Pengembangan Aplikasi Umpan Balik Mahasiswa Berbasis Website Modul Keluhan Pada Studi Kasus Program Studi S1 Sistem Informasi Telkom University Dengan Metode Iterative Incremental

Muhammad Arvin Aradhana, Ekky Novriza Alam, Taufik Nur Adi

Abstract


Keluhan dan umpan balik mahasiswa merupakan aspek penting dalam peningkatan kualitas layanan dan pengajaran institusi pendidikan. Akan tetapi, terdapat keterbatasan dalam penyampaian umpan balik dan keluhan pada prodi S1 Sistem Informasi Telkom University, yang hanya diadakan pada periode tertentu. Hal ini dinilai kurang memadai dalam merespon kebutuhan mahasiswa. Penelitian ini menangani permasalahan tersebut dengan mengembangkan solusi alternatif. Solusi tersebut adalah sebuah aplikasi website yang memfasilitasi proses penyampaian, respon, dan penanganan umpan balik serta keluhan mahasiswa. Aplikasi ini dirancang dengan menggunakan metode pengembangan SDLC Iterative Incremental. Proses penelitian melibatkan dua tahap iterasi pengembangan dan pengujian yang melibatkan mahasiswa dan staf prodi sebagai responden. Hasil pengujian aplikasi menggunakan User Acceptance Testing dengan metode Blackbox Testing pada kedua iterasi menunjukkan bahwa fitur-fitur aplikasi berjalan sesuai dengan ekspektasi, dan skor Usability Testing menunjukkan angka 4,3 dari skala maksimal 5, setara dengan 86% dari total penilaian pada iterasi pertama, dan 4,2 dari skala maksimal 5 atau setara dengan 84% dari total penilaian pada iterasi kedua. Skor tersebut menandakan bahwa aplikasi ini diterima dengan baik oleh pengguna, menunjukkan tingkat kepuasan yang tinggi, dan memenuhi kebutuhan mereka dalam menyampaikan dan menangani keluhan serta umpan balik. Penelitian ini membuktikan bahwa metode Iterative Incremental dalam pengembangan aplikasi website ini mampu menghasilkan produk yang efektif dan memuaskan pengguna.

Kata Kunci: Umpan Balik, Keluhan, Aplikasi Web, Iterative Incremental

Full Text:

Download PDF

References


Luke Mandouit. (2018). Using student feedback to improve teaching. Educational Action Research, 26(5).

Setiyani, L., & Tjandra, E. (2021). ANALISIS KEBUTUHAN FUNGSIONAL APLIKASI PENANGANAN KELUHAN MAHASISWA STUDI KASUS:STMIK ROSMA KARAWANG (Vol. 2, Issue 1). http://ejournal.stkip-mmb.ac.id/index.php/JIPTI

Flodén, J. (2017). The impact of student feedback on teaching in higher education. Assessment & Evaluation in Higher Education.

Carless, D., & Boud, D. (2018). The development of student feedback literacy: enabling uptake of feedback. Assessment and Evaluation in Higher Education, 43(8). https://doi.org/10.1080/02602938.2018.1463354

Plante, S., LeSage, A., & Kay, R. (2022). Examining Online Course Evaluations and the Quality of Student Feedback. Journal of Educational Informatics, 3(1). https://doi.org/10.51357/jei.v3i1.182

Freeman, G. (2018). CUSTOMER COMPLAINTS MANAGEMENT: Drive Loyalty and Mitigate Risk Across Your Organization.

Triplet, T., & Butler, G. (2012). The EnzymeTracker: An open-source laboratory information management system for sample tracking. BMC Bioinformatics, 13(1). https://doi.org/10.1186/1471-2105-13-15

Baskarada, S., & Baškarada, S. (2011). How Spreadsheet Applications Affect Information Quality. In Article in Journal of Computer Information Spring (Vol. 77). https://www.researchgate.net/publication/256023731

Van Koll, S., & Rietz, C. (2016). Effects of Web-Based Feedback on Students’ Learning. International Journal of Teaching and Learning in Higher Education, 28(3), 385–394. http://www.isetl.org/ijtlhe/

Chieu, T. C., Mohindra, A., & Karve, A. A. (2011). Scalability and performance of web applications in a compute cloud. Proceedings - 2011 8th IEEE International Conference on e-Business Engineering, ICEBE 2011, 317–323. https://doi.org/10.1109/ICEBE.2011.63

Ibrahim, I. M. (2020). Iterative and Incremental Development Analysis Study of Vocational Career Information Systems. International Journal of Software Engineering & Applications, 11(5), 13–24. https://doi.org/10.5121/ijsea.2020.11502

Graham, D., Veenendaal van, E., Evans, I., & Black, R. (1994). Foundations of software testing; ISTQB Certification. ACM SIGSOFT Software Engineering Notes, 19(5).

Jain, S., & Purandare, P. (2021). Study of the Usability Testing of E-Commerce Applications. Journal of Physics: Conference Series, 1964(4). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1964/4/042059

Hevner, A. R., March, S. T., Park, J., & Ram, S. (2004). Design science in information systems research. MIS Quarterly: Management Information Systems, 28(1). https://doi.org/10.2307/25148625




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v6i2.5549

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics