkan momen ini sebagai salah satu peluang ditengah krisis ekonomi di tengah pandemi covid – 19, dapat dilihat dari banyaknya konten creator baru yang bermunculan di sosial media. Dengan fitur kamera yang sudah jernih dan pengambilan gambar ataupun video yang sudah high quality yang dilengkapi dengan kualitas video 4k menjadikan konten terasa lebih profesional. banyak sebagian orang untuk membeli produk apple di saat pandemi untuk kebutuhan terbaru mereka. Produk apple yang di jual di Indonesia ada di perusahaan bonafit milik PT Erajaya Swasembada Tbk yaitu tenant yang bernama iBox. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dikarenakan data yang akan diolah merupakan data rasio dan yang menjadi fokus dari penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya pengaruh antar variabel yang teliti. Berdasarkan tabel tersebut, diperoleh nilai F hitung yaitu 34,369. Diketahui jika nilai F tabelnya 2,70 dan diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000. Hasilnya menunjukkan bahwa nilai F hitung lebih besar dari nilai F tabel (34, 369> 2,70) dan nilai dari signifikansi lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05). Jadi disimpulkan bahwa maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti digital marketing dan inovasi produk secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian.

Kata Kunci: Keputusan Pembelian, Digital Marketing, Inovasi Produk

Full Text:

Download PDF

References


Aryadi, M. A., & Putri, K. Y. S. (2022). Pengaruh Digital Marketing Berbasis Social Media Tiktok terhadap Keputusan Pembelian Mi Sehat Lemonilo. Avant Garde, 10(01), 145-153.

Ghozali, I. (2013). Aplikasi analisis multivariate Dengan Program IBM SPSS 25 Edisi 9. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, I. (2021). Aplikasi analisis multivariate Dengan Program IBM SPSS 26 Edisi 10. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Indriyani, T. W., Purwanti, I., & Lailyningsih, D. R. N. (2021). Kualitas layanan, inovasi produk dan harga terhadap keputusan pembelian di masa pandemi covid-19 (Studi pada Konsumen Dapur Kopi Lamongan). Media Komunikasi Ilmu Ekonomi, 33(2), 22-34.

Khoziyah, S., & Lubis, E. E. (2021). Pengaruh Digital Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Followers Online Shop Instagram@ Kpopconnection. Jurnal Ilmu Komunikasi (JKMS), 10(1), 39-50.

Kurdi, B., Alshurideh, M., Akour, I., Alzoubi, H., Obeidat, B., & Alhamad, A. (2022). The role of digital marketing channels on consumer buying decisions through eWOM in the Jordanian markets. International Journal of Data and Network Science, 6(4), 1175-1136.

Mewoh, F. M., Tampi, J. R., & Mukuan, D. D. (2019). Pengaruh Digital Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Pada Matahari Department Store Manado Town Square. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 9(1), 35-42.

Prambudi, R., Rakhmat, C., & Arisman, A. (2022). Pengaruh digital marketing terhadap keputusan pembelian di masa pandemi covid-19: Survei Pada Konsumen Baju Koko Purnama Kawalu Kota Tasikmalaya. JISMA: Jurnal Ilmu Sosial, Manajemen, dan Akuntansi, 1(4), 465-470.

Putri, P. M., & Marlien, R. A. (2022). Pengaruh Digital Marketing terhadap Keputusan Pembelian Online. Jesya (Jurnal Ekonomi dan Ekonomi Syariah), 5(1), 25-36.

Purwanto, M. T. (2022). Pengaruh inovasi produk terhadap keputusan pembelian produk wardah melalui word of mouth di kabupaten brebes. Jurnal Strategik, 10(1).

Rachman, T. (2021). Pengaruh Inovasi Produk, Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone ASUS di Bekasi. Jurnal Pelita Ilmu, 15(01), 43-52.

Saputra, G. W., & Ardani, I. G. A. K. S. (2020). Pengaruh digital marketing, word of mouth, dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 9(7), 2596.

Utama, D. C., Arista, R., Fitriyanto, F., & Raharjo, A. (2019). Pengaruh Inovasi Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda di Kota Bekasi. Jurnal Mitra Manajemen, 3(7), 767-779.




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v6i2.5244

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics