Analisis Transformasi Budaya Dan Religiusitas Terhadap Keputusan Pengambilan Kredit Perbankan Melalui Kearifan Lokal (Studi Pada Masyarakat Adat Toraja) Di Kabupaten Tana Toraja Dan Kabupaten Toraja Utara

Hendra Gunawan, Rosnaini Daga, Monica Gasong

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menemukan model yang baru dengan mengelaborasi kearifan lokal dalam memediasi transformasi budaya, religiusitas dan keputusan pengambilan kredit perbankan di Kabupaten Tana Toraja dan Toraja Utara. Penelitian ini dilaksanakan di Kabupaten Tana Toraja, berlangsung selama kurang lebih 2 (dua) bulan yakni bulan Juli bulan sampai dengan Agustus 2023. Populasi penelitian ini adalah kepala keluarga (KK) masyarakat adat di Kabupaten Tana Toraja. Dengan tehnik stratified random sampling, yakni pengambilan sampel melalui cara pembagian populasi ke dalam setiap dusun yang ada, memilih sampel acak setiap kepala keluarga (KK) tiap dusun yang pernah melaksanakan upacara adat pada tahun 2019 sampai dengan tahun 2023 dan menggabungkannya untuk menaksir parameter populasi yakni 117 KK. Tehnik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, kuesioner dan dokumentasi, sedangkan analisis data menggunakan SEM-PLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keputusan pengambilan kredit dapat ditingkatkan oleh adanya transformasi budaya, religiusitas dan kearifan lokal di kabupaten Tana Toraja. Pengaruh langsung dalam penelitian ini yang menunjukkan kontribusi besar adalah pengaruh religiusitas terhadap kearifan lokal. Temuan baru dalam penelitian ini bahwa transformasi budaya dan religiusitas mempengaruhi keputusan pengambilan kredit perbankan. Transformasi budaya dapat mendorong individu untuk lebih menerima atau menolak konsep kredit perbankan modern, sementara religiusitas mungkin menentukan bagaimana individu tersebut melihat etika dan moralitas pinjaman.
Kata Kunci: transformasi budaya; religiusitas; kearifan lokal; keputusan pengambilan kredit;

Full Text:

Download PDF

References


ALDI, N. (2022). PENGARUH RELIGIUSITAS, EKSPEKTASI RETURN, DAN PERSEPSI RESIKO TERHADAP KEPUTUSAN INVESTASI DI PASAR MODAL DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Generasi Z Di Lampung). UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

Alfian, M. (2013). Potensi kearifan lokal dalam pembentukan jati diri dan karakter bangsa. Prosiding The, 5.

Ancok, D., & Suroso, F. N. (2005). Psikologi Islami, Pustaka Pelajar. Jogjakarta.

Ariyanto, M. D. (2007). Terapi Ruqyah terhadap Penyakit Fisik, Jiwa dan Gangguan Jin.

Armstrong, G., Adam, S., Denize, S., & Kotler, P. (2014). Principles of marketing. Pearson Australia.

Boediono, D. R. (1999). Seri Sinopsis Pengantar Ilmu Ekonomi No. 1 Ekonomi Mikro. BPFE, Edisi, 2.

Daryanto, S. S. (1997). Kamus bahasa Indonesia lengkap. Surabaya: Apollo, 122, 123.

Fajarini, U. (2014). Peranan kearifan lokal dalam pendidikan karakter. Sosio Didaktika, 1(2), 123–130.

Griffin, R. W. (2002). Manajemen Edisi 7 Buku 1. Jakarta: Erlangga.

H Hermanto Suaib, M. M. (2017). Suku Moi: nilai-nilai kearifan lokal dan modal sosial dalam pemberdayaan masyarakat. An1mage.

Hadija, H., Nuriatullah, N., & Nurfitriani, N. (2019). Pengaruh Religiusitas dan Lokasi Terhadap Keputusan Nasabah Memilih BRI Syariah Dalam Transaksi Kredit Kepemilikan Rumah (KPR) Syariah. Jurnal Ilmu Perbankan Dan Keuangan Syariah, 1(2), 37–55.

Hasibuan, M. S. P., & Hasibuan, H. M. S. P. (2016). Manajemen sumber daya manusia. Bumi Aksara.

Hasudungan, A. N., Sariyatun, S., Joebagio, H., & Sartika, L. D. (2020). Transformasi kearifan lokal pela gandong dari resolusi konflik hingga pendidikan perdamaian di maluku. Fikri: Jurnal Kajian Agama, Sosial Dan Budaya, 5(1), 37–50.

Ishomuddin, J. (2002). Pengantar sosiologi agama. Jakarta: Penerbit Ghalia Indonesia.

Istiawati, N. F. (2016). Pendidikan karakter Berbasis Nilai-nilai Kearifan lokal Adat AMMATOA dalam menumbuhkan karakter konservasi. Cendekia: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 10(1), 1–18.

Kesa, D. D. (2019). Realisasi Literasi Keuangan Masyarakat dan Kearifan Lokal: Studi Kasus Inklusi Keuangan di Desa Teluk Jambe, Karawang, Jawa Barat. Jurnal Sosial Humaniora Terapan, 1(2).

Kotler, P., Keller, K. L., Ang, S. H., Tan, C. T., & Leong, S. M. (2018). Marketing management: an Asian perspective. Pearson London.

Kurniawan, A., Haspari, Y., & Icih, I. (2018). Pengaruh Pengetahuan (Knowledge), Keyakinan (Confidence), Keterampilan (Skill) dan Religiusitas Intrinsik tentang Perbankan Syariah terhadap Keputusan Pengambilan Kredit. Jurnal Akuntansi Dan Governance Andalas, 1(2), 95–128.

Mas’Ud, F. (2004). Survai diagnosis organisasional konsep dan aplikasi. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Mauliddiyah, R. (2021). Pengaruh Faktor Sosial Dan Faktor Pribadi Terhadap Keputusan Penggunaan E-Money.(Studi Pada Siswa Kelas XII SMAN 1 Pare Tahun Ajaran 2020/2021). IAIN Kediri.

Nashori, F., Mucharam, R. D., & Ru’iya, S. (2002). Mengembangkan kreativitas dalam perspektif psikilogi Islami. (No Title).

Nurhayanto, P., & Wildan, D. (2016). Transformasi Nilai-Nilai Kearifan Lokal Masyarakat Adat Cireundeu. SOSIETAS, 6(1).

Priyatno, D. (2008). Mandiri belajar SPSS: untuk analisis data dan uji statistik.

Purwa Isni. (2016). Pengaruh Motivasi, Lingkungan Kerja Dengan Religiusitas Sebagai Variabel Moderating Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan (Studi Pt. Daya Manunggal Di Kota Salatiga). IAIN SALATIGA.

Puteri, H. E., & Zuwardi, Z. (2019). Orientasi Budaya Dan Religiusitas Dalam Manajemen Kredit Serta Dampaknya Terhadap Kinerja Sosial Bank Perkreditan Rakyat. Jurnal Benefita: Ekonomi Pembangunan, Manajemen Bisnis & Akuntansi, 4(1), 196–209.

Ratna, N. K. (2011). Antropologi sastra: Peranan unsur-unsur kebudayaan dalam proses kreatif. Pustaka Pelajar.

Ringle, C. M., Wende, S., & Becker, J.-M. (2022). SmartPLS 4. Oststeinbek: SmartPLS GmbH.

SAPUTRA, R. R. (2018). PENGARUH NILAI-NILAI KEARIFAN LOKAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBERIAN KREDIT PADA MASYARAKAT MISKIN. Universitas Mercu Buana.

Sarstedt, M., Ringle, C. M., & Hair, J. F. (2021). Partial least squares structural equation modeling. In Handbook of market research (pp. 587–632). Springer.

Schiffman, L. G., & Kanuk, L. L. (2005). Comportamiento del consumidor. Pearson educación.

Setiadi, K. (2019). Pengaruh Kearifan Lokal dan Kecerdasan Spiritual terhadap Perilaku Peserta Didik. Jurnal Ilmiah AL-Jauhari: Jurnal Studi Islam Dan Interdisipliner, 4(1), 126–151.

Silahuddin, S. (2015). Transformasi Budaya Pendidikan Dayah di Aceh. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 5(2), 377–416.

Sitohang, U. (2013). Pengaruh Budaya, Sosial, Pribadi Dan Psikologis Terhadap Keputusan Pengambilan Kredit Di PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional, TBK. UAJY.

Sugiyono, P. D. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&d dan Penelitian Pendidikan). Metode Penelitian Pendidikan.

Sumarni, M., & Soeprihanto, J. (2010). Pengantar Bisnis (dasar-dasar ekonomi perusahaan). Edisi Ke, 5.

Suparya, I. K. (2020). Pengaruh metode belajar tri kaya parisudha pada pembelajaran ipa bermuatan kearifan lokal terhadap keterampilan berpikir kritis dan religiusitas siswa sekolah dasar. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 5(1), 17–28.

Tasia, D. (2022). Pengaruh Kualitas Produk Dan Promosi Berbasis Kearifan Lokal Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Kue Bangkit Kembang Melati Pekanbaru. Universitas Islam Riau.

Wibowo, A., & Gunawan. (2015). Pendidikan karakter berbasis kearifan lokal di sekolah: konsep, strategi, dan implementasi. Pustaka Pelajar.

Zaeny, A. (2005). Transformasi sosial dan gerakan Islam di Indonesia. Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam, 2(1), 153–165.




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v6i2.5928

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics