Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Guru pada UPT SMA Negeri Sekota Palopo

Jumarpati Jumarpati, Siti Rahma Kumala Dewi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Guru Pada UPT SMA Negeri Sekota Palopo. Ruang lingkup pada penelitian ini adalah seluruh Guru pada UPT SMA Negeri seKota Palopo. Hasil penelitian menunjukkan berdasarkan hasil pengujian didapatkan Kepemimpinan Kepala Sekolah tidak berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Guru pada UPT SMA Negeri se Kota Palopo, dengan pembahasan sebagai berikut; Nilai t hitung (-0,043) < t tabel (2,260741) dan Signifikasinya 0,966 > 0,05. Ho diterima han H1 ditolak dengan nilai Koefisien sebesar - 0,02 yang berpengaruh negatif dimana semakin rendah tinggkat kepemimpinan kepala Sekolah akan mengurangi kinerja guru. Lingkungan Kerja berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Guru pada UPT SMA Negeri se Kota Palopo, dengan pembahasan sebagai berikut; Nilai t hitung (11,516) < t tabel (2,260741) dan Signifikasinya 0,00 < 0,05. Ho ditolak han H2 diterima dengan nilai Koefisien sebesar 0,572 atau 57,2 % yang berpengaruh Positif dimana semakin baik lingkungan kerja akan meningkatkat kinerja guru. Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Lingkungan Kerja secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Guru pada UPT SMA Negeri se Kota Palopo, dengan pembahasan sebagai berikut; Nilai F hitung (69,671) < t tabel (3,04731) dan Signifikasinya 0,00 < 0,05. Ho ditolak han H3 diterima. Hal ini mengungkapkan bahwa dari hasil tersebut dapat dikatakan bahwa variabel-variabel yang mempengaruhi kinerja guru tidak dapat berjalan sendiri-sendiri namun harus selalu bersinergi dalam pelaksanaannya sehingga memberikan kontribusi yang tinggi. Kesimpulan pada penelitian ini yaitu Bahwa Kepemimpinan Kepala Sekolah (X1) tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru (Y) pada UPT SMA Negeri se Kota Palopo, bahwa Kepemimpinan Lingkungan Kerja (X2) berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru (Y) pada UPT SMA Negeri se Kota Palopo, bahwa Kepemimpinan Kepala Sekolah (X1) dan Lingkungan Kerja (X2) secara simultan atau bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru (Y) pada UPT SMA Negeri se Kota Palopo.

Full Text:

Download PDF

References


Agung, Iskandar, 2011, Kreativitas Pembelajaran Guru, Jakarta : Zikrul Hakim Bestari.

Agung, Iskandar, 2014, Pengembangan Profesional Guru, Jakarta:Bea Media.

Agung, Iskandar, 2017, Kompetensi Guru, Jakarta :Pustaka, Edu.

Anderson, T.D. 1998, Transforming Leadership, New York Washington D.C: St.Lucie Press.

Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

Bahagia, Rahmad. 2018. Pengaruh Kepemimpinan dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Pegadaian (Persero) Kanwil I. Prosiding Seminar Nasional Vokasi Indonesia, Volume 1.

Barnawi dan Arifin, Mohammad. 2014. Kinerja Guru Profesional: Instrumen. Pembinaan, Peningkatan dan Penilaian. AR-RUZZ. Yogyakarta.

Dahl, R,L, 2003, Manajemen, Jakarta : Gramedia.

Hamid Darmadi, 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Hermawan, S.R., 1979. Etika Keguruan Suatu Pendekatan Terhadap Profesi dan Kode Etik Guru Indonesia. Jakarta: PT Margi Hayu.

Ibnu Hajar, 2000. Dasar-dasar Metodologi Penelitian Kuantitatif Dalam Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Imansyah, M. 2020. Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Partisipasi Komite Sekolah Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan, Vol. 5 No. 2.

Kartini, Kartono, 2002. Pemimpin dan Kepemimpinan. Jakarta:Rajawali.

Kusnendi, 2008. Model-model Persamaan Struktural. Bandung : Alfabeta.

Lubis, Sahlan. 2020. Pengaruh Lingkungan Kerja, Disiplin Kerja, Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Madrasah Aliyah Negeri 2 Model Medan. Jurnal EduTech Vol. 6 No. 1

Luhkita, Erin Tami. 2020. Pengaruh Lingkungan Kerja Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Smk Assalam Depok. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, Vol. 3 No. 1.

Mangkunegara, Anwar Prabu. 2014. Evaluasi Kinerja SDM. Refika Aditama. Bandung.

Marphudok. 2020. Pengaruh Lingkungan Kerja dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru SMA di Kecamatan Muara Padang. Jurnal Intelektualita: Keislaman, Sosial, dan Sains, Vol. 9 No. 1.

Mestika Zed, 2011. Metodologi Penelitian, Padang: IAIN IB.

Mulyono. 2020. Analisis Pelatihan, Gaya Kepemimpinan, Lingkungan Kerja Dan Motivasi Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Guru Di Smp Negeri 21 Surakarta. Jurnal Edunomika – Vol. 04, No. 01.

Mulyasa. 2007. Menjadi kepala sekolah Profesional, Bandung: PT Remaja Rosdakarya. H. 118.

Mulyasa, 2012. Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah. Bandung:Bumi Aksara.

Mulyadi, 2010. Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Mengembangkang Budaya Mutu. Malang:UIN Pres.

Musbikin, Imam, 2013. Menjadi Kepala Sekolah yang Hebat. Pekanbaru Riau:Zafana Publishing.

Nawawi, Ismail, 2014. Budaya Organisasi,Kepemimpinan dan Kinerja. Jakarta:Kencana.

Ngalim Purwanto, Administrasi dan Supervisi Pendidikan, (Bandung: PT. Remaja

Rosdakarya, 2003), h. 116

Prayoga, Ade. 2020. Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Budaya Sekolah, Terhadap Kinerja Guru, Berdampak Pada Hasil Belajar Siswa. Jurnal Dialogika Manajemen dan Administrasi, Vol. 1 No. 2.

Rachmawati, Titik. 2013. Penilaian Kinerja Profesi Guru dan Angka Kreditnya. Gava Media. Yogyakarta.

Ridwan dan Sunarto, 2009. Pengantar Statistik. Bandung: Alfabeta

Sagala, Syaiful, 2010. Supervisi Pembelajaran dalam Profesi Kependidikan. Bandung:Alfabeta.

Saryono. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Nuha Medika. Jakarta.

Siswandi, 2003. Budaya Kepemimpinan Pendidikan di Indonesia. Yogyakarta:Pustaka Pelajar.

Smith, C.S, 2002, The Relationship between Reseacrh and Decision Making in Education:An Empirical Investigation. Pergamon Press.

Sugiyono. 2014. Statistika untuk Penelitian. Alfabeta. Bandung.

Suharsimin. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: Renika Cipya.

Syafaruddin, 2002. Manajemen Mutu Terpadu dalam Pendidikan, Konsep, Strategi, dan Aplikasi. Jakarta : Gramedia Widiasarana.

Syaiful Sagala. 2009. Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan, (Bandung: Alfabeta, 2009), h. 134

Syaodih, Nana, 2006. Pengendalian Mutu Pendidikan Sekolah Menengah. Bandung:Retika Aditama.

Tanjung, Ali Mukti, 2017, Meningkatkan Kualitas Pendidikan. Intelegensia Media, Malang.

Usman, Moh. Uzer, 2005, Menjadi Guru Profesional. Bandung. Remaja Rosdakarya.

Wahyudi, Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Organisasi pembelajaran (learning organization), (Bandung: Alfabeta, 2009), h. 64

Wahdjosumidjo. 2013. Kepemimpinan Kepala Sekolah: Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya. Raja Grafindo. Jakarta.

Yukl, G, 2006. Kepemimpinan Dalam Organisasi. Jakarta:Indeks Kelompok Gramedia.

Yuliandri, Jimmi. 2016. Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Peningkatan Kinerja Guru. Jurnal Nasional Pendidikan, Vol.1 No. 1.

Yuliejantiningsih, Y. 2012. Hubungan Iklim Sekolah, Beban Tugas, Motivasi Berprestasi, dan Kepuasan Kerja Guru dengan Kinerja Guru SD. Jurnal Manajemen Pendidikan, 1 No 3.




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v6i2.5698

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics