The Influence of Place and Promotion on Purchasing Decisions at General Furniture Stores in Mamuju District

Ady Kusrianto, Iwan ๐Ÿ–‚ Adinugroho, Muh. Ferils

Abstract


Penelitian ini menyelidiki dampak dari lokasi dan promosi terhadap keputusan pembelian di Toko Mebel Umum di Kabupaten Mamuju. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data kuantitatif dan kualitatif, termasuk observasi, wawancara, kuesioner, dan studi literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua variabel berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Khususnya, variabel lokasi menunjukkan efek yang lebih kuat daripada promosi, yang menekankan pentingnya pemilihan lokasi yang strategis. Koefisien determinasi lebih lanjut mendukung dominasi lokasi dalam membentuk perilaku pelanggan. Temuan ini menyoroti peran penting lokasi dalam ritel, yang menunjukkan bahwa bisnis memprioritaskan lokasi toko yang nyaman dan menarik untuk mengoptimalkan keterlibatan pelanggan dan meningkatkan pengalaman berbelanja secara keseluruhan. Meskipun menyadari keterbatasan studi, penelitian ini memberikan wawasan berharga bagi para peritel yang ingin meningkatkan posisi pasar dan kepuasan pelanggan mereka.

Kata Kunci: Lokasi, Promosi, Keputusan Pembelian, Toko Mebel Umum di Kabupaten Mamuju

Full Text:

Download PDF

References


Anjarsari. G.N, dan Djoko. H. W. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Citra Merek Dan Harga Tiket Terhadap Keputusan Penggunaan Jasa Po Ramayana Magelang. Jurnal Ilmiah Administrasi Bisnis, 6(3), 1-10.

Ali Khamainy. (2022). Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Persepsi Kualitas Stba Jia Bekasi. Jurnal Tadbir Peradaban, 2(1), 48-57.

Aisyah Amalia. (2016). Perencanaan Strategi Pemasaran Dengan Pendekatan Bauran Pemasaran Dan Swot Pada Perusahaan Popsy Tubby. Jurnal Performa 1(3), 297โ€“306.

Clinton. F. P, Mananeke. L, dan taroreh. R. N. (2018). Analisis Pengaruh Harga, Promosi, Lokasi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pt. Indomaret Manado Unit Jalan Sea, jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6(4), 3068 โ€“ 3077.

Dedy Ansari Harahap. (2015). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen di Pajak Usu (Pajus) Medan. Jurnal Keuangan dan Bisnis. 7(3), 227-242.

Dita Amanah. (2022). Pengaruh Promosi Dan Brand Image (Citra Produk) Terhadap Loyalitas Pembelian Produk Pepsodent Di Ramayana Plaza Jalan Aksara Medan. Jurnal Keuangan dan Bisnis, 3(3), 221-233.

Firmansyah. M. Anang. (2018). Perilaku Konsumen (Sikap dan Pemasaran). Yogyakarta: CV Budi Utama.

Ghozali, I. (2012). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS. Yogyakarta: Universitas Diponegoro.

Kotler dan Keller. (2009). Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi ke 13. Jakarta: Erlangga.

Kotler. P, dan Amstrong. G. (2006). Prinsip-Prinsip Pemasaran, Jilid 1, Edisi 12, Terjemahan: Bob Sabran, M.M, Jakarta: Erlangga.

Luntungan. W. G. A, dan Tawas. H. N. (2019). Strategi Pemasaran Bambuden Boulevard Manado: Analisis Swot, Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 7(4), 5495-5504.

Marlizar. H. F, Lisnawati, dan Yuslaidar. (2020). Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Jumlah Kunjungan Wisatawan di Kota Banda Aceh, Jurnal of Economics Science 6(2), 89-99.

Nasution. R. U, dan Aslami. N. (2022). Strategi Dalam Manajemen Pemasaran Produk Asuransi Syariah Allianz Life Indonesia, Jurnal of Islamic Education Management 2(1), 21-35.

Naugi Yulianti. (2017). Analisis Strategi Pemasaran Dalam Upaya Meningkatkan Penjualan Lapis Bogor Sangkuriang Pada PT. Agrinesia Raya Bogor Jawa Barat. Jurnal Online Mahasiswa, 1(1), 1-21.

Nilly. Y. K, Tawas. H. N, dan Kawet. C. R. (2022). Pengaruh Keragaman Produk, Persepsi Harga, Dan Strategi Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Pada Produk Minimal Ladis Di Matahari Megamall Manado . jurnal Ekonomi Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 10(2), 501-520.

Nurโ€™aini. E. A, Nuraina dan Murwani. J. (2013). Pengaruh Personal Selling Dan Harga Terhadap Volume Penjualan Sepeda Polygon Pada Cv. Rodalink Madiun, 1(2), 2337-9723.

Pamungkas, A, F, dan Husnayetti. (2022). Analisis Kepuasan Konsumen Melalui Peningkatan Kualitas Pelayanan Dan Strategi Promosi (Studi Kasus Starbucks Palem Semi Karawaci). Jurnal Muhammadiyah Manajemen Bisnis, 3(1), 11-20.

Pradana. Y. N. M, dan Sukaris. (2022). Analisis Kualitas Media Promosi Terhadap Perkembangan Produk Tabungan Kotak Di Perumda BPR Bank Gresik. Jurnal Akuntansi, Manajemen, dan Ekonomi, 3(2), 167-175.

Muhammad Ridwan. (2018). Analisis Kepercayaan Pelanggan, Kualitas Pelayanan Dan Harga Tiket Terhadap Keputusan Pelanggan Menggunakan Jasa Bus Trans Metro Pekanbaru. Jurnal Ilmiah Manajemen, 1(2), 158-173.

Santoso. P. H, Laoli. Y, dan Wijaya. E. (2022). Decision Analysis Of Yamaha Nmax Motorcycle Sale From Price, Promotion, And Service Quality At Sumber Rejeki Motor Pekanbaru. Jurnal Bisnis Terapan, 2(1), 109-121.

Sari. R. M, dan Prihartono. (2021). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Survey Pelanggan Produk Sprei Rise. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi dan Akuntansi. 5(3), 1171-1184.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kombinasi (Kuantitatif & Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Sulastri. S, Surahman. B, dan Erna E. (2022). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian di Pasar Paya Ilang Kabupaten Aceh Tengah. Jurnal Ilmu-Ilmu Manajemen, 4(1), 49-58.

Supriyanto. S, dan Ernawati. (2010). Pemasaran Industri Jasa Kesehatan. Penerbit CV Andi Offset : Yogyakarta.

Swastha. B, dan Irawan. (2000). Manajemen Pemasaran Modern, Edisi 2, Yogyakarta: Liberty.

Walukow, A, L, P, Mananeke, L, dan Sepang, J. (2014). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Bentenan Center Sonder Minahasa. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi. 2(3), 1737-1749.

Yulian, E, A, Prahmadisti, M, S, Maharani, T, Y, dan Arafah, W. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Pengguna Aplikasi Go-Food Di Kota Jakarta. Jurnal Manajemen Dewantara, 6(1), 35-44.




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v6i2.5515

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
ย 
ยฉ All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
ย 

Web
Analytics