Analisis Pengaruh Perilaku Konsumen terhadap Keputusan Pembelian Surat Kabar Harian Ambon Ekspres dengan Loyalitas Konsumen sebagai Variabel Moderasi

Nasri Dumula, Rosnaini Daga, M. Hatta

Abstract


Tujuan penulisan ini adalah untuk mengetahui pengaruh Perilaku konsumen yang terdiri dari Kebudayaan (X1), Sosial (X2), Pribadi (X3) dan Psikologis (X4) terhadap Keputusan Konsumen (Y) dengan loyalitas konsumen sebagai Variabel Moderasi (M). Adapun sampel yang diambil dalam penelitin ini adalah sebanyak 90 responden dan alat analisa yang digunakan untuk membuktikan hipotesis yakni menggunakan Regeresi Linear Berganda dan Regresi Moderasi. Hasil penelitian dengan menggunakan regresi linear berganda menunjukkan bahwa 1) secara parsial Variable Kebudayaan (X1) tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian (Y) surat kabar Hr. Ambon Ekspres. 2) Variabel Sosial (X2) tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian (Y) surat kabar Hr. Ambon Ekspres. 3) Variabel Pribadi (X3) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (Y) surat kabar Hr. Ambon Ekspres. 4) Variabel Psikologis (X4) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (Y) surat kabar Hr. Ambon Ekspres. 5) Secara simultan Variabel Kebudayaan, Sosial, Pribadi dan Psikologis (X1,X2,X3,X4) berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian surat kabar Hr. Ambon Ekspres. 6) Variabel loyalitas konsumen tidak mampu memoderasi pengaruh variable budaya terhadap keputusan pembelian. 7) Variabel loyalitas konsumen tidak mampu memoderasi pengaruh variable sosial terhadap keputusan pembelian Surat kabar Ambon Ekspres. 8) Variabel loyalitas konsumen mampu memoderasi pengaruh variable pribadi terhadap keputusan pembelian Surat kabar Ambon Ekspres. 9) Variabel loyalitas konsumen tidak mampu memoderasi pengaruh variable psikologis terhadap keputusan pembelian Surat kabar Ambon Ekspres.
Kata Kunci : Perilaku konsumen, loyalitas konsumen, dan keputusan pembelian

Full Text:

Download PDF

References


Asep Syamsul M. Romli, 2014, Jurnalistik Online Panduan Praktis Mengelola Media Online

Anang Firmansyah 2018. Prilaku konsumen. (sikap dan Pemasaran). Cetakan Pertama, 2020 Diterbitkan oleh: CV. Penerbit Qiara Media - Pasuruan, Jawa Timur.

Daryanto dan Ismanto Setyabudi, Konsumen dan Pelayanan Prima 2014 Gava Media.

Daryanto dan Ismanto Setiabudi, 2014, Konsumen dan Pelayanan Prima Gava Media. Prilaku Konsumen di Era Digital (Agusta). Penerbit yayasan Kita Menulis, 2020..

Daryanto dan Ismanto Setyobudi. 2014 Konsumen dan pelayanan prima.. Gava Media Indonesia.

Dedi Riyanto Rahadi dan Mftah Farid, 2021, Monograf Analisis Variabel Moderating Penerbit : CV Lentera Ilmu Mandiri.

Daga, R., & Indriakati, A. J. (2022). Religiosity, Social And Psychological Factors On Purchase Decisions And Consumer Loyalty. Jurnal Manajemen, 26(3), 469-491.

Daga, R., Muhammad, N., Suwandaru, R., & Nubil, A. Marketing Strategy Analysis of Xtra Combolite and Xtra Hotrod Special Product at PT XL Axiata with the Application of the Boston Consulting Group Matrix. Education, 3(9), 1933-1937.

Daga, R., Hamzah, N., Suwandaru, R., Ashary, M., & Pasae, P. (2023). Pelatihan Pengembangan Hubungan Kelompok Kerja Dengan Industrial Dalam Meningkatkan Kualitas Usaha Dan Kesejahteraan Kelompok Kerja. Jupadai: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 56-65.and Management-Management Section (ICMEMm 2018) (pp. 67-70). Atlantis Press.

Daga, R. (2018). Analisis segmentasi psikografis dan tingkah laku terhadap keputusan nasabah untuk mengambil kredit pada PT. BANK RAKYAT INDONESIA (Persero) Tbk. Unit Batua Raya Makassar. AKMEN Jurnal Ilmiah, 15(1).

Ramadhan, W., Daga, R., & Samad, A. (2023). Analisis Perilaku Nasabah Bank CIMB Niaga Makassar Terhadap Sistem Pembayaran Non Tunai QRIS. Jurnal Sains Manajemen Nitro, 2(2), 255–267. https://doi.org/10.56858/jsmn.v2i2.172

Suhesti, S., & Samad, A. (2023). Strategi Pemasaran Produk Tabungan Emas dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah. Management and Accounting Research Statistics, 3(2), 182-203.

Eko Pamuji, 2019, Media Cetak VS Media Online Perspektif Manajemen dan Bisnis Media Masa, Cetakan Pertama,.

Isra Misra, Muhammad Sholeh Hudin, 2020, Pengantar Manajemen dan Bisnis Penerbit K-Media Yogyakarta,

Kotler, Phillip dan Kevin Lane Keller. 2016. Manajemen Pemasaran edisi 12 Jilid 1 & 2.Jakarta: PT. Indeks.

Malau Harman. 2017, Manajemen Pemasaran Teori dan Aplikasi Pemasaran Era Tradisional Sampai Era Modernisasi Global.. Bandung: Alfabeta

Nugroho J, Setiadi, Perilaku Konsumen. Penerbit Kencana Prenada Media Group.

Sukarno Wibowo dan Dedi Supriadi, 2013, Ekonomi Mikro Islam Bandung: CV. Pustaka Setia,

Sadikin, A., Misra, I., Hudin, M.S. 2020. Pengantar manajemen dan bisnis. Yogyakarta: K-Media

Sugiono 2016. Metode Penelitian Bisnis Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, kombinasi dan R &D. Bandung: CV Alfabeta.

Saban Echdar, 2017, Metode Penelitian Manajemen dan Bisnis, Galia Indonesia Cetakan Pertama.

Yenni Arfah, 2022, Keputusan Pembelian Produk, , Penertbit PT Inovasi Pratama Internasional.

Jurnal :

Mardon Nafali, Djurwati Soepen, 2018, “Analisis Pengaruh Faktor-Faktor Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Makanan Mie Instanmerek Indomie (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik,dan Fakultas Pertanian Universitas Sam Ratulangi Manado)”. Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Manajemen Universitas Sam Ratulangi.

Alicia Jeniver Suawa, Altje L. Tumbel,Yunita Mandagie (2019). "Analisis Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Di New Ayam Bandung Resto Kawasan Megamas Manado". Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Jurusan Manajemen Universitas Sam Ratulangi Manado.

Victor Alan Timmerman, Silvya Mandey, Paulina Van Rate (2017), Analisis Faktor–Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Di Texas Chicken Manado, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Jurusan Manajemen Universitas Sam Ratulangi Manado.

Adnan, 2018, Pengaruh Perilaku Konsumen terhadap Keputusan Pembelian Susu Morinaga di Kota Lhokseumawe, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Malikussaleh.

Sunarto, 2018, “Analisis Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Xiaomi Redmi 3S”. Prodi Akuntansi Universitas Gunadarma

.




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v6i2.5880

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics