Pengaruh Penciptaan Nilai pada Kepuasan Pelanggan yang di Mediasi oleh Ekuitas Merek (Studi Brand Fashion H&M Solo Grand Mall)

Kevin Satria Wiguna, Rini Kuswati

Abstract


Tujuan penelitian ini ialah menganalisis pengaruh penciptaan nilai pada kepuasan pelanggan yang di mediasi oleh ekuitas merek (studi brand fashion H&M Solo Grand Mall). Metode penelitian ini ialah metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah non probability sampling dengan Teknik purposive sampling. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 199 responden Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis kuantitatif dengan menggunakan analisis Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian ini ialah bahwa penciptaan nilai memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap ekuitas merek pada brand fashion H&M di Solo Grand Mall. Penciptaan nilai memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan pada brand fashion H&M di Solo Grand Mall. Ekuitas merek memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan pada brand fashion H&M di Solo Grand Mall. Penciptaan nilai memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan dengan ekuitas merek sebagai variabel mediasi pada brand fashion H&M di Solo Grand Mall. Berdasarkan perhitungan nilai R2 maka perubahan variabel ekuitas merek dapat dipengaruhi oleh perubahan variabel penciptaan nilai dan kepuasan pelanggan serta berdasarkan perhitungan nilai R2 maka perubahan variabel kepuasan pelanggan dapat dipengaruhi oleh perubahan variabel penciptaan nilai dan ekuitas merek.

Full Text:

Download PDF

References


Ababil, D., & Sari, D. (2022). YUME : Journal of Management Pengaruh Service Quality, Product Quality, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Di Toko H&M (Studi Kasus Pada Toko H&M Bandung). YUME : Journal of Management, 5(1), 378–384. https://doi.org/10.2568/yum.v5i2.2430

Asih, Y. (2018). Analisis Promosi, Kesadaran Merek, dan Persepsi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Matic Merek Honda Vario (Studi Pada Konsemen Sepeda Motor Matic Merek Honda Vario Di Kecamatan Gurah, Kabupaten Kediri).

Chen, L., Li, Y. Q., & Liu, C. H. (2019). How airline service quality determines the quantity of repurchase intention - Mediate and moderate effects of brand quality and perceived value. Journal of Air Transport Management, 75(October), 185–197. https://doi.org/10.1016/j.jairtraman.2018.11.002

Dilham, A., Sofiyah, F. R., & Muda, I. (2018). The internet marketing effect on the customer loyalty level with brand awareness as intervening variables. International Journal of Civil Engineering and Technology, 9(9), 681–695.

Farizan, N., Rohman, F., & Hussein, A. S. (2019). The Effect of Brand Identity, Brand Image, and Perceived Value on Loyalty With Customer Satisfaction As Mediation Variable for Costumer Fresh Juice Bintaro. Jurnal Aplikasi Manajemen, 17(1), 127–132. https://doi.org/10.21776/ub.jam.2019.017.01.14

Frías Jamilena, D. M., Polo Peña, A. I., & Rodríguez Molina, M. Á. (2017). The Effect of Value-Creation on Consumer-Based Destination Brand Equity. Journal of Travel Research, 56(8), 1011–1031. https://doi.org/10.1177/0047287516663650

Ghozali, I., & Latan, H. (2015). Konsep, Teknik, Aplikasi Menggunakan Smart PLS 3.0 Untuk Penelitian Empiris. UNDIP Press.

Imbayani, I. G. A., & Novarini, N. N. A. (2018). Pengaruh Shopping Lifestyle, Fashion Involvement dan Positive Emotion Terhadap Impulse Buying Behavior. Jurnal Ilmiah Manajemen & Bisnis, Volume 3,(2), 199–210.

Jung, J., Kim, S. J., & Kim, K. H. (2020). Sustainable marketing activities of traditional fashion market and brand loyalty. Journal of Business Research, 120(August 2019), 294–301. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2020.04.019

Kandampully, J., Zhang, T. (Christina), & Bilgihan, A. (2015). Customer loyalty: A review and future directions with a special focus on the hospitality industry. International Journal of Contemporary Hospitality Management, 27(3), 379–414. https://doi.org/10.1108/IJCHM-03-2014-0151

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed.). Pearson Education,Inc.

Kurnia, A., Putri, P., & Suratno, B. (2021). Pengaruh Harga , Kualitas Produk , Dan Desain Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Brand H & M. 14(2).

Kurniawan, A., & Dwijayanti, R. (2022). Pengaruh Ekuitas Merek Dan Kelompok Referensi Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Merek Polygon Pada Masyarakat Kabupaten Gresik. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 10(1), 1512–1522. https://doi.org/10.26740/jptn.v10n1.p1512-1522

Kuswati, R., Putro, W. T., Mukharomah, W., & Isa, M. (2021). The Effects of Brand Image on Consumer Loyalty: The Role of Consumer Satisfaction and Brand Trust as Intervening Variables. Urecol Journal. Part B: Economics and Business, 1(2), 58–71. https://doi.org/10.53017/ujeb.91

Lesmana, R., Widodo, A. S., & Sunardi, N. (2020). The Formation of Customer Loyalty From Brand Awareness and Perceived Quality through Brand Equity of Xiaomi Smartphone Users in South Tangerang. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 4(1), 1. https://doi.org/10.32493/jpkpk.v4i1.7211

Lutfi, F. Z., & Baehaqi, M. (2022). Pengaruh Healty Lifestyle, Perceived Quality dan Perceived Value Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Jenis Roadbike Merk Polygon. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi (JIMMBA), 4(4), 462–478. https://doi.org/10.32639/jimmba.v4i4.129

Pramularso, E. Y. (2022). Pengaruh Ekuitas Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Vario 125. Jurakunman (Jurnal Akuntansi Dan Manajemen), 15(1), 56. https://doi.org/10.48042/jurakunman.v15i1.93

Rachmawati, I. K., Handoko, Y., Nuryanti, F., Wulan, M., & Hidayatullah, S. (2019). Pengaruh Kemudahan, Kepercayaan Pelanggan dan Kualitas Informasi Terhadap Keputusan Pembelian Online. Seminar Nasional Sistem Informasi 2019, 3(September), 1617–1625.

Rahmayanti, E. ., Aryani, L. ., & Gunaedi, J. . A. (2020). Analisis Keputusan Pembelian Produk Pakaian H&M di Pesona Square Depok. PROSIDING BIEMA Business Management, Economic, and Accounting National Seminar, 1(1), 1103–1115.

Riyanto, F. A., & Nasir, M. (2023). Pengaruh Brand Experience dan Brand Image terhadap Brand Loyalty dengan Brand Trust sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ilmiah Poli Bisnis, 15(1), 65–84.

Sekaran, & Bougie. (2017). metode penelitian bisnis. Alfabeta.

Seo, E. J., Park, J. W., & Choi, Y. J. (2020). The effect of social media usage characteristics on e-WOM, trust, and brand equity: Focusing on users of airline social media. Sustainability (Switzerland), 12(4), 1–18. https://doi.org/10.3390/su12041691

Setia Amelia, & Jamiati KN. (2023). Pengaruh Promosi Penjualan H&M terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. TUTURAN: Jurnal Ilmu Komunikasi, Sosial Dan Humaniora, 1(4), 239–249. https://doi.org/10.47861/tuturan.v1i4.577

Slack, N. J., & Singh, G. (2020). The effect of service quality on customer satisfaction and loyalty and the mediating role of customer satisfaction : Supermarkets in Fiji. TQM Journal, 32(3), 543–558. https://doi.org/10.1108/TQM-07-2019-0187

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sun, Y., Gonzalez-Jimenez, H., & Wang, S. (2021). Examining the relationships between e-WOM, consumer ethnocentrism and brand equity. Journal of Business Research, 130(November 2018), 564–573. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2019.09.040

Tran, V. D., & Nguyen, N. T. T. (2022). Investigating the relationship between brand experience, brand authenticity, brand equity, and customer satisfaction: Evidence from Vietnam. Cogent Business and Management, 9(1). https://doi.org/10.1080/23311975.2022.2084968

Yunita, O. V. N., & Nirawati, L. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Ekuitas Merek terhadap Keputusan Konsumen dalam Membeli Produk H&M di Kota Surabaya dengan Electronic Word of Mouth Sebagai Variabel Moderator [The Effect of Service Quality and Brand Equity on Consumer Decisions in Buying . SEIKO : Journal of Management & Business, 5(2), 2022–2563. https://doi.org/10.37531/sejaman.v5i2.2491




DOI: https://doi.org/10.37531/sejaman.v7i2.6516

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

Creative Commons License

S E I K O : Journal of Management & Business is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
© All rights reserved 2018. S E I K O : Journal of Management & Business - ISSN (Print) : 2598-831X, ISSN (Online) : 2598-8301.
 

Web
Analytics