Perancangan Model Bisnis Produk Pembenah Tanah Asam Humat Pada Pt Xyz Dengan Metode Business Model Canvas (Bmc)

Shafira Nurulita Putri, Farda Hasun, Budi Sulistyo

Abstract


Peningkatan produktivitas lahan untuk memperkuat ketahanan pangan dapat dilakukan dengan menggunakan produk pembenah tanah. PT XYZ merupakan lembaga penelitian pertanian di Kota Bogor yang telah mengkomersilkan produk pembenah tanah asam humat, namun penjualan produk saat ini belum dapat mencapai target. Beberapa penyebabnya adalah kurangnya promosi, minimnya jumlah dan kemampuan SDM dalam melakukan penjualan dan karakter bahwa produk pembenah tanah merupakan produk pendamping pertanian yang tentunya mempengaruhi upaya pemasaran yang diperlukan. Permasalahan tersebut perlu diatasi secara simultan, untuk itu perlu dilakukan evaluasi atas model bisnis saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dan merancang model bisnis menggunakan Business Model Canvas. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif menggunakan data hasil wawancara dengan pihak perusahaan untuk mengetahui model bisnis yang saat ini, wawancara dengan pengguna produk untuk mengetahui profil konsumen dan data lingkungan bisnis dari studi dokumentasi untuk mengetahui peluang atau ancaman apa yang dihadapi perusahaan. Hasil penelitian berupa masukan untuk perbaikan model bisnis perusahaan yaitu pada blok customer segment dengan membentuk niche market untuk segmen pelanggan individu (B2C), menambah segmen pelanggan bisnis (B2B) yaitu perusahaan pertanian ataupun non-pertanian dan komunitas yang bergerak di bidang pelestarian lingkungan, menambah segmen pelanggan instansi (B2G) mulai dari pemerintah pusat sampai dengan pemerintah desa, menawarkan value proposition baru yaitu jasa konsultansi pengelolaan lahan untuk segmen B2B dan B2G dengan konsekuensi perubahan pada blok revenue stream terkait jasa tersebut.

Kata kunci: Pembenah Tanah, Model Bisnis, Business Model Canvas

Full Text:

Download PDF

References


Ahdiat, A. (2022, December 2). Ketahanan Pangan Indonesia Menguat pada 2022. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/12/02/ketahanan-pangan-indonesia-menguat-pada-2022

Bland, D. J., & Osterwalder, A. (2021). Testing Business Ideas. Wiley.

Clark, T. (2012). Business Model YOU. Wiley.

Danga, C. M., Hutagalung, J., Mujiyanto, M., Ramayanti, S., & Rachman, S. (2023). KETAHANAN PANGAN DALAM EKONOMI PERTAHANAN. In L. Y. Prakoso, C. M. Danga, & J. Hutagalung (Eds.), CV WIDINA MEDIA UTAMA. CV WIDINA MEDIA UTAMA.

Dariah, A., Sutono, S., Nurida, N. L., Wiwik Hartatik, & Etty Pratiwi. (2015). Pembenah Tanah untuk Meningkatkan Produktivitas Lahan Pertanian. Jurnal Sumberdaya Lahan, 9(2), 67–84.

David, F. R., & David, F. R. (2017). Strategic Management (Sixteenth). Pearson. www.ebook3000.com

GÜREL, E. (2017). SWOT ANALYSIS: A THEORETICAL REVIEW. Journal of International Social Research, 10(51), 994–1006. https://doi.org/10.17719/jisr.2017.1832

Kurniasih, D., Rusfiana, Y., Subagyo, A., & Nuradhawati, R. (2021). Teknik Analisa. Alfabeta. www.cvalfabeta.com

Osterwalder, A., & Pigneur, Y. (2010). BUSINESS MODEL GENERATOR. WILEY.

Osterwalder, A., Pigneur, Y., Bernarda, G., & Smith, A. (2014). Value Proposition Design. Wiley.

The Economist Group. (2022). Global Food Security Index 2022. http://economistimpact.

Wiswasta, I. G., Agung, I. G., & Tamba, I. M. (2018). Analisis SWOT (Kajian Perencanaan Model, Strategi, Dan Pengembangan Usaha). Universitas Mahasaraswati Press. www.unmas.ac.id




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v6i2.5411

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics