User Interface Dan Nilai Utilitarian Terhadap Minat Beli Masyarakat Pengguna E-Commerce Shopee

Indah Noviyanti, Dini Oktariani, Maya Yusnita, Khadijah Khadijah

Abstract


Di Indonesia, kegiatan jual beli telah berubah dari kegiatan jual secara tradisional ke kegiatan jual beli secara modern. Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini yaitu bagaimana persepsi pelanggan terhadap kualitas antarmuka pengguna (User Interface) dari aplikasi di perangkat seluler serta bagaimana pemberian pertimbangan terhadap manfaat fungsionalnya untuk meningkatkan Minat Beli. Oleh karena itu, peneliti merasa penting untuk untuk melakukan penelitian Pengaruh User Interface dan Nilai Utilitarian terhadap Minat Beli Masyarakat. Penelitian ini merupakan penilitian deskriptif kuantitatif. Sampel sebanyak 80 orang dengan menggunakan teknik non-probability sampling, yakni purposive sampling, Analisis data dalam penelitian ini akan dilakukan menggunakan metode regresi linier berganda dengan bantuan software SPSS. Hasil analisis menunjukkan variabel User Interface memiliki dampak terhadap Minat Beli Konsumen dan Nilai Utilitarian juga memiliki dampak terhadap Minat Beli Konsumen. Selanjutnya, secara simultan User Interface dan Nilai Utilitarian memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap variabel Minat Beli. E-commerce Shopee perlu meningkatkan kualitas layanan antarmuka pengguna untuk memberikan testimoni positif yang nantinya dapat menarik minat calon konsumen baru dengan mempertimbangkan untuk meningkatkan pengalaman pengguna, seperti menghadirkan fitur baru yang sesuai dengan kebutuhan, membuat antarmuka aplikasi lebih intuitif, mempermudah pemahaman bahasa yang digunakan dalam fitur aplikasi, serta menyederhanakan alur transaksi dengan berbagai merchant yang bekerja sama.
Kata kunci: User Interface, Nilai Utilitarian, Minat Beli

Full Text:

Download PDF

References


Arndt, J., Solomon, S., Kasser, T., & Sheldon, K. M. (2004). The urge to splurge: A terror management account of materialism and consumer behavior. Journal of Consumer Psychology, 14(3), 198–212. https://doi.org/10.1207/s15327663jcp1403_2

Ashraf, R. U., Hou, F., & Ahmad, W. (2019). Understanding continuance intention to use social media in China: The roles of personality drivers, hedonic value, and utilitarian value. International Journal of Human–Computer Interaction, 35(13), 1216-1228.

Babin, B. J., Darden, W. R., & Griffin, M. (1994). Work and/or fun: measuring hedonic and utilitarian shopping value. Journal of consumer research, 20(4), 644-656.

Fallefi, M. R., & Siregar, M. R. (2018). Pengaruh Nilai Utilitarian Dan Nilai Hedonis Terhadap Perpindahan Merek Dengan Kepuasan Masyarakat Sebagai Pemoderasi (Studi Kasus Perpindahan Merek Dari Smartphone Lain Ke Iphone Pada Mahasiswa Di Lingkungan Universitas Syiah Kuala). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen, 3(3), 143-154.

Ganggi, R. I. P. (2019). Evaluasi Desain User Interface Berdasarkan User Experience Pada iJateng. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 8(4), 11-21.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25 Ed. 9. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Han, B., Kim, M., & Lee, J. (2018). Exploring consumer attitudes and purchasing intentions of cross-border online shopping in Korea. Journal of Korea Trade, 22(2), 86-104.

Hartono, S. (2018). Strategi dollar cost averaging untuk menarik minat masyarakat berinvestasi di pasar modal dalam rangka peningkatan penerimaan pajak. Info Artha, 2(1), 53-64.

Hasibuan, A. et al. (2020) E-Business: Implementasi, Strategi dan Inovasinya. 1st edn. Edited by T. Limbong. Medan: Yayasan Kita Menulis.

SimilarWeb. (2023). Top Websites E-Commerce and Shopping Ranking. Diakses dari https://www.similarweb.com/top-websites/indonesia/e-commerce-and-shopping/marketplace/.

Kumar, A., & Kashyap, A. K. (2018). Leveraging utilitarian perspective of online shopping to motivate online shoppers. International Journal of Retail & Distribution Management, 46(3), 247-263.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management 15th ed. Prentice – Hall International, Inc.

Lee, S., & Kim, D. Y. (2018). The effect of hedonic and utilitarian values on satisfaction and loyalty of Airbnb users. International Journal of Contemporary Hospitality Management. 30 (3), pp. 1332-1351

Lee, S. H., & Workman, J. E. (2021). Trendsetting and gender matter: Brand loyalty, perceived quality, and word-of-mouth. Journal of Global Fashion Marketing, 12(1), 16–31. https://doi.org/10.1080/20932685.2020.1835523

Maylis, E. V., & Sari, D. (2019). The effect hedonic value and utilitarian value on purchase intention electric cigarettes in bandung. E-Proceeding of Management, 6(1), 1133–1139.

Mulyana, dkk. (2019). Buku Ajar Desain Grafis dan Multimedia: Teori dan Implementasi. Bogor: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Pakuan.

Pantano, E., Rese, A., & Baier, D. (2017). Enhancing the online decision-making process by using augmented reality: A two country comparison of youth markets. Journal of Retailing and Consumer Services, 38, 81-95.

Picot-Coupey, K., Krey, N., Huré, E., & Ackermann, C. L. (2021). Still work and/or fun? Corroboration of the hedonic and utilitarian shopping value scale. Journal of Business Research, 126, 578-590.

Permana, Pungky I. & Alia N. P. (2019). Pemrograman Web dan Perangkat Bergerak untuk SMK/MAK Kelas XII. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia

Salim, Y. U. dan Sri Widaningsih. (2017). “Analisis Minat Beli Masyarakat Terhadap Program Kursus Bahasa Inggris di Lembaga Kursus Bahasa Northern Lights Education Center (NLEC) Bandung”. E-Proceeding of Applied Science, 3(2), 521-527.

Saputra, F., Khaira, N., & Saputra, R. (2023). Pengaruh User Interface dan Variasi Produk terhadap Minat Beli Masyarakat (Studi Literature). Jurnal Komunikasi Dan Ilmu Sosial, 1(1), 18–25. https://doi.org/10.38035/jkis.v1i1.115

Sridevi, S. (2014). User Interface design. International Journal of Computer Science and Information Technology Research, 2(2), 415-426.

Wahyuni, A. S. dan Athanasia O. P. D. (2018). Persepsi Pemustaka Terhadap Desain Antarmuka Pengguna (User Interface) Aplikasi Perpustakaan Digital “iJogja” Berbasis Android. Jurnal Ilmu Perpustakaan. 7(1), 1-11.

Wulandari, D., & Nudin, I. A. (2019, October). The Effects of Customer Value, Customer Experience and Utilitarian Value toward Repurchase Interest. In 2019 International Conference on Organizational Innovation (ICOI 2019) (pp. 494-499). Atlantis Press.




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v6i2.5632

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics