Pengaruh Kemudahan Penggunaan, E-WOM, dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Jasa Transportasi Online Maxim Di Kota Batam

Tia Nur Adhiyani, David Humala Sitorus

Abstract


Terdapat beberapa faktor yang berpotensi mempengaruhi dalam membuat keputusan untuk membeli layanan transportasi online Maxim. Faktor-faktor tersebut mencakup tingkat kemudahan penggunaan, E-WOM, dan kepercayaan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan teknik dalam penarikan sampel, yakni simple random sampling. Penelitian dilakukan di wilayah Kota Batam pada Kecamatan Batam Kota dan Kecamatan Nongsa yang memperoleh sebanyak 66.116 populasi sehingga sampel yang digunakan adalah 100 responden secara acak. Penelitian yang dilakukan memperoleh hasil bahwa kemudahan penggunaan mempengaruhi keputusan pembelian jasa transportasi online Maxim di Kota Batam sebesar 2,492 secara signifikan uji T 0,014 < 0,05, E-WOM mempengaruhi keputusan pembelian jasa transportasi online Maxim di Kota Batam sebesar 2,177 secara signifikan uji T 0,032 < 0,05, kepercayaan mempengaruhi keputusan pembelian jasa transportasi online Maxim di Kota Batam sebesar 3,857 secara signifikan uji T 0,000 < 0,05, dan kemudahan penggunaan, E-WOM, dan Kepercayaan secara bersamaan mempengaruhi keputusan pembelian jasa transportasi online Maxim di Kota Batam sebesar uji F 42,312 > 3,0911913 dan signifkan 0,000 < 0,05.
Kata Kunci : Kemudahan Penggunaan, E-WOM, Kepercayaan, Keputusan Pembelian

Full Text:

Download PDF

References


Abrilia, Nurya Dina, Sudarwanto, T. (2020). PENGARUH PERSEPSI KEMUDAHAN DAN FITUR LAYANAN TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN E-WALLET PADA APLIKASI DANA DI SURABAYA. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 8(3), 1006–1012.

Afifi, F. F., & Widodo, A. (2021). Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Restoran Aroma Kitchen Kota Padang. Ekonomis: Journal of Economics and Business, 5(September), 481–486. https://doi.org/10.33087/ekonomis.v5i2.350

Asih Handayani, Aris Eddy Sarwono, D. P. (2022). Pengaruh E-WOM, Ease Of Use, and Trust Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Melalui Lifestyle Pada Pengguna E-Commerce Shopee Di Surakarta. EL-WASATHIYA JURNAL STUDI AGAMA, 10(01), 113–124.

Ayu Gita Oktaviani, D. H. S. (2023). PENGARUH KUALITAS PRODUK, KEPERCAYAAN DAN PROMOSI TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN BUKALAPAK DI KOTA BATAM. NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 10(7), 3262–3267.

Badirÿ, M., & Andjarwati, A. L. (2020). PENGARUH EWOM , EASE OF USE DAN TRUST ON KEPUTUSAN PEMBELIAN ( STUDI PADA PENGGUNA APLIKASI TOKOPEDIA ). Jurnal Minds: Manajemen Ide Dan Inspirasi, 7(1), 39–52. https://doi.org/10.24252/minds.v7i1.13715

Caniago, A. (2022). ANALISIS KEPERCAYAAN DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN. Jurnal Lentera Bisnis, 11(September), 219–231. https://doi.org/10.34127/jrlab.v11i3.652

Cantika, F. Y., & Rusdianto, R. Y. (2023). Mengoptimalkan Akurasi Navigasi dan Fleksibilitas Pembayaran pada Aplikasi Maxim : Tinjauan terhadap Pengalaman Pengguna. Jurnal Pelayanan Dan Pengabdian Masyarakat Indonesia (JPPMI), 2(2).

Dia Meirina Suri, S. (2023). CONSUMER PERCEPTION OF MAXIM SERVICE IN DUMAI CITY. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Pajak (EJAK), 3(1), 35–43.

Hasdani, Mohammad Nasir, B. (2021). PERSEPSI KEMUDAHAN PENGGUNAAN APLIKASI SHOPEE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINE PADA USERS. Jurnal Manajemen Sains, 1(3), 187–196.

Ismagilova, E., Dwivedi, Y. K., Slade, E., & Williams, M. D. (2017). Electronics word of mouth (eWOM) in the marketing context: A state of the art analysis and future directions.

Kapriani, A., & Thaha, Salmiyah, H. (2021). Analisis Pengaruh Harga dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Konsumen Menggunakan Jasa Transportasi Online Maxim di Makassar. Al- Buhuts, 17(1), 142–161.

Kartika, N. E. (2020). Fitur Aplikasi Gojek Favorit Konsumen Pada Saat Pandemi COVID-19 Di Kota Bandung Gojek Application Features Favorite for Consumers during the COVID-19 Pandemic in Bandung City yang menjadi minat masyarakat adalah diterima oleh khalayak dan banyaknya menin. Jurnal Communio: Jurnal Jurusan Ilmu Komunikasi, 9(2), 1680–1695. https://doi.org/https://doi.org/10.35508/jikom.v9i2.2922

Maziyah Fichri, & Rojuaniah. (2022). PENGARUH KARAKTERISTIK PENGGUNA MEDIA SOSIAL, E-WOM, KEPERCAYAAN DAN EKUITAS MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PENGGUNA KERETA API PADA MASA PANDEMIK COVID-19. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 11(2), 353 – 366.

Millatina, A. N., Hamidah, S., & Herianingrum, S. (2020). Efektifitas Media Instagram Dan E-Wom ( Electronic Word Of Mouth ) Terhadap Minat Beli Serta Keputusan Pembelian Konten Sosial Media Yang Sering di Kunjungi. Jurnal Penelitian Ipteks, 5(1), 101–115.

Mulya Hasudungan Napitupulu, S. (2023). Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi , Keuangan & Bisnis Syariah Pengaruh Keamanan dn Kepercayaan terhadap Keputusan. Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 5(2), 789–800. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v5i2.1335

Mulyanto, D. (2022). WORD OF MOUTH, HARGA, KUALITAS PELAYANAN DAN DAMPAKNYA PADA KEPUTUSAN PENGGUNA JASA TRANSPORTASI GOJEK DI KOTA SURAKARTA. MUARA: Jurnal Manajemen Pelayaran Nasional, 5(1), 29–34.

Pautina, Y. B., Ismail, Y. L., & Abdussamad, Z. K. (2022). Pengaruh Kepercayaan Dan Kemudahan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Aplikasi Belanja Online Shopee ( Studi Pada Mahasiswa Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo ). JURNAL ILMIAH MANAJEMEN DAN BISNIS, 5(2), 474–484.

Philip Kotler, K. L. K. (2021). Manajemen Pemasaran edisi global ke-15 (15th ed.). Pearson Pendidikan Terbatas.

Prihastuty, D. R. (2023). “BAB VIII SAMPLING.” PENGANTAR STATISTIKA.

Saputra, G. W., & Ardani, I. G. A. K. S. (2020). PENGARUH DIGITAL MARKETING, WORD OF MOUTH, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN. E-Jurnal Manajemen, 9(7), 2596–2620. https://doi.org/: https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2020.v09.i07.p07

Sigalingging, P. M., & Sitorus, D. H. (2023). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Pada Shopee Di Kalangan Mahasiswa Kota Batam. SEIKO : Journal of Management & Business, 6(1), 1004–1009.

Wijaya, I. G. N. S., Pratami, N. W. C. A., Muryatini, N. N., & Yasa, I. G. D. (2022). PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH (E-WOM), PERSEPSI RISIKO, KEPERCAYAAN PELANGGAN, DAN KEPUTUSAN PEMBELIAN E-COMMERCE TOKOPEDIA. E-Jurnal Manajemen, 11(1), 190–209.




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v6i2.5910

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics