Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Memilih Sekolah

Mochamad Anwar Riansyah, Azizah Fauziyah, Ghia Ghaida Kanita

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat gambaran mengenai strategi pemasaran (marketing mix) dan juga gambaran tentang keputusan konsumen di SMA Bina Dharma 1 Bandung, sebuah sekolah menengah atas swasta yang terletak di Kota Bandung dan telah meraih akreditasi A. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh dari strategi pemasaran (marketing mix) terhadap keputusan konsumen dalam proses pemilihan sekolah di SMA Bina Dharma 1 Bandung. Sekolah ini berhasil mempertahankan eksistensinya dan berhasil bersaing di tengah persaingan dengan sekolah-sekolah lainnya. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif verifikatif. Proses pengumpulan data dilakukan melalui studi pendahuluan yang melibatkan observasi di sekolah, wawancara dengan staf sekolah, dan distribusi kuesioner kepada siswa sebagai alat pengumpulan data. Populasi penelitian terdiri dari 83 siswa, dengan sampel sebanyak 46 siswa yang diambil menggunakan metode sampel purposive. Hasil dari gambaran umum penelitian menunjukkan bahwa baik gambaran dari Marketing mix maupun keputusan konsumen di SMA Bina Dharma 1 Bandung memiliki persentase yang cukup positif. Dari hasil analisis data yang meliputi penggunaan uji t dan regresi linear sederhana, ditemukan adanya pengaruh positif antara variabel Marketing mix dan keputusan konsumen sebesar 51%. Ini menunjukkan bahwa semakin efektif implementasi Marketing mix, semakin besar kemungkinan siswa akan memilih SMA Bina Dharma 1 Bandung sebagai pilihan sekolah. Namun, perlu dicatat bahwa terdapat faktor-faktor lain yang juga berperan dalam pengambilan keputusan siswa, namun faktor-faktor tersebut tidak diakomodasi dalam lingkup penelitian ini.

Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Keputusan Konsumen, pendidikan, Bandung

Full Text:

Download PDF

References


Amirullah. (2015). POPULASI DAN SAMPLE (Pemahaman, jenis dan teknik) (pp.67–80). Bayumedia Publishing Malang.

Arikunto, S. (2016). Manajemen Penelitian. PT Rineka Cipta.

Azwar, S. (2020). Penyusunan Skala Psikologi (2nd ed.). Pustak a Pelajar.

Buchari, A. (2011). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Alfabeta.

Buchari, A., & Hurriyati, R. (2009). Manajemen Corporrate dan Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan Fokus Pada Mutu dan Layanan Prima. Alfabeta.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25 (9th ed.). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Irawan, I. C. (2018). Analisis pengaruh bauran pemasaran jasa terhadap keputusan wali murid memilih sekolah dasar. 7(2), 263–276. https://doi.org/10.14414/jbb.v7i2.1382

Kamaludin. (2018). ANALISIS PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM MEMILIH SMK MUHAMMADIYAH 1 YOGYAKARTA.

Khasanah, A. (2015). Pemasaran Jasa Pendidikan Sebagai Strategi Peningkatan Mutu Di SD Alam Baturaden. Jurnal EL-Tarbawi, VIII(2), 161–176. https://doi.org/10.20885/tarbawi.vol8.iss2.art4

Kotler, P., & Armstrong, G. (2019). Prinsip-Prinsip Pemasaran (A. Maulana, D. Barnadi, & W. Hardani (eds.); 12th ed.). Erlangga.

Kotler, P., Armstrong, G., & Opresnik, M. O. (2018). Principles of Marketing (Electronic Version).

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management. In Pearson Education Limited (Vol. 15).

Kotler, P., Wong, V., Saundres, J., & Amstrong, G. (2005). Principles of Marketing. (Fourth Eur). Pearson Education. Gunawan, B.I. (2017), The Influence of Exotic Service Quality Towards Overall Satisfaction at Hotels in Makassar. New Delhi: Serialjournals.

Labaso, S. (2019). Penerapan Marketing Mix sebagai Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan di MAN 1 Yogyakarta. MANAGERIA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(2), 289–311. https://doi.org/10.14421/manageria.2018.32-05

Lupiyoadi, R. (2013). Manajemen Pemasaran Jasa (2nd ed.). Salemba Empat. Maharani, N. (2015). Proses Pengambilan Keputusan Pembelian Konsumen Terhadap Produk Iphone Di Bandung. Jurnal Manajemen Dan Bisnis (Performa), 12(1), 59–75. https://elearning2.unisba.ac.id/index.php/performa/article/view/3043

Maisah, M., Mahdayeni, M., Maryam, M., & Muhammad Roihan Alhaddad. (2020). Penerapan 7P Sebagai Strategi Pemasaran Pendidikan Tinggi. Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 1(4), 325–333. https://doi.org/10.31933/jemsi.v1i4.116

Priansa, D. J. (2021). Perilaku Konsumen Dalam Persaingan Bisnis Kontemporer (D. J. Priansa (ed.); 2nd ed.). Alfabeta. Putra, E., Yunus, M., & Sulaiman. (2015). PENGARUH BAURAN PEMASARAN JASA TERHADAP KEPERCAYAAN MEREK ( BRAND TRUST ) DAN DAMPAKNYA. 4(1), 174–185.

Rama, A., & Barusman, P. (2019). The Impact of 7p’s (Marketing Mix) on Student Parents’ Decision at School for Disable Students with Special Needs. Journal of Business and Management, 21(5), 22–28. https://doi.org/10.9790/487X- 2105022228

Rofik, C. (2019). PENGARUH FAKTOR-FAKTOR BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN SISWA MEMILIH SEKOLAH DI SMP ISLAM AL- AZHAR 15 CILACAP. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Purwokerto.

Rosmaniar, A. (2019). Pengaruh bauran pemasaran jasa terhadap keputusan siswa memilih sekolah menengah kejuruan swasta di surabaya. 16(1), 22–33. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29264/jkin.v16i1.4628

Safitri Amelia, Hartini Salamah, & Mohammad Sofyan. (2019). Effect of Marketing Strategy and Service Quality Against the Decisions of Parents. Ilomata International Journal of Management, 1(1), 31–37. https://doi.org/10.52728/ijjm




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v6i2.5412

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics