Pengaruh Kompetensi profesional guru dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Peserta Didik SMP se-Kecamatan Waelata Kabupaten Buru

Basran Basran, Paulus Robert , Tuerah, Tinneke Evie Meggy Sumual

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kompetensi profesional guru terhadap hasil belajar peserta didik, pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar peserta didik dan pengaruh secara bersama kompetensi profesional guru dan motivasi belajar terhadap hasil belajar peserta didik dengan subyek penelitian SMP se-Kecamatan Waelata Kabupaten Buru Provinsi Maluku tahun pelajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif untuk menguji teori-teori tertentu dengan cara meneliti hubungan antar variabel. Penelitian dilaksanakan di SMP Se Kecamatan Waelata yang terdiri atas 3 sekolah yakni SMP Negeri 7 Buru, SMP Negeri 10 Buru, dan SMP Negeri 16 Buru.
Jumlah populasi seluruh SMP sebesar 146 dan sampel sebanyak 107 peserta didik. Berdasarkan hasil analisis terdapat pengaruh yang positif atau siginifikan kompetensi profesional guru terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA dan besarnya sumbangan kompetensi profesional guru adalah 55%. Kemudian, terdapat pengaruh yang positif dan siginifikan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA dan besarnya motivasi belajar siswa adalah 57,1%. Selanjutnya, terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kompetensi professional guru dan motivasi belajar siswa dengan besarnya sumbangan variabel kompetensi professional guru dan motivasi belajar siswa adalah sebesar 57,9%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain.

Kata Kunci : Kompetensi Profesional Guru, Motivasi Belajar, Hasil Belajar, SMP Kecamatan Waelata Kabupaten Buru

Full Text:

Download PDF

References


A.M, Sardiman. 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Raja

Grafindo Persada.

Ananda, Rusydi & Hayati, Fitri. 2020. Variabel Belajar (Kompilasi Konsep). Medan. CV Pusdikra Mitra Jaya

Hamalik, Oemar. 2011. Proses Belajar Mengajar. Jakarta. PT Bumi Aksara.

Ghozali Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisii 8). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

-----------------. 2021. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisii 10). Cetakan Ke VIII. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

https://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/902/6/RUDI%20NUR%20BIANTORO_BAB%202_PM2022.pdf diakses tanggal 27 april 2023

http://lib.unnes.ac.id/4090/1/8153.pdf diakses tanggal 27 Mei 2023

Jakaria, Yaya. 2015. Mengolah Data Penelitian Kuantitatif dengan SPSS (Aplikasi Data Pendidikan). Bandung. CV Alfabeta

Juni Priansa, Donni.2018. Kinerja dan Profesionalisme Guru, Bandung. CV Alfabeta

Komara, Endang; Syaodih, Erliany; Andriani, Rian. 2022. Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Bandung. PT Refika Aditama

Kompri. 2015. Manajemen Sekolah, Orientasi Kemandirian Kepala Sekolah. Celeban Timur Yogyakarta. Pustaka Pelajar

Mulyasa, H.E.2017. Uji Kompetensi dan Penilaian Kinerja Guru. Bandung. PT Remaja Rosdakarya Offset

Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru

Peraturan Pemerintah Nomor 57 Tahun 2021 tentang Standar Nasional Pendidikan

Pujoandika, Robbi 2019, Pengaruh Kinerja Guru dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Kearsipan Kelas X Administrasi Perkantoran SMK Pasundan 1 Cimahi. Bandung. Skripsi. Bandung. Universitas Pendidikan Indonesia

Rahmawati, Anita Dian. 2010. Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar KKPI Kelas X Administrasi Perkantoran SMK Negeri Kota Semarang. Skripsi. Semarang. Universitas Negeri Semarang.

Riadi, Edi.2015. Statistika Penelitian (Analisis Manual dan IBM SPSS). Yogyakarta. Penerbit ANDI

Sennen, Eliterius. 2017. Prosiding Seminar Nasional HDPGSDI Wilayah IV.e-Jurnal: www.jurnalpedagogika.org ISBN: 978-602-51 434-0-3

Slameto. 2010. Belajar dan faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT.

Rineka Cipta

Sugiyono; Susanto, Agus. 2017. Cara Muda Belajar SPSS & LISREL (Teori dan Aplikasi Untuk Analisis Data Penelitian. Bandung. CV Alfabeta

Sugiyono. 2022. Metode Penelitian (Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung. CV Alfabeta

Suryabrata, Sumardi.2011. Psikologi Pendidikan. Jakarta : Raja Grafindo

Susanto, Ahmad.2018. Konsep, Strategi dan Implementasi Manajemen Peningkatan Kinerja Guru. Cimanggis, Depok. Prenadamedia Group (Divisi Kencana)

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen

Uno, Hamzah B. 2007. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar

Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara

-------------------------2011. Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang

Pendidikan. Jakarta: Bumi aksara

Yusuf, Syamsu. 2009. Program Bimbingan dan Konseling Di Sekolah. Bandung:

Rizqi Press.




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v6i2.5750

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics