Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Kepuasan Nasabah Di PT. Pegadaian Cabang Sidrap

Andi Alfianto Anugrah Ilahi, Serli Serang, Suriyanti Suriyanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa seberapa besar pengaruh bauran pemasaran terhadap kepuasan nasabah di PT. Pegadaian Cabang Sidrap. Metode Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda. Dimana metode pengumpulan datanya melalui observasi, kusioner, wawancara dan dokumentasi. Pada hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial untuk variabel Produk (X1) nilai thitung sebesar 4,672 > 1,986 ttabel, menunjukkan bahwa variabel Produk (X1) berpengaruh signifikan secara parsial terhadap variabel Kepuasan Nasabah (Y). Secara parsial variabel Harga (X2) nilai thitung sebesar 1,543 < 1,986 ttabel, menunjukkan bahwa variabel Harga (X2) tidak berpengaruh signifikan secara parsial terhadap variabel Kepuasan Nasabah (Y). Secara parsial variabel Promosi (X3) nilai thitung sebesar 1,463 < 1,986 ttabel, menunjukkan bahwa variabel Promosi (X3) tidak berpengaruh signifikan secara parsial terhadap variabel Kepuasan Nasabah (Y). Secara parsial variabel Tempat (X4) sebesar 2,159 > 1,986 ttabel, menunjukkan bahwa variabel Tempat (X4) berpengaruh secara signifikan parsial terhadap variabel Kepuasan Nasabah (Y). Secara parsial variabel Orang (X5) nilai thitung sebesar -893 < 1,986 ttabel, menunjukkan bahwa variabel Orang (X5) tidak berpengaruh signifikan secara parsial terhadap variabel Kepuasan Nasabah (Y). Secara parsial variabel Proses (X6) nilai thitung sebesar -1,442 < 1,986 ttabel, menunjukkan bahwa variabel Proses (X6) tidak berpengaruh signifikan secara parsial terhadap variabel Kepuasan Nasabah (Y). Secara parsial variabel Bukti Fisik (X7) nilai thitung sebesar -2,132 < 1,986 ttabel, menunjukkan bahwa variabel Bukti Fisik (X7) tidak berpengaruh signifikan secara parsial terhadap variabel Kepuasan Nasabah (Y).Secara simultan Fhitung (13,824) > Ftabel (2,11) maka variabel produk, harga, promosi, tempat, orang, proses dan bukti fisik berpengaruh signifikan secara simultan terhadap kepuasan nasabah.

Kata Kunci : Bauran Pemasaran, Kepuasan Nasabah, PT Pegadaian

Full Text:

Download PDF

References


Arifuddin, A., & Alimudin, F. (2023). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Beat. Manajemen Dan Kewirausahaan, 4(1), 41–52.

Bahari, R. (2022). Studi Komparatif Antara Gadai Konvensional Dan Gadai Syariah (Rahn). Mu’amalah: Jurnal Hukum Ekonomi Syariah, 1(2), 53–80.

Ibrahim, D., & Arifuddin, A. (2022). Pengaruh Citra dan Kualitas Pelayanan Sterhadap Keputusan Pembelian Tiket Pada PT Mirama. Jurnal Ilmiah Multidisiplin Amsir, 1(1), 75–85.

Ilahi, A. A. A. (2022). Pengaruh Iklan Promosi Penjualan personal branding terhadap kepuasan produk perahu sekoci PT Jatitengah Perdana Indonesia. Amsir Management Journal, 3(1), 12–18.

Ilahi, A. A. A., Arfah, A., & Arif, M. (2023a). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Beat Pada PT Daya Anugrah Mandiri. Jurnal Ilmiah Multidisiplin Amsir, 1(2), 292–302.

Ilahi, A. A. A., Arfah, A., & Arif, M. (2023b). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Beat Pada PT Daya Anugrah Mandiri. Jurnal Ilmiah Multidisiplin Amsir, 1(2), 154–164.

Kara, M., Parmitasari, R. D. A., Alwi, Z., & Risna, R. (2019). Bauran Pemasaran Jasa dan Tingkat Hunian Pada Hotel Al-Badar Syariah. LAA MAISYIR: Jurnal Ekonomi Islam, 6(1), 40–68.

Kotler, P. (2004). Keller, 2007, Manajemen Pemasaran, Jilid I, Edisi Kedua belas, PT. Indeks, Jakarta, 23.

Kotler, P. T., & Lee, N. R. (2009). Up and out of poverty: The social marketing solution. Pearson Prentice Hall.

Nadia, E. (2019). Pengaruh Marketing Mix Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Taharah Laundry Di Gampong Kopelma Darussalam Kecamatan Syiah Kuala Kota Banda Aceh.

Sholih, M. K. (2011). Desain komunikasi visual sebagai sarana penunjang promosi Pasar Klithikan Notoharjo Semanggi.

Tijjang, B., & Rahmawati, L. (2021). Strategi Pemasaran Hubungannya Dengan Keputusan Pembelian Konsumen. Jurnal Ilmiah Manajemen & Kewirausahaan, 8(2), 196–207.

Tjiptono, F. (2012). Service Management, Edisi Kedua. Yogyakarta: Cv Andi. Hal, 174.

Zikir, C. L. N., & Riza, A. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Dimediasi Oleh Kepuasan Nasabah PT. Bank BNI Syariah Banda Aceh. Jihbiz: Global Journal of Islamic Banking and Finance., 1(2), 94–114.




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v6i2.5599

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics