Pengaruh Kompetensi Keahlian Guru, Disiplin Siswa Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik Di Smk Negeri 1 Tomohon
Abstract
Kata Kunci: kompetensi keahlian guru ; disiplin siswa ; Motivasi belajar ; Hasil belajar siswa
Full Text:
Download PDFReferences
Abdul Muin. (2019). Teori harapan: konsep dan aplikasi dalam pendidikan,
Yogyakarta : Pustaka Pelajar
Alan Bryman (2016). Social research methods. Inggris: Oxford University Press
Arsyad, Azhar. (2016). Media pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Creswell, J.W., & Plano Clark, V.L. (2017). Designing and conducting mixed methods research (3rd ed.). Thousand Oaks: Sage Publications
Darling-Hammond, L. (2013). Getting teacher evaluation right: what really matters for effectiveness and improvement. New York: Teacher College
Frederick J Gravetter dan Larry B. Wallnau (2019). Essentials of statistics for the behavioral sciences, Boston, MA, USA : Cengage Learning
Fuadi Totok Agus Suryanto, (2019). Memahami bimbingan dan konseling belajar: teori dan aplikasi dasar-dasar bimbingan dan konseling belajar, Yogyakarta : CV. Andi Offset
Gravetter, F.J., & Wallnau, L.B. (2019). Essentials of statistics for the behavioral sciences (9th ed.). Boston: Cengage Learning.
Hasan, I., & Handayani, S. (2020). Pengembangan pendidikan karakter di sekolah, yogyakarta : Pustaka Pelajar
Surya H.M. (2018) Psikologi pendidikan, Bandung : PT. Remaja Rosdakarya Rifa’i. H.Abubakar. (2020). Metoda teknik pengumpulan dan teknik analisis data, Yogyakarta : SUKA-Press
John W. Creswell dan Vicki L. Plano Clark (2017) Designing and Conducting Mixed Methods Research, California, Amerika serikat : SAGE Publication
John W. Santrock (2017). Psikologi pendidikan, Jakarta : Salemba Humanika
Karim, A., & Harun, H. (2019). Pengaruh Kompetensi Guru dan Motivasi Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Produktif di SMK Negeri 2 Banda Aceh. Jurnal pendidikan vokasi 9(1), 1-10
Karlina Aprilia K. (2014). Teknik penyusunan skala lickerts, Yogyakarta : Penerbit Andi
Kate L. Turabian (2018). A manual for writers of research papers, theses, and dissertations. California, Amerika serikat : Univercity of Chicago pers
Komalasari (2011). Pembelajaran kontekstual: konsep dan aplikasi, Bandung : PT. Refika Aditama
Laurence Babbio (2011). Applied social research methods, newjersey, Amerika serikat.
Mohamad Surya (2018). Disiplin siswa dengan pendekatan behavioral, Bandung : Pustaka Ceria.
Muhamad A, Evi C, Oktarina P. (2013). Model dan metode pembelajaran di sekolah, Semarang : UNISSULA press
Mulyasa, E. (2019). Pengembangan profesionalisme guru: konsep, model, dan implementasi. Remaja Rosdakarya
Novianti, S. D., & Supardi, E. (2019). Kompetensi Pedagogik Guru dan Motivasi Belajar Siswa Sebagai Determinan Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 107-115
Pradana dan Yusuf (2019) Pengaruh Kompetensi Guru, Disiplin Belajar, dan
Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Teknik Pemrograman di SMK Negeri 1 Gresik
Pramono, R. (2018). Motivasi belajar: teori dan aplikasi, Jakarta : Prenada Media
Group
Riduwan dan sunarto (2014). Pengantar statistika untuk penelitian pendidikan, sosial, komunikasi, ekonomi dan bisnis, Bandung : Alfabeta
Rina Febriana. (2021). Kompetensi guru, Jakarta : Bumi Aksara
Rina Febriana. (2021). Pembelajaran instalasi motor listrik Jakarta : Bumi Aksara Robert Yin. (2017). Case study research and applications: design and methods,
SAGE Publications : California Amerika, serikat.
Rusman. (2017). Pembelajaran abad 21: keterampilan, kompetensi, dan literasi.
Jakarta: Rajawali Pers).
Saripudin, (2012). Faktor-faktor yang mempengaruhi kompetensi professional guru bidang kompetensi keahlian teknik instalasi tenaga listrik di smk, bandung : Politeknik TEDC
Sianturi, R., Anwar, M., & Amien, M. (2019). Pengaruh Kompetensi Guru, Disiplin Belajar, dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Dasar Listrik di SMK Negeri 1 Tomohon. Jurnal pendidikan teknik elektro, 8(2), 1-10
Silfina S, Nontje S, Ruddy Sanger, (2021). Hubungan minat dan motivasi dengan hasil belajar teknik instalasi penerangan listrik siswa smkn 2 tanimbar selatan, Universitas Negeri Manado : Researchgate.
Slavin, R. E. (2014). Educational psychology: theory and practice (10th ed.).
Boston, MA: Pearson.
Slavin R.E. (2015). Cooperative learning : theory, research and practice
Newyork : Pearson Education
Sudjana Nana (2014). Penelilaian proses belajar mengajar, Bandung : Remaja
Rosdakarya.
Sugiyono (2015). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&B, Bandung : Alfabeta
Sugiyono. (2017). Disiplin Positif : membangun karakter dan kemandirian anak,
Bandung : Alfabeta
Sugiyono (2019). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&B, Bandung : Alfabeta
Surya D. (2016). Motivasi belajar : teori dan aplikasi, Jakarta : PT. RajaGrafindo Persada.
Sutopo, H. B. (2015). Metodologi penelitian kualitatif : dasar teori dan terapannya dalam penelitian, Bandung : Remaja Rosdakarya.
Tracy B. (2011). No excuses! : the power of self – discipline, Newyork Amerika Serikat : Vanguard Press.
Upadyaya, K, & Eccles, J.S. (2014). How motivation and engagement predict reading comprehension among native english –speaking and english learning middle school students with implications for the common core ann arbor, Michigan : Proquest LLC.
Utomo (2018) Pengaruh Disiplin Belajar dan Motivasi Belajar terhadap Hasil
Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sistem Kelistrikan Otomotif di SMK Negeri 1 Klaten.
DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v6i2.5855
Refbacks
- There are currently no refbacks.