Orientasi Pasar Dan Inovasi Produk Untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing Pada UMKM Usaha Kecil Sektor Kuliner Di Kota Pangkalpinang

Indah Noviyanti, Ary Fakturrachman Aryansyah

Abstract


Keunggulan kompetitif usaha kecil dan menengah menentukan kelangsungan usaha. Usaha kecil bidang kuliner yang masih tumbuh dan berkembang akan berorientasi pasar dengan memperhatikan pelanggan, menjawab kebutuhan dan keinginan konsumen melalui inovasi produk, serta berusaha memuaskan pelanggan dengan menitik beratkan pada Dinamika persaingan menghargai bisnis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh orientasi pasar dan inovasi produk terhadap keunggulan bersaing UMKM sektor kuliner Pangkalpinang dan bagaimana penerapannya pada UMKM sektor kuliner kota Pangkalpinang dalam mengatasi hambatan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh langsung dan tidak langsung dari variabel bebas yaitu Orientasi pasar dan inovasi produk terhadap variabel keunggulan bersaing. Teknik pengambilan sampel adalah teknik non-probability sampling, lebih tepatnya yaitu accidental sampling atau teknik sampling acak berdasarkan kebetulan dengan beberapa anggota populasi yang peneliti temui dapat dijadikan sampel dalam penelitian.Berdasarkan hasil uji pada regresi, variabel Orientasi pada Pasar mempunyai pengaruh dampak yang positif dan signifikan terhadap variabel dependen Keunggulan Bersaing. Selanjutnya, variabel Inovasi Produk mempunyai pengaruh dampak yang positif dan signifikan terhadap variabel dependen yakni keunggulan bersaing. Terakhir, variabel orientasi pasar dan inovasi produk mempunyai pengaruh yang positif secara simultan dan signifikan terhadap variabel keunggulan bersaing. Saran yang diberikan yaitu kepada pelaku UMKM kecil di Kota Pangkalpinang khususnya dalam sektor kuliner UMKM perlu meningkatkan posisi pasar mereka agar dapat bersaing menjadi lebih baik lagi dengan melakukan survei kepada pelanggan setidaknya setahun sekali dan pandai dalam memperoleh informasi agar dapat bersaing serta harus berani melakukan inovasi dalam produk penjualannya sehingga akan meningkatkan keunggulan bersaing dengan UMKM lainnya.

Kata Kunci: Orientasi Pasar, Inovasi Produk, Keunggulan Bersaing

Full Text:

Download PDF

References


Agustina, Tri Siwi. 2019. Kewirausahaan di Era Revolusi Industri 4.0. Jakarta : Mitra Wacana Media

Arianty, Nel (2016). Manajemen Pemasaran, Medan : Perdana Publishing

Cheah, I., & Phau, I. (2011). Attitudes towards environmentally friendly products: The influence of ecoliteracy, interpersonal influence and value orientation. Marketing Intelligence & Planning, 29(5), 452-472.

Dalimunthe, M. B. (2017). Keunggulan Bersaing Melalui Orientasi Pasar dan Inovasi Produk. JKBM (Jurnal Konsep Bisnis Dan Manajemen), 3(2), 140-153.

Dewi, A. A. A. M. W. (2019). Pengaruh Orientasi Pasar dan Inovasi Produk Terhadap Keunggulan Bersaing Usaha Kerajinan Perak di Desa Celuk Kecamatan Sukawati Kabupaten Gianyar (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Ganesha).

Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang

Herman, H., Hady, H., & Arafah, W. (2018). The influence of market orientation and product innovation on the competitive advantage and its implication toward Small and Medium Enterprises (UKM) performance. International Journal of Science and Engineering Invention, 4(08), 08-to.

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. (2016). Marketing Management 15th ed.,Upper Saddle River New Jersey: Prentice – Hall International, Inc

Lagrosen, S. (2005). Customer involvement in new product development: A relationship marketing perspective. European Journal of Innovation Management, 8(4), 424-436.

Manahera, Marta Marsela, Silcyjeova Moniharapon, dkk. 2018. Analisis Pengaruh Orientasi Pasar, Orientasi Kewirausahaan terhadap Inovasi Produk dan Kinerja Pemasaran (Studi Kasus UMKM Nasi Kuning di Manado). Manado : Universitas Sam Ratulangi

Mardiyono, A. (2018). The effect of market orientation, technology orientation to increase marketing performance on confection medium small business in Indonesia. Scholars Journal of Economics, Business and Management, 5(7), 562-569.

Narver, J. C., Slater, S. F., & MacLachlan, D. L. (2004). Responsive and proactive market orientation and new‐product success. Journal of product innovation management, 21(5), 334-347.

Renita Helia, Naili Farida, B. P. 2015. Pengaruh Orientasi Pasar dan Orientasi Kewirausahaan Terhadap Keunggulan Bersaing Melalui Inovasi Produk sebagai Variabel Antara (Studi Kasus pada IKM Batik di Kampung Batik Laweyan, Solo). Http://Ejournal-S1.Undip.Ac.Id/Index., 1–10

Satwika, N. K. P., & Dewi, N. M. W. K. (2018). Pengaruh Orientasi Pasar serta Inovasi terhadap Keunggulan Kompetitif dan Kinerja Bisnis (Doctoral dissertation, Udayana University).

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Setiawan, H. (2012). pengaruh orientasi pasar, orientasi teknologi dan inovasi produk terhadap keunggulan bersaing usaha songket skala kecil di kota Palembang. Orasi Bisnis: Jurnal Ilmiah Administrasi Niaga, 8(2).

Tambunan, Tulus T.H. 2013. Masyarakat Ekonomi ASEAN (ASEAN Economic Community) 2015: Peluang dan Tantangan Bagi UMKM Indonesia. Penerbit: Active Team Indonesia (Tim Aktif Kadin Indonesia), Jakarta.

Udriyah, U., Tham, J., & Azam, S. (2019). The effects of market orientation and innovation on competitive advantage and business performance of textile SMEs. Management Science Letters, 9(9), 1419-1428.

Undang Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2008 Tentang Usaha Mikro, Kecil dan Menengah.

Voelpel, S. C., Leibold, M., & Eckhoff, R. A. (2006). The tyranny of the Balanced Scorecard in the innovation economy. Journal of intellectual capital, 7(1), 43-60.

Zulfikar, R. (2018). Marketing performance influenced by market orientation through value creation. In International Conference on Business, Economic, Social Science and Humanities (ICOBEST 2018) (pp. 291-297). Atlantis Press.




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v6i2.5624

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics