Pengaruh Digital Marketing, Kepuasan Pelanggan dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Listrik di Indonesia

Purwatiningsih Purwatiningsih, iwan iwan, sopyan sopyan

Abstract


Abstrak
Semakin berubahnya perkembangan zaman, tidak dipungkiri bahwa pemahaman mengenai global warming juga semakin disadari oleh seluruh manusia yang ada di muka bumi, tidak terkecuali dengan negara Indonesia. Salah satu penyumbang terbesar polusi yaitu di Indonesia, diketahui bensin yang digunakan oleh kendaraan akan menjadi asap kendaraan yang dapat menimbulkan polusi udara. Adapun pemerintah mendukung gebrakan baru dengan adanya kendaraan mobil listrik. Maka , tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa seberapa besar pengaruh Digital Marketing, Kepuasan Pelanggan dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Listrik di Indonesia. Penelitian dilakukan secara kuantitatif dengan analisis menggunakan persamaan structural dengan Pendekatan Partial Least Square (PLS) 4 . korespondensi pada penelitian ini berjumlan 100 orang. Dan dari hasil penelitian ini didapati bahwa digital marketing dan kualitas produk tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian mobil listrik di indonesia, namun kepuasan pelanggan memiliki pengaruh dan signifikan terhadap keputusan pembelian mobil listrik di Indonesia.
Kata Kunci: Digital Marketing , Kepuasan Pelanggang, Kualitas Produk, Keputusan Pembelian.

Abstract
The changing times, it is undeniable that the understanding of global warming is also increasingly realized by all humans on earth, including Indonesia. One of the biggest contributors to pollution is in Indonesia, which is known to be vehicle smoke that can cause air pollution. The government supports the new breakthrough with the existence of electric car vehicles. Therefore, the purpose of this study is to analyze how much influence Digital Marketing, Customer Satisfaction and Product Quality have on Electric Car Purchasing Decisions in Indonesia. The research was conducted quantitatively by analysis using structural equations with the Partial Least Square (PLS) 4 Approach. The correspondence in this study numbered 100 people. And from the results of this study, it was found that digital marketing and product quality did not have a significant effect on electric car purchasing decisions in Indonesia, but customer satisfaction had an influence and was significant on electric car purchasing decisions in Indonesia
Keywords: Digital Marketing, Customer Satisfaction, Product Quality, Purchasing Decisions

References


Alifah, N. N. (2022). 10 Negara dengan Tingkat Polusi Udara Tertinggi di Dunia 2022. Goodstats.Id. https://goodstats.id/article/10-negara-dengan-polusi-tertinggi-di-dunia-So2Pv

Arfah, Y. (2022). Keputusan Pembelian Produk. PT Inovasi Pratama Internasional.

Dewi, B. K. (2022). Bukan Hanya karena Cuaca, Ini 8 Penyebab Polusi Udara Jakarta. Kompas.Com. https://www.kompas.com/sains/read/2022/06/23/201359123/bukan-hanya-karena-cuaca-ini-8-penyebab-polusi-udara-jakarta

Ghozali, I., & Latan, H. (2015). Konsep, teknik, aplikasi menggunakan Smart PLS 3.0 untuk penelitian empiris. BP Undip. Semarang, 290.

Gunawan, Febsri Susanti, A. C. (2017). Pengaruh Bauran Promosi Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Maybelline Di Kota Padang. https://osf.io/preprints/inarxiv/npjqh/

Hair, J. F., Risher, J. J., Sarstedt, M., & Ringle, C. M. (2019). When to use and how to report the results of PLS-SEM. European Business Review, 31(1), 2–24. https://doi.org/10.1108/EBR-11-2018-0203

Juliandi, A. (2018). Structural Equation Model Partial Least Square (Sem-Pls) Dengan SmartPLS. Modul Pelatihan, 1–4.

Keller, P., & Kotler, P. (2012). Manajemen Pemasaran Edisi 12. Jakarta: Erlangga, 106.

Lukitaningsih, A. (2013). Iklan yang efektif sebagai strategi komunikasi pemasaran. Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan, 13(2), 116–129.

Marlina, L., Ardiana, D. P. Y., Rini, N. K., Novianti, A., Srisusilawati, P., Yuniati, U., Manggabarani, A. S., Hanafiah, H., Triwardhani, D., & Matondang, N. (2020). Digital Marketing.

Masyitah, E. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penerimaan PPN dan PPnBM. Accumulated Journal (Accounting and Management Research Edition), 1(2), 89–104.

Prasetyowati, A., Martha, J. A., & Indrawati, A. (2020). Digital marketing. Edulitera (Anggota IKAPI–No. 211/JTI/2019).

Purnama, N. I. (2017). Pengaruh Pajak dan Subsidi pada Keseimbangan Pasar. Jurnal Ekonomikawan, 16(1), 78085.

Purwatiningsih, Kusuma, A. B., Apriliya, F., & Safira, D. (2023). Analisa Promosi Free Biaya Kirim , Online Consumer Rating dan Panic Buying Tiktok Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Of Management & Business, 6(1), 615–624. https://doi.org/10.37531/sejaman.v6i1.3830

Rachmadi, T., & Kom, S. (2020). The Power Of Digital Marketing (Vol. 1). Tiga Ebook.

Rangkuti, F. (2017). Riset Pemasaran (Marketing Research). Jakarta: PT. Gramedia.

Sari, D. D. (2016). Analisis Pengaruh kualitas produk, kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan konsumen (studi kasus pada konsumen sim card GSM Prabayar XL di Kota Yogyakarta). Jurnal Manajemen Bisnis Indonesia (JMBI), 5(1), 62–72.

Sarstedt, M., Ringle, C. M., & Hair, J. F. (2017). Treating Unobserved Heterogeneity in PLS-SEM: A Multi-method Approach BT - Partial Least Squares Path Modeling: Basic Concepts, Methodological Issues and Applications (H. Latan & R. Noonan (eds.); pp. 197–217). Springer International Publishing. https://doi.org/10.1007/978-3-319-64069-3_9

Sigit, K. N., & Soliha, E. (2017). Kualitas Produk Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Nasabah. Jurnal Keuangan Dan Perbankan, 21(1), 157–168. https://doi.org/10.26905/jkdp.v21i1.1236

Siregar, M. (2021). Analisis Kepuasan Pelanggan Ompu Gende Coffee Medan. Jurnal Diversita, 7(1), 114–120.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.

Wong, K. K.-K. (2013). Partial least squares structural equation modeling (PLS-SEM) techniques using SmartPLS. Marketing Bulletin, 24(1), 1–32.




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v6i2.5469

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics