Pengaruh Kualitas Layanan Dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Nasabah Bank Bri Unit Mangasa Somba Opu Makassar

A Syafir Rahman, Sulfiani, Maksud Hakim, Abd. Rahman

Abstract


Untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan disiplin kerja terhadap kepuasan kinerja nasabah Bank Rakyat Indonesia Unit Mangasa Somba Opu. Selain itu juga untuk mempelajari dan menganalisis variabel-variabel yang mempunyai pengaruh dominan terhadap kepuasan nasabah Bank Rakyat Indonesia Unit Mangasa Somba Opu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh nasabah BRI Unit Mangasa Somba Opu Makassar. Pengambilan sampel dilakukakan dengan pertimbangan bahwa jumlah populasi sangat besar sehingga berupa representasi populasi. Analisa data yang digunakan untuk menguji hipotesis penelitian adalah dengan menggunakan teknik random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh signifikan berpengaruh terhadap kepuasan Nasabah, dalam hal ini Bank BRI Cabang Somba OPU sudah tampil semakin maksimal dalam menunjukkan kualitas pelayanan yang terbaik, hal serupa juga menegaskan hasil penelitian sebelumnya bahwa kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan Nasabah. kepuasan pelanggan Kualitas pelayanan secara tidak langsung memberikan kontribusi yang signifikan dan positif terhadap loyalitas pelanggan. Kepuasan pelanggan sebagai variabel intervening juga menunjukkan hasil yang signifikan dan sebagai faktor pendukung loyalitas pelanggan.

Kata kunci: Layanan, Pelanggan, Loyalitas

Abstract
To analyze and analyze the quality of service discipline influential work in the satisfaction of the performance of customers of Bank Rakyat Indonesia Unit Mangasa Somba Opu. It is also to study and analyze the variables which have a dominant influence on the satisfaction of customers of Bank Rakyat Indonesia Unit Mangasa Somba Opu Population in the study were all clients of BRI Unit Mangasa Somba Opu Makassar. Sampling dilakukakan with the consideration that the population is very large in number so as in the form of a representation populasi.Analisa data used to test the hypothesis of the research is to use random sampling techniques The results showed that the quality of service is a significant effect on the satisfaction of the Customer, in this case the Bank BRI branch Somba OPU has performed increasingly maximum in showing the quality of service is the best, the same thing also confirmed the results of previous studies that the quality of service is an effect on customer satisfaction Quality of service indirectly contribute significant and positive impact on customer loyalty. Customer satisfaction the intervening variable also showed significant results and in supporting factor of customer loyalty.


Keywords: Service, Customer, Loyalty

Full Text:

Download PDF

References


Abed, Abdedniya dan Majid N.Z, (2011), Measuring the Perceive Service Quality in the Islamic Bank Syestem Malaysia, International Journal Business and Social Science, Vol 2, NO 13

Agha, Tahir dan Asghar Ali (2013) Assessing Service Attitude: Service Quality Measure Taken by Islamic Banks in Pakistan, Journal of Busness and Management (JOSR-IBM), Vol 8, pp 61-68

Anonim, 2015, Seratus Tahun Bank Rakyat Indonesia 2010 - 2020, Humas Bank Rakyat Indonesia, Jakarta.

Anonim, 2012, Pedoman Pelaksanaan Kredit Bisnis Mikro, Kantor Pusat PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero), Jakarta.

Caruana, Albert, 2012. Service Loyalty The Effects of service quality and the mediating role of customer satisfaction, Europen Journal of Marketing, Vol. 36, No. 7/8, 2012, pp. 811-828.

Dendawijaya, Lukman. 2011. Manajemen Perbankan. Ghalia Indonesia. Jakarta.

Dick, Alan S. and Kunal Basu, 2014. “Customer Loyalty: Toward an Integrated Conceptual Framework.” Journal of the Academy of Marketing Science, Vol 22, pp 99-113.

Gaspersz, Vincent. 2012. Total Quality Management. PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Kartajaya, H, 2018. Marketing Plus 2020 Siasat Memenangkan Persaingan Global, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Kotier, Philip. 2017. Marketing Management, alih bahasa oieh Hendra Teguh dan Ronny Rusli. PT Prendallindo. Jakarta.

----------------, 2018. Marketing Management 9e, Analisis Perencanaan,

Implementasi, dan Kontrol, Jilid 2, alih bahasa oleh Hendra Teguh dan Ronny Rusli. PT. Prenhallindo. Jakarta.

----------------, Armstrong, G. 2017. Principles of Marketing, alih

bahasa oleh Hendra Teguh dan Ronny Rusli. PT Prendallindo Jakarta.

-----------------, 2010. Manajemen Pemasaran. Edisi Milenium, Prenhalindo, Jakarta

-----------------, 2012. Manajemen Pemasaran. Jakarta : Prenhalindo

Malcolm H.B McDonald, MHB dan Keegan, WJ. 2019. Marketing Plans That Work, alih bahasa oleh Damos Sihombing, Erlangga. Jakarta.

Mahmoeddin.As. 2016. Etiket Pelayanan Bank. PT.Toko Gunung Agng. Jakarta.

Muljono.P Teguh. 1016. Manejemen Perkreditan Bagi Bank Komersial. Edisi III. BPFE. Yogyakarta.

Oliver, Richard L, 1017. Satisfaction A Behavioral Perspective On The Consumer, Mc Graw - Hill Companies, Inc, Singapore.

Pasuranman. 1991. Marketing Service: Competing Trough Quality,The Free Press A Division of Micmilan, Inc.

Reichheld dan Saaser. 2010. Zero Defenitions: Quality Comes TO Services Harvard Business Review, 68(5), p.105-11

Santoso, PB dan Ashari. 2015. Analisis Statistik dengan Microsoft Excel dan SPSS. Yogyakarta: Andi

Sekaran, Uma, 2010, Research Methods For Business, Third Edition, John Wiley & Sons, Inc, New York

Sudjana, 2010, Metoda Statist'ka, Tarsito, Bandung

Supranto, J MA, 2017. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan untuk Menaikkan Pangsa Pasar, Rineka Cipta, Jakarta.

Sugiarto,Siagian.D,Sunaryanto.T.L,Oetomo.S.D. 2011. Teknik Sampling. PT.Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Sumarni Murti. 2012. Manajemen Pemasaran Bank. Edisi V. Liberty. Yogyakarta.

Sutojo Siswanto. 2010. Strategi Manajemen Kredit Bank Umum. Damar Mulia Pustaka. Jakarta.

Swastha, B dan Handoko, T.H. 2017, Manajemen Pemasaran Anafisa Prilaku Konsumen, BPFE, Yogyakarta.

Umar, Husein. 2019, Metodologi Penel Wan Aplikasi dalam Pemasaran, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

---------------, 2010, Research Methods in Finance and Banking, Jakarta Business Research Centre, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

, 2012. Riset Pemasaran Dan Perilaku Konsumen. PT.Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Yazid, 2019. Pemasaran Jasa, Konsep dan impfementasi, Ekonesia FE Ull, Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v6i2.5749

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics