Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan Dalam Membeli Air Minum Dalam Kemasan Aqua 600 Ml (Studi Pada Mahasiswa Upn “Veteran” Jawa Timur)

Amnun Mahmudiana, Siti Ning Farida

Abstract


Pesatnya perkembangan dalam dunia bisnis memicu pesaingan yang cepat antara perusahaan satu dengan perusahaan lainnya. Perusahaan harus mampu bersaing dengan kompetitornya dalam meningkatkan dan mempertahankan keunggulan produk bisnisnya. Maka dari iu suatu perusahaan harus dapat mengenalkan produk merekan dengan Citra Merek yang baik dan juga harus selalu menjaga Kualitas dari produknya agar pelanggan menjadi loyal terhadap produk tersebut. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif, adapun yang menjadi populasi pada penelitian ini yakni Mahasiswa Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur yang Mengkonsumsi Air Mineral Dalam Kemasan Aqua 600 ML. Dengan sampel sebanyak 100 responden yang diambil menggunakan pendeketan purposive sampling, dan dianalisis menggunakan teknis analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini memberikan hasil bahwa secara pada uji F menyatakan secara simultan Citra Merek Dan Kualitas Produk memiliki pengaruh signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan pada produk Aqua (F-hitung > F-tabel). Sedangkan pada uji t memberikan hasil bahwa secara parsial Citra Merek Dan Kualitas Produk memiliki pengaruh signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan pada produk Aqua (X1 nilai t-hitung > t-tabel; dan X2 t-hitung > t-tabel).
Kata kunci : Citra Merek, Kualitas Produk, Loyalitas Pelanggan.

Full Text:

Download PDF

References


Firmansyah, Muhammad Anang. (2019). “Pemasaran Produk Dan Merek (Planning & Strategy).” Buku Pemasaran Produk dan Merek (August): 336.

Firmansyah, Muhammad Anang. (2019). “Pemasaran Produk Dan Merek (Planning & Strategy).” Buku Pemasaran Produk dan Merek (August): 336.

Ghozali, Imam. (2013). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 21. Yogyakarta: Universitas Diponegoro.

Griffin, jill. (2005). Customer Loyalty. Edisi Revi. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P dan Keller, K. (2012). Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip, and Kevin Lane Keller. (2016). Marketing Managemen 15th Edition. New Jersey: Pearson Pretice Hall, inc

Ritonga, Husni Muharram et al. (2018). Manajemen Pemasaran.

Ritonga, Husni Muharram. Dkk. (2018). Manajemen Pemasaran Konsep dan Strategi. Medan : CV Manhaji.

Sangadji, E.M & Sopiah. (2013). Perilaku Konsumen. Yogyakarta: ANDI Schiffman dan Kanuk. (2007). Perilaku Konsumen. Edisi 2. Jakarta: PT. Indeks Gramedia.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta CV

Sumarni, Murti dan John Soeprihanto. 2010. Pengantar Bisnis (Dasar-dasar Ekonomi Perusahaan). Edisi ke 5. Yogyakarta: Liberty Yogyakrta

Ayuningtiyas, Kartika, and Hendra Gunawan. (2018). “Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan Dan Kualitas Informasi.” Journal of Applied Business Administration 2(1): 152–65.

Fasha, Fikrrizaldy Haekal, and Nina Putu Madiawati. (2019). “Pengaruh Brand Image, Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Loyalitas Konsumen Melalui Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening Produk ZARA Di Kota Bandung.” e-Proceeding of Managemen 6(2): 4060.

Kolonio, Jeremia & Djurwati soepeno (2019). Pengaruh Service Quality, Trust dan Consumer Satisfaction terhadap Consumer Loyalty pada CV Sarana Marine Fiberglass. Jurnal EMBA Vol. 7, No. 1

Kusuma, D., & Laily, N. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya. Ilmu Dan Riset Manajemen, 9(10).

Luqiana, Aldila, and Budi Prabowo. (2021). “Pengaruh Citra Merek, Harga, Dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Pembelian Susu Ultra.” Jurnal Revolusi Indonesia 1(6): 453–71.

Nurmillatina. (2018). Pengaruh Lokasi, Kualitas Pelayanan dan Suasan Toko Terhadap 103 Loyalitas Pelanggan Di Infinito Culinary Bandung. Universitas Pasundan Institutional Repositories & Scientific Journals.

Sawitri, I Gusti Ayu Tara Diani, and Gede Bayu Rahanatha. (2019). “Pengaruh Green Marketing Dan Brand Image Terhadap Loyalitas Pelanggan.” E- Jurnal Manajemen Universitas Udayana 8(8): 5267.

Simanjuntak, Priskila Theodora, Posma Sariguna Johnson Kennedy, and Fenny BNL Tobing. (2016). “Analisis Loyalitas Pelanggan : Studi Empiris Terhadap Produk Im3 Indosat Pada Mahasiswa Feuki.” Fundamental Management Journal 2(2): 65–72.

Sinurat, E., Lumanauw, B., & Roring, F. (2017). Pengaruh Inovasi Produk, Harga, Citra Merek Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Mobil Suzuki Ertiga. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 5(2), 2230–2239.

Siregar, Nurafrina, and Fadillah Hakim. (2017). “Pengaruh Pencitraan, Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Rumah Makan Kampoeng Deli Medan.” Jurnal Manajemen Tools 8(2): 87–96.

Syafarudin, Dadang, and Asri Yuliasih. (2020). “Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Loyalitas Pelanggan Motor Honda Ahass Studi Kasus Pada Pd. Lima Motor Garut.” Prismakom 16(1): 47–53.

Sudarmo, T. P., & Sudarwanto, T. (2021). Pengaruh Kualitas Layanan dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan di PT . POS Indonesia ( Persero ) Kantor Pos Jombang. Journal of Business and Innovation Management, 3(3), 199–212.

Widiaswara, Tias, and Sutopo. (2017). “Analisis Pengaruh Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Pelanggan Air Minum Dalam Kemasan Club Di Semarang).” Diponegoro Journal Of Management 6(4): 1– 15.

https://www.topbrand-award.com/top-brand-index/ (diakses pada 15 November 2022)

https://www.sehataqua.co.id/produk-aqua/ (diakses pada 25 November 2022)

https://aqua.co.id/ (diakses pada 16 November 2022)

https://startupcampus.id/ (diakses pada 11 April 2023)




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v6i2.5569

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics