Pengaruh Kompetensi Keahlian Guru, Disiplin Siswa Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik Di Smk Negeri 1 Tomohon

Jimmy Clif Silow, Deitje Adolfien Katuuk, Jeffry Sony Junus Lengkong

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pengaruh kompetensi keahlian guru, disiplin siswa, dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar siswa jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik di SMK Negeri 1 Tomohon, dengan fokus pada pembelajaran mengenai programmable logic control, smart building, dan internet of things. Metode survei dengan pendekatan kuantitatif digunakan dalam pengumpulan data dari siswa dan guru selama semester ganjil 2023-2024. Hasil analisis menunjukkan bahwa semua variabel memenuhi asumsi-asumsi dasar regresi linear. Temuan penelitian ini mengindikasikan bahwa kompetensi keahlian guru, disiplin siswa, dan motivasi belajar siswa masing-masing memiliki pengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa. Selain itu, ketika ketiga faktor ini dipertimbangkan secara bersama-sama, mereka juga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa. Hasil ini memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang faktor-faktor yang memengaruhi hasil belajar siswa di jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik, yang dapat menjadi panduan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di SMK Negeri 1 Tomohon.

Kata Kunci: kompetensi keahlian guru ; disiplin siswa ; Motivasi belajar ; Hasil belajar siswa

Full Text:

Download PDF

References


Abdul Muin. (2019). Teori harapan: konsep dan aplikasi dalam pendidikan,

Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Alan Bryman (2016). Social research methods. Inggris: Oxford University Press

Arsyad, Azhar. (2016). Media pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Creswell, J.W., & Plano Clark, V.L. (2017). Designing and conducting mixed methods research (3rd ed.). Thousand Oaks: Sage Publications

Darling-Hammond, L. (2013). Getting teacher evaluation right: what really matters for effectiveness and improvement. New York: Teacher College

Frederick J Gravetter dan Larry B. Wallnau (2019). Essentials of statistics for the behavioral sciences, Boston, MA, USA : Cengage Learning

Fuadi Totok Agus Suryanto, (2019). Memahami bimbingan dan konseling belajar: teori dan aplikasi dasar-dasar bimbingan dan konseling belajar, Yogyakarta : CV. Andi Offset

Gravetter, F.J., & Wallnau, L.B. (2019). Essentials of statistics for the behavioral sciences (9th ed.). Boston: Cengage Learning.

Hasan, I., & Handayani, S. (2020). Pengembangan pendidikan karakter di sekolah, yogyakarta : Pustaka Pelajar

Surya H.M. (2018) Psikologi pendidikan, Bandung : PT. Remaja Rosdakarya Rifa’i. H.Abubakar. (2020). Metoda teknik pengumpulan dan teknik analisis data, Yogyakarta : SUKA-Press

John W. Creswell dan Vicki L. Plano Clark (2017) Designing and Conducting Mixed Methods Research, California, Amerika serikat : SAGE Publication

John W. Santrock (2017). Psikologi pendidikan, Jakarta : Salemba Humanika

Karim, A., & Harun, H. (2019). Pengaruh Kompetensi Guru dan Motivasi Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Produktif di SMK Negeri 2 Banda Aceh. Jurnal pendidikan vokasi 9(1), 1-10

Karlina Aprilia K. (2014). Teknik penyusunan skala lickerts, Yogyakarta : Penerbit Andi

Kate L. Turabian (2018). A manual for writers of research papers, theses, and dissertations. California, Amerika serikat : Univercity of Chicago pers

Komalasari (2011). Pembelajaran kontekstual: konsep dan aplikasi, Bandung : PT. Refika Aditama

Laurence Babbio (2011). Applied social research methods, newjersey, Amerika serikat.

Mohamad Surya (2018). Disiplin siswa dengan pendekatan behavioral, Bandung : Pustaka Ceria.

Muhamad A, Evi C, Oktarina P. (2013). Model dan metode pembelajaran di sekolah, Semarang : UNISSULA press

Mulyasa, E. (2019). Pengembangan profesionalisme guru: konsep, model, dan implementasi. Remaja Rosdakarya

Novianti, S. D., & Supardi, E. (2019). Kompetensi Pedagogik Guru dan Motivasi Belajar Siswa Sebagai Determinan Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 107-115

Pradana dan Yusuf (2019) Pengaruh Kompetensi Guru, Disiplin Belajar, dan

Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Teknik Pemrograman di SMK Negeri 1 Gresik

Pramono, R. (2018). Motivasi belajar: teori dan aplikasi, Jakarta : Prenada Media

Group

Riduwan dan sunarto (2014). Pengantar statistika untuk penelitian pendidikan, sosial, komunikasi, ekonomi dan bisnis, Bandung : Alfabeta

Rina Febriana. (2021). Kompetensi guru, Jakarta : Bumi Aksara

Rina Febriana. (2021). Pembelajaran instalasi motor listrik Jakarta : Bumi Aksara Robert Yin. (2017). Case study research and applications: design and methods,

SAGE Publications : California Amerika, serikat.

Rusman. (2017). Pembelajaran abad 21: keterampilan, kompetensi, dan literasi.

Jakarta: Rajawali Pers).

Saripudin, (2012). Faktor-faktor yang mempengaruhi kompetensi professional guru bidang kompetensi keahlian teknik instalasi tenaga listrik di smk, bandung : Politeknik TEDC

Sianturi, R., Anwar, M., & Amien, M. (2019). Pengaruh Kompetensi Guru, Disiplin Belajar, dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Dasar Listrik di SMK Negeri 1 Tomohon. Jurnal pendidikan teknik elektro, 8(2), 1-10

Silfina S, Nontje S, Ruddy Sanger, (2021). Hubungan minat dan motivasi dengan hasil belajar teknik instalasi penerangan listrik siswa smkn 2 tanimbar selatan, Universitas Negeri Manado : Researchgate.

Slavin, R. E. (2014). Educational psychology: theory and practice (10th ed.).

Boston, MA: Pearson.

Slavin R.E. (2015). Cooperative learning : theory, research and practice

Newyork : Pearson Education

Sudjana Nana (2014). Penelilaian proses belajar mengajar, Bandung : Remaja

Rosdakarya.

Sugiyono (2015). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&B, Bandung : Alfabeta

Sugiyono. (2017). Disiplin Positif : membangun karakter dan kemandirian anak,

Bandung : Alfabeta

Sugiyono (2019). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&B, Bandung : Alfabeta

Surya D. (2016). Motivasi belajar : teori dan aplikasi, Jakarta : PT. RajaGrafindo Persada.

Sutopo, H. B. (2015). Metodologi penelitian kualitatif : dasar teori dan terapannya dalam penelitian, Bandung : Remaja Rosdakarya.

Tracy B. (2011). No excuses! : the power of self – discipline, Newyork Amerika Serikat : Vanguard Press.

Upadyaya, K, & Eccles, J.S. (2014). How motivation and engagement predict reading comprehension among native english –speaking and english learning middle school students with implications for the common core ann arbor, Michigan : Proquest LLC.

Utomo (2018) Pengaruh Disiplin Belajar dan Motivasi Belajar terhadap Hasil

Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sistem Kelistrikan Otomotif di SMK Negeri 1 Klaten.




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v6i2.5855

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics